x

3 Bek yang Cocok Gantikan Harry Maguire di Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022

Selasa, 27 September 2022 18:52 WIB
Editor: Juni Adi
Bek Inggris, Harry Maguire mencoba merebut bola dari penyerang Italia, Gianluca Scamacca di laga UEFA Nations League REUTERS/Alberto Lingria

INDOSPORT.COM - Bek Manchester United, Harry Maguire tengah menjadi sorotan akhir-akhir ini setelah ia tampil buruk bersama Timnas Inggris melawan Jerman di laga lanjutan UEFA Nations League.

Pertandingan yang digelar di Stadion Wembley, Selasa (27/09/22) dinihari WIB itu, berakhir dengan skor 3-3.

Baca Juga

Padahal kedua tim bermain sama kuat di babak pertama 0-0. Gelontoran gol baru tercipta pada babak kedua.

Jerman unggul lebih dahulu melalui gol Ilkay Gundogan menit ke-52 dari titik putih. Kemudian digandakan oleh Kai Havertz di menit ke-67.

Timnas Inggris tak patah arang. Mereka terus melancarkan serangan hingga akhirnya bisa memperkecil skor jadi 1-2, setelah Luke Shaw mencetak gol menit ke-71.

Baca Juga

Empat menit berselang Inggris menyamakan kedudukan jadi 2-2 melalui gol Mason Mount menit ke-75. 

Inggris berbalik unggul jadi 3-2 setelah mendapat hadiah penalti menit ke-83. Harry Kane yang jadi eksekutor berhasil menunaikan tugasnya dengan baik.

Sayang, keunggulan Inggris hanya bertahan empat menit. Karena Jerman kembali mencetak gol menit ke-87. Skor 3-3 bertahan hingga laga usai.

Baca Juga

Hasil ini menambah panjang rentetan hasil negatif Inggris di pentas internasional khususnya di UEFA Nations League.

Dalam enam pertandingan terakhir, Inggris tak pernah mampu meraih kemenangan (3 imbang, 3 kalah).

Catatan itu tentu saja membuat FA selaku induk sepak bola Inggris merasa was-was negaranya akan tampil buruk di Piala Dunia 2022 nanti.

Pelatih Gareth Southgate dipercaya akan merombak skuad untuk dibawa ke Piala Dunia 2022. Satu nama yang terus jadi perdebatan adalah Harry Maguire.

Performanya tak kunjung membaik, termasuk di laga melawan Jerman itu. 

Tampil sebagai starter, Maguire gagal menunjukan performa terbaik. Ia malah melakukan blunder, dengan menjatuhkan lawan di kotak penalti.

Pria 29 tahun itu membuat Inggris dihukum penalti di gol pertama Jerman usai salah umpan dan menjegal Jamal Musiala, sebelum kehilangan bola dalam proses terjadinya gol kedua tim tamu.

Performa buruk itu membuat nama Harry Maguire terancam tersingkir oleh tiga kandidat bek ini di skuad Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022:


1. Ben White

Wajah kecewa Ben White pasca Arsenal takluk dari Newcastle United (17/05/22). (Foto: REUTERS/Scott Heppell)

Ben White menjadi salah satu bek termahal di Liga Inggris saat diboyong Arsenal dari Brighton dengan biaya 58 juta euro pada bursa transfer musim panas 2021 lalu.

Di musim perdananya ia sempat kesulitan menunjukan performa terbaik apalagi dengan label bek termahal.

Baca Juga

Namun di musim keduanya musim ini, Ben White tampil menggila. Ia jadi salah satu pilar penting Arsenal di lini belakang, yang membuat The Gunners sulit dikalahkan.

Hanya saja Mikel Arteta tidak menaruhnya di posisi utama bek tengah, tapi di bek kanan. Namu ia tampil sama baiknya.

Buktinya, Arsenal sejauh ini mampu memuncaki klasemen Liga Inggris dengan koleksi 15 poin, hasil dari 5 kemenangan dan 1 kekalahan.

Baca Juga

Sayang ia tidak dipanggil ke Timnas Inggris, karena peran barunya itu mendapat persaingan berat dari Reece James yang performanya juga bagus. Akan tetapi bukan tidak mungkin ia akan dipertimbangkan masuk skuad Tiga Singa.
 
Conor Coady

Conor Coady bisa jadi opsi Gareth Southgate untuk mencari bek tangguh baru memperkuat lini belakang Timnas Inggris di Piala Dunia 2022 nanti.

Baca Juga

Pemain berusia 29 tahun itu cukup berpengalaman, dan sudah pernah membela beberapa klub ternama di Inggris, salah satunya adalah Liverpool.

Saat ini ia jadi kapten Wolverhampton Wanderers. Pengalaman itu membuat dirinya pernah dipercaya tampil di timnas Inggris menggunakan ban kapten.

Kelebihan lain Coady adalah kemampuan bertahan dan menyerang dengan sama baiknya. Coady bek yang lugas dan juga dapat membangun serangan dari lini belakang.


2. Fikayo Tomori

Fikayo Tomori dari AC Milan beraksi dengan Alexis Sanchez dari Inter Milan REUTERS-Alberto Lingria

Bek AC Milan, Fikayo Tomori tak masuk dalam skuat timnas Inggris untuk pertandingan UEFA Nations League yang  digelar pada hari Selasa (27/09/22) dini hari WIB.

Hal ini disebabkan kondisi kelelahan yang mendera bek muda ini, sehingga tak masuk dalam skuat timnas Inggris.

Eks bek Chelsea ini dikabarkan langsung kembali ke Milan selepas hanya berlatih bersama The Three Lions dalam beberapa hari jeda internasional.

Bahkan, seperti dilansir dari Football Italia, Fikayo Tomori tak masuk dalam skuat timnas Inggris kala menghadapi Italia yang menjadi laga penentu kembalinya sang pemain ke AC Milan.

Padahal, Fikayo Tomori merupakan bek terbaik Liga Italia di musim 2021/2022 dan membawa AC Milan meraih trofi untuk pertama kalinya sejak 11 tahun yang lalu.

Bahkan, bek berusia 24 tahun ini menjadi pemain starter reguler di Stadion San Siro sejak datang dari Chelsea pada Januari 2021.

Akibat penampilan hebatnya, AC Milan kemudian mengganjar Tomori dengan kontrak permanen, dengan nilai 29 juta euro pada Juli 2021 silam.

Bersama AC Milan, Tomori mampu mengemas 71 penampilan dengan dua gol hingga musim 2021/2022 lalu.

Di Timnas Inggris sendiri ia baru mempunyai tiga caps. Dengan performa apiknya itu, Tomori bisa jadi tandem ideal untuk John Stones atau Ben White.

InggrisJermanPiala Dunia 2022Gareth SouthgateTimnas InggrisFikayo TomoriUEFA Nations LeagueTRIVIAHarry MaguireBen White

Berita Terkini