x

Bakal Saling Sikut, 5 Pemain Ini Ternyata Pernah Berseragam Man United dan Barcelona

Selasa, 8 November 2022 11:06 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Berikut adalah lima pemain yang pernah berseragam Manchester United dan Barcelona, salah satunya Gerard Pique. Foto: REUTERS/Juan Medina.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah lima pemain yang pernah berseragam Manchester United dan Barcelona, salah satunya Gerard Pique.

Sebagaimana diketahui, Manchester United dan Barcelona akan kembali bertemu dalam gelaran babak playoff Liga Europa 2022/23.

Baca Juga

Manchester United harus menjalani babak playoff Liga Europa karena mereka hanya mampu finish di posisi kedua Grup E babak penyisihan grup.

Sedangkan, Barcelona harus terjun ke kasta Liga Europa dan menjalani babak playoff karena hanya menempati posisi ketiga klasemen Grup C Liga Champions.

Menjelang pertemuan dua klub raksasa Eropa tersebut, sejumlah fakta menarik yang terjadi diantara Manchester United dan Barcelona pun mencuat.

Baca Juga

Seperti pernahnya Diego Maradona harus keok di markas Manchester United di Old Trafford saat Barcelona bertemu Setan Merah di Piala Winners 1984.

Selain itu, fakta lain juga mencuat terkait Manchester United yang hanya mampu menang tiga kali dalam 13 pertemuan mereka melawan Barcelona.

Pertemuan Barcelona dengan Manchester United juga akan menjadi pertemuan klub asal Spanyol tersebut dengan mega bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo.

Baca Juga

Total, Ronaldo telah tampil menghadapi Barcelona sebanyak 34 kali dan telah mencetak 20 gol dan memberi tiga assist.

Tak hanya itu, jelang pertemuan kedua tim, sejumlah pemain tercatat juga pernah membela Manchester United dan Barcelona. Siapa saja kah mereka? Berikut ulasannya.


1. Deretan Pemain yang Pernah Berseragam Man United dan Barcelona

Henrik Larsson.

Mark Hughes

Nama Mark Hughes mungkin bagi para pecinta sepak bola lebih erat dikaitkan dengan perannya sebagai salah satu pelatih Manchester City.

Namun, siapa sangka saat dirinya masih aktif menjadi pemain sepak bola, Mark Hughes pernah membela Manchester United dan Barcelona.

Baca Juga

Mark Hughes sendiri memang merupakan pemain didikan akademi Manchester United sebelum akhirnya pindah ke Barcelona atas tawaran Terry Venebles, pelatih Blaugrana saat itu.

Bergabung Barcelona, nasib Hughes tak berjalan mulus. Dirinya kemudian kembali ke Manchester United saat kepemimpinan Sir Alex Ferguson.

Dirinya turut menjadi pemain yang mencetak gol ke gawang Barcelona saat Manchester United bersua di Piala Winners 1991.

Baca Juga

Laurent Blanc

Sosok Laurent Blanc mungkin yang melekat di pikiran para pecinta sepak bola adalah mantan pelatih tim nasional Prancis.

Namun, saat masih aktif bermain dirinya ternyata pernah membela Manchester United dan Barcelona.

Sayangnya, Laurent Blanc hanya membela Barcelona selama satu musim pada 1996/97. Empat tahun berselang atau tepatnya pada tahun 2001, Blanc kemudian pindah ke Manchester United dan pensiun disana.

Baca Juga

Henrik Larsson

Siapa yang tak kenal dengan pemain ini? Ya, Henrik Larsson. Dirinya merupakan pemain yang pernah bermain bagi Manchester United dan Barcelona selanjutnya.

Henrik Larsson merupakan pemain yang direkrut Barcelona pada tahun 2004 dari Celtic. Pemain asal Swedia tersebut kemudian menghabiskan dua tahunnya di Camp Nou.

Setelah hengkang dari Barcelona, Larsson sesaat memutuskan untuk kembali ke Swedia dengan membela Helsingborg sebelum akhirnya bergabung Manchester United pada paruh kedua musim 2006/07.


2. Gerard Pique

Zlatan Ibrahimovic.

Nama Gerard Pique dalam beberapa waktu terakhir memang tengah menjadi perbincangan hangat. Hal itu dikarenakan keputusan mendadak sang pemain yang memutuskan gantung sepatu.

Gerard Pique mengumumkan gantung sepatu saat usianya memasuki angka 35 thun dan memilih Barcelona sebagai pelabuhan terakhirnya.

Baca Juga

Gerard Pique sendiri memang didikan dari akademi Barcelona. Dirinya sempat membela Manchester United pada tahun 2004 hingga 2006 sebelum akhirnya kembali ke Barcelona pada tahun 2008.

Victor Valdes

Sama seperti Gerard Pique, Victor Valdes juga merupakan pemain didikan dari akademi Barcelona yang bergabung pada tahun 1996.

Dirinya kemudian masuk ke tim senior pada tahun 2002 dari Barcelona B. Valdes merupakan salah satu pemain yang ikonik di bawah mistar gawang Barcelona sejak saat itu hingga 2014.

Baca Juga

Sempat tidak memiliki klub setelah hengkang, Valdes kemudian dipinang Manchester United pada tahun 2015 sebelum akhirnya berlabuh ke Middlesbrough dan pensiun.

Zlatan Ibrahimovic

Nama terakhir yang pernah membela Manchester United dan Barcelona adalah Zlatan Ibrahimovic. Tampil gemilang di Liga Italia bersama Juventus dan Inter Milan, Ibra kemudian diringkus Barcelona pada tahun 2009.

Pemain berkebangsaan Swedia ini setidaknya menyandang sebagai pemain resmi milik Barcelona hingga tahun 2011.

Baca Juga

Sempat hengkang ke AC Milan dan PSG, Zlatan Ibrahimovic juga sempat berlabuh ke Manchester United pada tahun 2016 hingga 2018 sebelum akhirnya kembali berseragam Rossoneri.

Manchester UnitedBarcelonaLiga EuropaZlatan IbrahimovicLaurent BlancGerard PiqueMark HughesHenrik LarssonManchester United vs Barcelona

Berita Terkini