x

Ada Bek Man City, Deretan Bintang yang Khianati Negaranya demi Tampil di Piala Dunia 2022

Minggu, 30 Oktober 2022 17:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Tariq Lamptey (kanan) berduel dengan Phil Foden di laga Manchester City vs Brighton (22/10/22). (Foto: Reuters/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM – Berikut deretan bintang papan atas sepak bola yang rela mengkhianati negara asalnya demi bisa tampil di Piala Dunia 2022.

Kurang lebih 21 hari lagi jagat sepak bola akan disibukkan dengan pagelaran Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Baca Juga

Ajang Piala Dunia 2022 pun banyak dinanti-nantikan oleh berbagai pihak, termasuk salah satunya dari para pemain top dunia.

Para pemain top ini banyak melakukan cara apapun agar bisa tampil di Piala Dunia 2022, termasuk salah satunya mengkhianati negaranya sendiri.

Setidaknya ada lima pemain top saat ini yang melakukan hal tersebut demi bisa merasakan panggung Piala Dunia 2022. Siapa saja pemain itu? Berikut ulasan INDOSPORT.

Baca Juga

1. Tariq Lamptey (Inggris ke Ghana)

Tariq Lamptey merupakan bek kanan muda milik Brighton. Namanya melejit usai ia berhasil promosi dari akademi ke tim utama Chelsea.

Usai melakoni debut yang menawan bersama Chelsea kala menghadapi Arsenal, pemain berusia 22 tahun ini kemudian memilih hijrah ke Brighton.

Tak hanya pindah klub, Tariq Lamptey juga mengambil keputusan besar dalam kariernya dengan menanggalkan paspor Inggris dan membela Ghana di pentas internasional.

Baca Juga

Salah satu alasannya pindah dari Inggris ke Ghana tak lepas dari adanya Piala Dunia 2022. Demi tampil di ajang itu, ia rela pindah kewarganegaraan karena memiliki darah dari negara Afrika itu.

Selain alasan tersebut, Lamptey menyadari kerasnya persaingan di sektor bek kanan Timnas Inggris yang punya banyak pemain senior yang lebih tangguh darinya.


1. Ada Bintang Aston Villa

Otavio, pemain FC Porto yang dikaitkan dengan Liverpool.

2. Matty Cash (Inggris ke Polandia)

Tak hanya harus kehilangan Tariq Lamptey, Timnas Inggris juga harus kehilangan bek kanan lainnya pada sosok bintang Aston Villa, Matty Cash.

Pemain berusia 25 tahun ini memutuskan berganti kewarganegaraan dari Inggris ke Polandia mengingat ibunya berasal dari negara tersebut.

Keputusannya pindah pun hampir sama dengan Lamptey, di mana ia juga ingin membuka peluang tampil di ajang-ajang besar, termasuk di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Jika masih memegang paspor Inggris, Matty Cash diprediksi tak akan bisa tampil di Piala Dunia 2022. Apalagi ia belum pernah sekalipun dipanggil ke tim nasional baik kelompok umur dan senior.

Mimpi Matty Cash pun kini selangkah lagi menjadi kenyataan, menyusul lolosnya Polandia ke putaran final Piala Dunia 2022 mendatang.

3. Otavio (Brasil ke Portugal)

Dari Portugal, ada nama Otavio yang rela menanggalkan paspor Brasil-nya demi bisa tampil di Piala Dunia 2022 mendatang.

Otavio merupakan pemain asal Brasil yang telah bermain di Portugal bersama FC Porto terhitung sejak tahun 2015 silam.

Baca Juga

Usai lebih dari lima tahun bermain di Portugal, Otavio akhirnya mendapat paspor negara tersebut dan berhak mewakili Timnas Portugal di ajang internasional.

Pada 2021 lalu, dirinya melakoni debutnya bersama Portugal dan berhasil membawa Seleccao das Quinas lolos ke Piala Dunia 2022.

Alhasil, kini Otavio pun akan memainkan Piala Dunia pertamanya di Qatar mendatang, kendati tumbuh dan sempat membela tim kelompok umur Timnas Brasil.


2. Jagoan Man City

Duel Robert Lewandowski dengan Aymeric Laporte di laga Euro 2020 Spanyol vs Polandia.

4. Inaki Williams (Spanyol ke Ghana)

Ghana tampaknya menjadi negara yang paling diuntungkan jelang Piala Dunia 2022. Usai Tariq Lamptey, kini The Black Stars juga akan diperkuat bomber Athletic Bilbao, Inaki Williams.

Inaki Williams merupakan pemain keturunan Ghana yang lahir di Bilbao. Karena lahir di Bilbao, ia pun dianggap warga asli Basque.

Meski lahir dan tumbuh di daerah Spanyol, Inaki Williams tak punya banyak kesempatan membela La Furia Roja di ajang internasional karena banyaknya penyerang lokal yang dianggap lebih bertaji.

Baca Juga

Meski pernah sekali tampil bagi Timnas Spanyol, pemain berusia 28 tahun ini pun memutuskan berpindah kewarganegaraan dan menjadi warga negara Ghana demi bisa tampil di Piala Dunia 2022.

Usai berganti kewarganegaraan beberapa waktu lalu, Inaki Williams sudah melakoni debutnya bersama Ghana dan akan menjadi penyerang andalan The Black Stars di Piala Dunia 2022.

5. Aymeric Laporte (Prancis ke Spanyol)

Bek andalan Manchester City, Aymeric Laporte, juga menjadi salah satu bintang yang berpindah kewarganegaraan karena tak dapat kesempatan tampil di ajang internasional.

Sejatinya, Laporte lahir dan besar di Prancis. Bahkan ia pernah membela tim kelompok umur Les Bleus sejak U-17 hingga U-21.

Baca Juga

Namun setelahnya ia jarang dipanggil ke Timnas Prancis senior, yang membuatnya mengambil keputusan berganti kewarganegaraan ke Spanyol karena ia merupakan keturunan Basque.

Langkahnya itu pun membuahkan hasil, di mana Laporte kerap dipanggil ke Timnas Spanyol, termasuk pada Euro 2020 lalu.

Bahkan, Laporte kini berkesempatan tampil di Piala Dunia 2022 setelah sebelumnya dirinya belum pernah tampil sekalipun di ajang ini.

GhanaManchester CityPiala Dunia 2022Aymeric LaporteTimnas InggrisTim Nasional SpanyolOne FootballOtavio Edmilson da Silva MonteiroTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini