x

Timnas Wales Bakal Ganti Nama usai Piala Dunia 2022, Jadi Apa?

Kamis, 3 November 2022 17:45 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi pemain Wales merayakan gol dengan di Kualifikasi Piala Dunia, Jumat (25/03/22). Foto: Reuters/Matthew Childs

INDOSPORT.COM – Timnas Wales dikabarkan berencana melakukan gebrakan dengan mengganti nama tim nasionalnya usai gelaran Piala Dunia 2022.

Tak terasa tinggal menghitung hari ajang Piala Dunia 2022 bakal segera bergulir pada 20 November sampai 18 Desember nanti.

Baca Juga

Piala Dunia 2022, yang merupakan hajatan sepak bola empat tahunan tersebut bakal digelar di Qatar.

Nantinya Piala Dunia 2022 di Qatar, kan diikuti oleh 32 negara yang dibagi menjadi delapan grup dan dimulai dari babak 32 besar mulai pertengahan November nanti.

Salah satu pesertanya ialah Timnas Wales, yang baru saja menggegerkan pecinta sepak bola dunia karena dikabarkan akan mengubah nama tim nasionalnya setelah hajatan akbar ini berlangsung.

Baca Juga

Melansir dari BBC Sport, Federasi Sepakbola Wales (FAW) berencana mengubah namanya menjadi Timnas Cymru dan mengajukan diri kepada UEFA.

Sekadar informasi, Cymru sendiri memang merupakan nama asli Wales, namun kata tersebut terasa asing di telinga masyarakat dunia.

Cymru atau diucapkan dengan kata ‘come-ree’ berarti rakyat atau rekan sebangsa, dan tak asing serta menjadi kebanggaan bagi Wales.

Baca Juga

Pihak FAW sendiri masih dalam tahap diskusi dengan otoritas terkait soal pergantian nama, yang tak hanya melibatkan Federasi, namun juga para pemain, staf dan pemerintah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Noel Mooney selaku CEO FAW dalam sesi wawancaranya tentang berubahnya nama Timnas Wales menjadi Cymru usai Piala Dunia 2022.


1. Timnas Wales Gabung Grup B di Piala Dunia 2022

Timnas Wales Gabung Grup B di Piala Dunia 2022

Noel Mooney selaku CEO FAW mengatakan bahwa nama Cymru merupakan sebutan kebanggaan masyarakat Wales.

“Timnas harus selalu dipanggil Cymru, begitulah kami menyebutnya di sini. Di sini (Wales) kami jelas disebut Cymru, itu lah yang kami sebut untuk tim nasional kami,” kata Noel Mooney.

Baca Juga

“Secara internasional kami merasa masih ada sedikit pekerjaan yang harus diurus, sehingga kami tetap akan menggunakan nama Wales di Piala Dunia 2022,” jelasnya.

Namun Noel Mooney mengatakan bahwa 2023 akan menjadi tahun yang sibuk karena mereka akan melakukan perubahan nama disemua sektor.

“Namun saya pikir 2023 akan menjadi tahun yang sibuk karena akan melakukan diskusi dengan sejumlah pemangku kepentingan baik dari Pemerintah, otoritas terkait, staff, klub dan pemain,” tukasnya.

Baca Juga

Sekadar informasi, Timnas Wales sendiri baru dua kali tampil di putaran final Piala Dunia. Tim nasional bejuluk The Dragons terakhir kali tampil ialah di edisi 1958.

Saat ini Timnas Wales bergabung di Grup B bersama Inggris, Iran, dan Amerika Serikat dalam fase grup Piala Dunia 2022.

Wales sendiri lolos Piala Dunia 2022 melalui hasil playoff Eropa usai tim besutan Robert Page menang atas Ukraina.

Baca Juga

Timnas Wales akan bersua melawan Amerika Serikat pada 21 November 2022 di Stadion Ahmed Bin Ali, Al Rayyan. Lalu dilanjutkan berhadapan dengan Iran pada 25 November.

Kemudian Timnas Wales bertemu dengan Inggris pada 29 November 2022 mendatang di stadion yang sama di fase grup Piala Dunia 2022.

Sumber: BBC

Piala DuniaUEFAWalesPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini