x

Batal Lawan Jepang, Timnas Indonesia U-20 Tambah Masa Latihan di Turki

Senin, 7 November 2022 19:30 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia U-20 dipastikan melanjutkan pemusatan latihan di Turki hingga pertengahan November setelah batal lawan Jepang di Spanyol.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 dipastikan melanjutkan pemusatan latihan di Turki hingga pertengahan November setelah batal lawan Jepang di Spanyol.

Timnas Indonesia U-20 masih belum bisa bertolak ke Spanyol lantaran permasalahan Visa. Awalnya pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Turki hingga 5 November lalu.

Baca Juga

Selepas itu Timnas Indonesia U-20 bertolak ke Spanyol hingga 4 Desember. Namun hal ini urung terjadi.

Alhasil Timnas Indonesia U-20 memperpanjang masa pemusatan latihan di Turki. Diutarakan oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, bahwa dengan situasi ini membuat Timnas Indonesia U-20 berada di Turki lebih lama.

Indra Sjafri menjelaskan setidaknya Timnas Indonesia U-20 berada di Turki hingga 15 November 2022. "Ini masih fokus di Turki. Di Turki sampai 15 November," ucap Indra Sjafri kepada awak media.

Baca Juga

Dengan situasi ini tentu membuat Timnas Indonesia U-20 batal melakoni laga uji coba melawan Timnas Jepang U-18.

Sebelumnya Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) menyatakan selama Jepang U-18 menjalani TC di Spanyol akan meladeni beberapa tim untuk uji coba.

Timnas Indonesia U-20 pun menjadi salah satu calon lawan Timnas Jepang U-18. Bahkan keduanya dijadwalkan bertemu pada Senin (07/11/22) ini.

Baca Juga

Menanggapi hal tersebut, Indra Sjafri tak ingin banyak bicara. Menurutnya saat ini yang pasti tim Merah Putih akan fokus menjalani TC di Turki hingga pertengahan November.

"Makanya (berita) yang beredar di luar itu kadang-kadang (belum tentu benar)," kata Indra sjafri.

"Jadi mereka fokus sampai tanggal 15 November di Turki," ujarnya.


1. Terkendala Visa, Timnas Indonesia U-20 Belum Bisa ke Spanyol

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Moldova u-20. (Foto: PSSI)

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-20 mau tidak mau mengatur ulang jadwal pemusatan latihan ke Spanyol. Hal ini dikarenakan skuad Garuda Nusantara terkendala masalah Visa.

Timnas Indonesia U-20 memang dijadwalkan melanjutkan pemusatan latihan ke Spanyol usai menggelar pemusatan latihan di Turki.

Baca Juga

Skuad asuhan Shin Tae-yong dijadwalkan bertolak ke Spanyol pada 5 November. Namun hal ini urung terlaksana karena terkendala masalah Visa. Alhasil Alfriyanto Nico dan kolega masih tertahan di Turki.

Timnas Indonesia U-20 sendiri sudah berada di Turki sejak beberapa pekan lalu. Selama di Turki, Timnas Indonesia U-20 sudah melakoni empat laga uji coba dengan hasil 2 kemenangan, 1 kali kalah dan 1 kali hasil imbang.

Kabar skuad Timnas Indonesia U-20 masih tertahan di Turki pun diutarakan oleh asisten pelatih Timnas Indonesia U-20, Nova Arianto.

"Iya kami masih bertahan di Turki, karena ada sedikit permasalahan dengan Visa," ujar Nova Arianto saat dihubungi pewarta.

Baca Juga

Nova mengatakan bila permasalahan Visa sudah selesai, maka Timnas Indonesia U-20 langsung bertolak ke Spanyol.

Selama di Spanyol, Timnas Indonesia U-20 juga sudah dijadwalkan melakoni beberapa laga uji coba. Pemusatan latihan di Turki dan Spanyol memang sengaja disiapkan oleh PSSI untuk Timnas Indonesia U-20.

Baca Juga

Sebab memang Timnas Indonesia U-20 diproyeksikan tampil di ajang Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Sayang, rencana ke Spanyol harus tertunda dulu.

Sebagai tuan rumah, Indonesia memang berharap tak hanya meraih sukses penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Namun Timnas Indonesia U-20 juga bisa meraih hasil pretasi maksimal di Piala Dunia U-20 2023. 

SpanyolJepangIndra SjafriTurkiLiga IndonesiaPiala Dunia U-20 2023Timnas Indonesia U-20

Berita Terkini