x

Melihat Performa Inggris di 5 Piala Dunia Terakhir, Tahun Berapa yang Terbaik?

Kamis, 10 November 2022 17:46 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Timnas Inggris berhasil mengamankan tempat ketiga UEFA Nations League 2018-19 usai mengalahkan Swiss. (Foto: TheFA.com/England)

INDOSPORT.COM - Inggris memang sudah dianggap sebagai kiblat sepak bola dunia. Sering ikut Piala Dunia, berikut performa The Three Lions dalam lima edisi terakhir. 

Memiliki kompetisi kasta tertinggi yakni Liga Inggris, negara ini dianggap sebagai salah satu unggulan di cabang olahraga sepak bola. 

Baca Juga

Tapi sebenarnya, prestasi mereka di turnamen-turnamen besar tidak terlalu mencerminkan bahwa mereka kiblat sepak bola dunia. 

Bahkan untuk juara Piala Dunia terjadi sudah sangat lama, yakni pada edisi Piala Dunia 1966. 

Sejak tahun 1966, The Three Lions tidak pernah lagi mengangkat trofi Piala Dunia, atau menjuarai piala bergengsi apapun. 

Baca Juga

Sudah 56 tahun berlalu, perjuangan Inggris untuk membawa pulang trofi Piala Dunia terus menemui kegagalan setiap edisinya. 

Apalagi jelang Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar, bahkan terdapat banyak kecemasan terkait kemampuan skuat asuhan Gareth Southgate itu. 

Kini, para penggemar timnas Inggris yang harap-harap cemas soal siapa saja yang akan dibawa sang pelatih, Gareth Southgate ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Apalagi, The Three Lions banyak kehilangan pemain, terutama di posisi bek kanan dengan cederanya beberapa pilar. 

Ada nama-nama, seperti Kyle Walker (Manchester City) yang diragukan akan tampil karena terkena cedera, juga Bek kanan Chelsea, Reece James yang otomatis tak akan dibawa karena cedera lutut.

Sebelum menyaksikan Inggris di Piala Dunia 2022, ada baiknya kita flashback sedikit soal performa mereka di lima edisi terakhir. Mana yang terbaik?


1. Performa Stagnan Inggris di Piala Dunia

Skuat Timnas Inggris di laga Piala Dunia FIFA 2010 Afrika Selatan.

1. Piala Dunia 2002

Pada medio 2000-an, Inggris sempat punya generasi emas, sebut saja nama-nama seperti Steven Gerrard, David Beckham, Rio Ferdinand, Frank Lampard, Paul Scholes, hingga Michael Owen muda, sudah memperkuat The Three Lions di Piala Dunia 2022. 

Pada fase kualifikasi zona Eropa, Inggris pun tampil sangat beringas namun performa mereka melempem ketika turnamen benar-benar dimulai. 

Baca Juga

Di putaran asli Piala Dunia 2002, langkah Inggris terseok-seok meski lolos grup hanya mengantongi satu kemenangan. Mereka tersingkir di babak perempatfinal oleh Brasil, yang kemudian menjadi juara turnamen. 

2. Piala Dunia 2006

Piala Dunia 2006 skuat Inggris tidak banyak berubah, para pemain generasi emas masih memperkuat mereka. Namun dengan para pemain di usia emas, mereka juga tidak berbicara banyak. 

Mereka lagi-lagi harus puas dengan hanya mencapai perempatfinal, disingkirkan oleh Portugal lewat babak adu penalti. 

Baca Juga

Eksekusi Cristiano Ronaldo di babak adu penalti menjadi penentu kekalahan The Three Lions pada edisi 2006 silam. 

Pada waktu 90 menit normal, laga Inggris vs Portugal ini juga dihiasi oleh kartu merah Wayne Rooney yang hampir berujung kerusuhan antara kedua tim. 

3. Piala Dunia 2010

Mencapai perempatfinal dalam dua edisi sebelumnya, Inggris pun menargetkan perjalanan lebih jauh di Piala Dunia 2010 silam. 

Baca Juga

Namun sebagian besar skuat kala itu mulai ditinggalkan para pemain generasi emas. Yang terjadi sesuai prediksi, mereka pulang lebih cepat alias terhenti di babak 16 besar. 

Di perdelapan final, Inggris harus mengakui keperkasaan Jerman yang mengalahkan mereka dengan skor 1-4. 


2. Piala Dunia 2018 Terbaik untuk Inggris?

Timnas Inggris tertunduk lesu usai dikalahkan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018.

4. Piala Dunia 2014

Alih-alih membaik, performa Inggris di edisi selanjutnya yakni Piala Dunia 2014 malah makin merosot. Pada edisi tersebut, mereka memang tergabung di grup neraka bersama Italia, Uruguay dan Kosta Rika. 

Dengan kata lain, grup tersebut berisikan tiga negara yang sudah pernah juara dunia. Kosta Rika, satu-satunya tim yang belum pernah juara, menjadi juru kunci grup. 

Sementara Inggris, dengan sekali imbang dan dua kalah, juga harus ikut Kosta Rika tersingkir di fase grup. 

Baca Juga

5. Piala Dunia 2018

Imbas dari performa merosot di Piala Dunia 2014, membuat Inggris tidak lagi diunggulkan untuk edisi 2018 di Rusia. Apalagi melihat skuat mereka yang mayoritas dihuni para pemain muda. 

Namun, publik berhasil dikejutkan dengan performa skuat muda The Three Lions yang berhasil menembus hingga semifinal. 

Mereka hanya kalah dari Kroasia yang memastikan langkah ke final Piala Dunia 2018. Sayang, perebutan peringkat ketiga pun gagal diraih Inggris karena kalah dari Belgia.

InggrisPiala Dunia 2018Piala Dunia 2022Gareth Southgate

Berita Terkini