x

Persis Solo Rilis Daftar Pemain yang Dibawa ke Malaysia, Eks Persija Tak Dibawa

Selasa, 8 November 2022 17:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Klub Liga 1, Persis Solo, merilis daftar pemain yang dibawa dalam pemusatan latihan ke Johor Bahru, Malaysia, mulai Rabu (09/11/22).

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Persis Solo, merilis daftar pemain yang dibawa dalam pemusatan latihan ke Johor Bahru, Malaysia, mulai Rabu (09/11/22). Total ada 26 pemain yang disiapkan untuk latihan dan melakoni dua uji coba melawan Johor Darul Takzim dan Lion City Sailors.

Laskar Sambernyawa memutuskan berangkat ke Malaysia setelah lima pekan terus berlatih rutin dan menjalani sepuluh uji coba. Agenda ini menjadi persiapan menatap lanjutan Liga 1 2022/2023.

Baca Juga

Selama berada di Johor Bahru, Persis Solo bisa menikmati training ground Johor Darul Takzim (JDT) yang mewah. Persis Solo akan menggunakan fasilitas yang biasanya dipakai tim JDT II dan JDT III.

Ternyata, hanya 26 pemain yang akan diberangkatkan Persis Solo ke Malaysia. Ada tiga pemain yang tak dibawa meski terdaftar sebagai pemain di Liga 1.

Tiga nama itu adalah Zanadin Fariz, Alfath Fathier dan Yulius Pamungkas. Zanadin absen karena masih gabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Turki.

Baca Juga

Yang mengejutkan adalah hilangnya nama Alfath Fathier. Padahal, sejak Rasiman menakhodai Persis Solo, Alfath menjadi pilar andalan sektor gelandang sayap kanan.

Namun, mantan pilar Persija Jakarta ini sempat absen melawan Borneo FC karena sakit. Ternyata, Alfath masih belum sembuh sampai tim hendak berangkat ke Malaysia.

"Alfath masih sakit, masih flu berat," kata Asisten Pelatih Persis Solo, Rasiman, Selasa (08/11/22).

Baca Juga

Ketiadaan nama Yulius juga terbilang mengejutkan bagi suporter Persis Solo. Sang putra daerah sejatinya sudah terdaftar dan sempat dimainkan dalam laga melawan Persija Jakarta dan Persikabo 1973.

"Yulius ikut latihan tim youth," jelas Rasiman.


1. Coba Level Berbeda

Penyerang Persis Solo, Fernando Rodrigues. Foto: Persis Solo

Selain tiga nama itu, deretan pilar yang biasa jadi langganan tim inti turut disertakan. Dari sektor penjaga gawang, ada nama Muhammad Riyandi, Gianluca Pandeynuwu dan Pancar Nur Widiastono.

Lalu, dari barisan belakang, ada nama Jaimerson Xavier, Fabiano Beltrame, Rian Miziar, Andri Ibo, Gavin Kwan Adsit, Eky Taufik, Kevin Gomes, Faqih Maulana dan Abduh Lestaluhu.

Baca Juga

Kemudian, dari sektor tengah, ada Shulton Fajar, Taufiq Febriyanto, Sutanto Tan, Chrystna Bhagascara, Kanu Helmiawan, Arapenta Poerba, Alexis Messidoro dan Irfan Bachdim.

Sektor depan tak ada yang ditinggal. Nama-nama seperti Ryo Matsumura, Irfan Jauhari, Althaf Indie, Ferdinand Sinaga, Samsul Arif dan Fernando Rodriguez ada dalam daftar.

Dari 26 pemain yang dibawa, Fernando menjadi yang paling paham dengan training ground JDT. Pasalnya, setelah membela Mitra Kukar di Liga 1 2018, Fernando gabung JDT. Ia dimasukkan ke dalam tim JDT II.

Baca Juga

Pengalaman berlatih dan bertanding di Malaysia menjadi pengalaman baru bagi Persis Solo. Ini menjadi momen perdana Laskar Sambernyawa menggelar pemusatan latihan di luar negeri.

Dalam sejarahnya, Persis Solo lebih sering mengundang tim luar negeri ke Solo. Mulai dari Middlesix Wanderes (Inggris), Pathakor (Rusia), Winner Sport Club (Austria), Lion XII (Singapura) dan UiTM FC (Malaysia).

"Kesempatan training camp di Johor ini bagus untuk tim, karena memberikan kesempatan kepada kami untuk menjajal variasi level dari kompetisi yang berbeda," ucap pelatih Persis Solo, Leonardo Medina.

Baca Juga

JDT dan Lion City Sailors merupakan tim tangguh yang akan menjajal Persis Solo di Malaysia. JDT menjadi raja di Liga Malaysia dan Lion City Sailors merupakan salah satu tim papan atas Liga Singapura.

Jelas dua uji coba itu menjadi bekal menatap lanjutan Liga 1 2022/2023. Persis Solo saat ini masih ada di peringkat ke-14 dengan 11 poin atau terpaut 12 poin dari pemuncak klasemen sementara, Borneo FC.

MalaysiaPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1RasimanBerita Liga 1

Berita Terkini