x

4 Pelatih Top Eropa yang Bisa Dipecat Oleh Klubnya Usai Jeda Internasional

Rabu, 21 September 2022 15:59 WIB
Editor: Juni Adi
Aksi Simone Inzaghi di laga Inter Milan vs Salernitana (05/03/22). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - Sebanyak empat pelatih dari liga top Eropa terancam dipecat dalam waktu dekat oleh klubnya saat liga kembali dimulai usai jeda internasional.

Liga-liga top Eropa seperti Liga Spanyol, Liga Italia dan Liga Inggris saat ini tengah mengalami masa jeda lantaran adanya agenda pertandingan internasional resmi FIFA atau FIFA Matchday.

Baca Juga

Para pemain biasanya dipulangkan ke negaranya untuk memperkuat tim nasionalnya masing-masing, baik di laga uji coba maupun melakoni pertandingan bersifa kompetisi seperti UEFA Nations League.

Sementara itu masa jeda internasional ini dimanfaatkan oleh sejumlah klub terutama pelatihnya mengevaluasi kekurangan timnya, guna menghindari rentetan hasil buruk.

Contoh klub yang saat ini tengah disorot adalah Inter Milan. Raksasa Serie A itu sedang dalam penampilan inkonsisten.

Baca Juga

Sempat menang 2-0 di Liga Champions melawan Viktoria Plzen, tapi Nerazzurri malah kena bantai 3-1 dari tuan rumah Udinese di Liga Italia pekan lalu.

Kekalahan itu membuat Inter Milan tertahan di peringkat ke-7 dan berpotensi kehilangan kans merebut scudetto musim ini.

Mereka juga kalah di Derby Milan, 3-2 dari AC Milan, dan ditekuk oleh Bayern Munchen 2-0.

Baca Juga

Pelatih Simone Inzaghi jadi orang yang paling bertanggung jawab atas penampilan buruk Inter Milan awal musim ini.

Pada musim lalu, Inter Milan begitu baik hingga jadi penantang gelar juara sampai pekan-pekan terakhir, bersaing dengan AC Milan.

Sayang ia gagal melanjutkan konsistensinya. Sehngga posisinya sebagai pelatih utama pun sedang goyang, karena terancam pemecatan.

Di Liga Inggris bahkan sudah menelan korban, saat Chelsea mendepak Thomas Tuchel beberapa waktu lalu, usai kalah 1-0 dari Dinamo Zagreb di Liga Champions.

Selain Simone Inzaghi, ada beberapa pelatih lain yang posisinya rawan dipecat andai tidak mampu membawa timnya tampil lebih baik, ketika liga berjalan lagi usai jeda internasional . Siapa saja mereka?


1. Massimiliano Allegri

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. Foto: REUTERS/Massimo Pinca

Sudah jadi rahasia umum jika kursi kepelatihan Juventus yang diisi oleh Massimiliano Allegri tengah digoyang. Hal itu tak lepas dari jebloknya penampilan Si Nyonya Tua awal musim ini.

Sempat ngegas pada awal kompetisi, kini Juventus mulai habis bensin saat menelan hasil minor dalam beberapa laga terakhir.

Baca Juga

Paling baru terjadi pada Kamis (15/09) dini hari WIB tadi, ketika Juventus menghadapi Benfica dalam matchday kedua Grup H Liga Champions.

Bermain di kandang sendiri, Juve yang sempat unggul lebih dulu, malah kena comeback dan akhirnya kalah 1-2 dari tim tamu.

Tak heran jika saat ini I Bianconeri harus puas berada di papan ketiga, dan sama-sama belum mengoleksi poin bersama penghuni dasar klasemen Maccabi Haifa.

Baca Juga

Hasil minor yang diraih Juventus tak hanya berlaku di kancah Eropa. Di level domestik pun tak jauh beda, sempat bersaing di papan atas kini peringkat Juventus terus melorot.

Imbang kontra Salerniatana pekan lalu membuat Juventus tercecer di peringkat ke-9 dengan koleksi 10 poin hasil 6 laga.

Selepas kekalahan tersebut, isu manajemen Juve ingin memecat Allegri makin kencang berhembus, bahkan sudah bocor ke publik.

Nasibnya semakin jelas di ujung tanduk seandainya liga kembali berjalan usai jeda internasional tapi Juventus belum juga bangkit.

Baca Juga

David Moyes

Posisi David  Moyes bersama West Ham United mulai dispekulasikan lantaran rentetan hasil buruk yang diterima Hammers di awal musim ini.

Moyes saat ini tengah dalam tekanan pasca kembali melatih West Ham pada 2020 silam. Posisi Michail Antonio dan kolega memang tengah buruk.

Mereka hanya mampu mendulang satu menang dan satu imbang dalam 7 laga awal Premier League. Sisanya, Hammers kalah dalam lima laga terakhir.

Total, dalam 14 laga yang dimainkan di Liga Inggris, Hammers hanya mendulang dua kemenangan. Hal ini membuat performa tim jauh dari harapan.

Pasca jeda internasional, mereka bakal bertarung untuk keluar dari zona degradasi. Bahkan dalam 10 bulan terakhir, tim hanya mampu membukukan 73 poin dari 34 laga.

Kekalahan atas Everton sebelum jeda internasional membuat posisi Moyes kian tertekan. Sempat muncul rumor dirinya bakal dipecat.

West Ham Insider sempat membuka polling terkait pantas atau tidaknya Moyes diberikan waktu.

Saat ini, West Ham United bertengger di peringkat ke-18 atau berada dalam zona degeradasi, dengan koleksi 4 poin dari 7 pertandingan (1 menang, 1 imbang, 5 kalah).


2. Julian Nagelsmann

Julian Nagelsmann, pelatih RB Leipzig.

Julian Nagelsmann bersama Bayern Munchen juga mengawali musim dengan kurang meyakinkan. Sejauh ini Die Roten masih tercecer di peringkat lima klasemen Bundesliga.

Pekan lalu, Bayern sempat mengalahkan Barcelona 2-0 di Liga Champions. Namun, setelah itu Sadio Mane cs malah dipaksa menyerah 0-1 oleh Augsburg. Hal ini menunjukkan betapa inkonsistensinya performa Bayern.

Baca Juga

Meski musim masih cukup lama, akan tetapi hasil-hasil negatif di awal ini kabarnya membuat lampu alarm di kubu Bayern Munchen mulai menyala dan posisi Nagelsmann pun bisa saja digoyang.

Media Jerman, Bild menilai bahwa kubu Bayern saat ini tengah serius mempertimbangkan untuk memecat Nagelsmann.

Satu hal yang menjadi penyebab adalah karena kini Tuchel sudah tersedia di pasaran.

Baca Juga

Sementara itu, Mundo Deportivo mengklaim bahwa Tuchel bisa menjadi pilihan mudah bagi Bayern jika akhirnya mereka melengserkan Nagelsmann. 

Brendan Rodgers

Leicester City sedang mengalami situasi yang sulit. The Foxes kini terbenam di dasar klasemen Liga Inggris dengan nilai satu poin.

Baca Juga

Leicester tak pernah menang dalam enam pertandingan awal Premier League. Mereka dihajar Brighton dengan skor telak 5-2 pada pertandingan terakhirnya.

Setelah meraih serangkaian hasil yang buruk, posisi Brendan Rodgers menjadi sorotan. Dia bisa saja kehilangan pekerjaannya dalam waktu dekat ini.

FIFABayern MunchenInter MilanJuventusBrendan RodgersMassimiliano AllegriDavid MoyesSimone InzaghiJulian NagelsmannTRIVIA

Berita Terkini