x

Ben Chilwell Cedera Saat Bela Chelsea, 4 Solusi Bisa Diambil Timnas Inggris di Piala Dunia 2022

Kamis, 3 November 2022 14:06 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Selebrasi Ben Chilwell merayakan dengan rekan setimnya Tammy Abraham usai mencetak gol pertama untuk timnya pertandingan Liga Premier antara Chelsea vs Crystal Palace, Sabtu (03/10/2020).

INDOSPORT.COM – Timnas Inggris dirundung petaka jelang Piala Dunia 2022 dengan cederanya bek kiri Chelsea, Ben Chilwell. Begini komposisi pemain belakang The Three Lions.

Kandidat juara Piala Dunia 2022, Inggris dirundung petaka usai salah satu bek kiri, Ben Chilwell jadi tumbal kemenangan Chelsea di Liga Champions.

Baca Juga

Seperti diketahui, Ben Chilwell diturunkan oleh pelatih Chelsea, Graham Potter dalam pertandingan melawan Dinamo Zagreb pada hari Kamis (03/11/22) dini hari WIB.

Tampil penuh selama 90 menit bersama Cesar Azpilicueta, Trevoh Chalobah, dan Kalidou Koulibaly sebagai kuartet lini belakang The Blues, nyatanya eks bek Leicester City ini terkena cedera.

Hal ini diungkap oleh jurnalis Standard, Nizaar Kinsella selepas pertandingan Chelsea vs Dinamo Zagreb pada dini hari tadi.

Baca Juga

“Chilwell cedera, mengecewakan bagi Chelsea dan timnas Inggris. Sudah jelas bahwa cederanya adalah hamstring dan harapan ke Piala Dunia 2022 makin menipis,” ujar Kinsella.

Kondisi ini menjadi petaka bagi timnas Inggris, mengingat stok di posisi bek kiri mereka tak banyak seperti posisi bek kanan.

Pada posisi bek kanan, Southgate setidaknya masih memiliki tiga pemain, yaitu Kyle Walker, Trent Alexander-Arnold, dan Kieran Trippier yang bisa dibawa ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Sedangkan bek kiri, Southgate hanya memiliki Luke Shaw yang tengah dalam kondisi terbaik dan bisa dipasang sebagai pemain utama timnas Inggris.

Untuk laga sebesar Piala Dunia 2022, Timnas Inggris butuh pelapis, sehingga ada 4 kemungkinan pengganti Ben Chilwell yang terkena cedera bersama Chelsea di Liga Champions.


1. James Justin

Kevin De Bruyne dari Manchester City mendapat tekanan oleh James Justin dari Leicester City selama pertandingan Liga Premier antara Manchester City dan Leicester City

Bek Leicester City ini menjadi nama terdepan yang dapat diandalkan oleh Gareth Southgate sebagai rencana cadangan jika Ben Chilwell tak bisa dipanggil ke Piala Dunia 2022.

Justin sendiri sempat turun dalam pertandingan timnas Inggris dan terakhir dipanggil saat laga UEFA Nations League menghadapi Hungaria.

Baca Juga

Posisi asli James Justin sendiri di Leicester City adalah bek kanan, tetapi kemampuannya sebagai bek kiri pun cukup bagus.

Kondisi inilah yang bisa membuat Gareth Southgate tenang dalam menentukan susunan pemainnya, sehingga bisa melupakan Ben Chilwell.

Kendati demikian, pengalaman James Justin dalam menjalani laga internasional inilah yang perlu diperhatikan oleh Gareth Southgate dan timnas Inggris di laga Piala Dunia 2022 nanti.

Tyrick Mitchell

Baca Juga

Bek kiri muda milik Crystal Palace ini menjadi kemungkinan selanjutnya pengganti Ben Chilwell jika cedera bersama Chelsea membuat gagal dipanggil ke timnas Inggris.

Mitchell kini masih berusia 23 tahun, tetapi sudah merasakan dua kali bermain bersama timnas Inggris yang berarti cukup berpengalaman untuk menggantikan Ben Chilwell.

Dua kali caps bersama The Three Lions rasanya cukup bagi Gareth Southgate untuk memanggil Mitchell yang bisa jadi stok bagus di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Selain itu, usia muda membuat Timnas Inggris bisa bermain cepat di sayap dan dapat membantu lini depan dalam menekan pertahanan lawan.

Otomatis, Tyrick Mitchell menjadi nama terbaru yang dapat dijadikan pengganti Ben Chilwell jika cedera bersama Chelsea membuatnya tak dipanggil timnas Inggris di Piala Dunia 2022.


2. Rico Lewis

Rico Lewis saat ditarik keluar di laga Man City vs Sevilla (03/11/22). (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Meskipun Rico Lewis debut bersama Manchester City di Liga Champions dengan posisi sebagai bek kanan, ternyata ada potensi tersembunyi yang dapat dimanfaatkan timnas Inggris.

Menilik transfermarkt, Rico Lewis yang mencetak gol pertama The Citizens dalam pertandingan melawan Sevilla di Liga Champions ternyata bisa bermain sebagai bek kiri.

Baca Juga

Potensi inilah yang harus dicoba oleh Gareth Southgate dan timnas Inggris, mengingat sang pemain masih berusia 17 tahun dan dapat dibentuk sebagai pemain serba bisa.

Namun demikian, usia yang masih sangat muda dan belum berpengalaman secara internasional membuat timnas Inggris tak boleh gegabah memanggil Rico Lewis untuk posisi baru.

Jika Lewis melakukan blunder, maka timnas Inggris bisa kalah lebih cepat di Piala Dunia 2022 dan berdampak bagi kondisi mental sang pemain.

Kieran Trippier

Baca Juga

Sudah pasti dipanggil ke timnas Inggris, Kieran Trippier menjadi nama penting untuk mengisi posisi bek kiri timnas Inggris jika Ben Chilwell urung ke Piala Dunia 2022.

Pasalnya, stok di posisi bek kanan Inggris sudah mumpuni dengan adanya Trent Alexander-Arnold dan Kyle Walker, sehingga Trippier bisa digeser ke posisi bek kiri.

Kondisi ini bisa terjadi jika timnas Inggris tak menemukan bek kiri baru yang bisa mengisi posisi Ben Chilwell yang cedera bersama Chelsea.

Baca Juga

Kieran Trippier sendiri tak asing dengan posisi bek kiri, mengingat sempat dimainkan oleh Gareth Southgate di posisi tersebut.

Tentu saja, ini menjadi keuntungan bagi timnas Inggris, yang hanya punya sedikit stok di tengah persiapan Piala Dunia 2022 yang semakin dekat.

ChelseaManchester CityPiala Dunia 2022Ben ChilwellTimnas InggrisTrivia Piala Dunia 2022Rico Lewis

Berita Terkini