x

Guardiola Full Senyum, Man City Punya Penerus Kyle Walker pada Sosok Rico Lewis

Kamis, 3 November 2022 09:58 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi Rico Lewis usai mencetak gol di laga Man City vs Sevilla (03/11/22). (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM – Pep Guardiola menjadi sosok yang paling bahagia di laga Manchester City vs Sevilla usai dirinya menemukan penerus Kyle Walker pada sosok Rico Lewis.

Manchester City melanjutkan kiprahnya di Liga Champions 2022/23 kala melakoni laga terakhir grup G kala menjamu Sevilla, Kamis (03/11/22).

Baca Juga

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Etihad itu, Manchester City menutup fase grup Liga Champions 2022/23 dengan meraih kemenangan 3-1 atas Sevilla.

Di laga ini, Man City sempat bermain santai di babak pertama, sehingga gawangnya pun berhasil dijebol oleh Sevilla lewat Rafa Mir di menit ke-31.

Seusai tertinggal di babak pertama, Man City kemudian tancap gas di paruh kedua dan berhasil mencetak gol peyama kedudukan lewat wonderkidnya, Rico Lewis di menit ke-52.

Baca Juga

Usai gol tersebut, wonderkid Man City lainnya yakni Julian Alvarez berhasil mencetak gol kedua dan membuat timnya berbalik unggul di menit ke-73.

Pemain gaek Riyad Mahrez pun berhasil menutup laga ini saat mencetak gol ketiga dan membawa Man City memastikan kemenangan di menit ke-83.

Kemenangan ini sejatinya tak begitu spesial bagi Man City. Apalagi jika melihat catatan The Cityzens di pentas Liga Champions 2022/23 ini.

Baca Juga

Namun, laga ini terasa spesial bagi Pep Guardiola selaku pelatih. Pasalnya, keputusannya di laga ini terbilang tepat sejak awal.

Salah satunya adalah saat memainkan jebolan akademi Man City, Rico Lewis sebagai starter. Siapa sangka, dirinya bisa menjadi penerus alami Kyle Walker yang mulai menua dan rentan cedera.


1. Sepak Terjang Rico Lewis

Rico Lewis saat ditarik keluar di laga Man City vs Sevilla (03/11/22). (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Rico Lewis mampu mencuri perhatian kala dirinya mampu mencetak gol penyama kedudukan Manchester City atas Sevilla di laga terakhir grup G Liga Champions 2022/23.

Gol ini seakan membuktikan bahwa Man City yang kerap belanja pemain mahal, justru punya permata di akademinya sendiri.

Rico Lewis merupakan jebolan akademi Manchester City. Pemain yang baru berusia 17 tahun ini merupakan bocah asli Manchester yang lahir di wilayah bernama Bury.

Baca Juga

Bury sendiri merupakan wilayah di Manchester yang kerap melahirkan bakat-bakat sepak bola ternama. Sebut saja Neville bersaudara, yakni Gary dan Phil.

Berbeda dengan dua legenda sepak bola Inggris yang memilih Manchester United, Rico Lewis memilih bermain dan bergabung akademi Man City.

“Semua berawal ketika saya dan teman saya mendapatkan undangan trial di usia tujuh tahun. kemudian mereka (Man City) merekrut saya sejak U-8 dan sejak saat itu saya di sini,” ucap Rico Lewis dikutip dari Goal Internasional.

Sejak saat itu, Rico Lewis menjalani kariernya bersama Man City. Ia pun cepat naik kelas dan bahkan berhasil melakoni debutnya di kompetisi resmi bagi The Cityzens pada 13 Agustus lalu.

Baca Juga

Sebelum itu, Rico Lewis sempat menarik atensi para pelatih Man City di laga pramusim kala The Cityzens menghadapi Club America dan Bayern Munchen.

Di tengah banyaknya pemain bintang di kubu Man City, nyatanya Rico Lewis mampu mendapat tempat di tempat utama musim ini, pada usia 17 tahun.

Golnya melawan Sevilla itu pun menandakan bahwa dirinya siap bersaing di tim utama dan menjadi penerus Kyle Walker yang menua dan mudah cedera.


2. Penerus Kyle Walker

Proses gol Rico Lewis di laga Man City vs Sevilla (03/11/22). (Foto: Reuters/Lee Smith)

Sebagaimana diketahui, Kyle Walker merupakan bek kanan andalan Man City sejak didatangkan pada 2017 silam dari Tottenham Hotspur.

Setelah lima tahun membela Man City, pemain yang kini berusia 32 tahun itu mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan fisik yang cukup drastis.

Hal ini ditandai dengan cederanya sang pemain, yang membuat Pep Guardiola kerap memainkan Joao Cancelo di sektor bek kanan, ketimbang sektor bek kiri seperti musim sebelum-sebelumnya.

Baca Juga

Namun sektor bek kiri Man City juga tengah kekurangan pemain, yang membuat Cancelo kadang digeser ke kiri dan John Stones menempati bek kanan.

Kini, Guardiola nampaknya tak perlu pusing-pusing melakukan rotasi-rotasi membingungkan itu. Apalagi dengan penampilan Rico Lewis di laga kontra Sevilla.

Pada laga tersebut, Rico Lewis yang bermain selama 85 menit menampilkan permainan menyerang dan bertahan sama baiknya.

Tercatat ia melakukan 68 sentuhan ke bola dan mampu melepaskan 48 operan sukses dari 54 percobaannya selama bermain.

Baca Juga

Selain itu, sebagai bek kanan ia mampu melakukan dua dribel sukses dari dua percobaan. Keaktifan menyerang ini juga dibarengi dengan enam operan ke Final Third.

Dalam bertahan, ia mampu memenangkan empat dari enam duel dengan lawan dan melakukan tekel sukses sebanyak satu kali dan Recoveries sebanyak dua kali.

Dengan catatan itu, wajar bila Guardiola Full Senyum. Tampaknya Man City tak perlu mengeluarkan uang lagi dalam waktu dekat untuk bek kanan, mengingat Kyle Walker punya penerus pada diri Rico Lewis.

Manchester CityLiga ChampionsSevillaPep GuardiolaIn Depth SportsOne FootballRico Lewis

Berita Terkini