x

5 Pertikaian Pemain-Pelatih Terbesar di Manchester United, Terbanyak di Era Sir Alex Ferguson

Jumat, 18 November 2022 16:08 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Kisah Manchester United dan pemain-pelatih mereka yang sempat menyita perhatian publik. Foto: REUTERS/Phil Noble

INDOSPORT.COM – Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, punya kasus kerusuhan pemain-pelatih nan terkenal. Berikut kisahnya.

Manchester United dikenal merupakan klub besar di Liga Inggris, bahkan di Benua Eropa dan dunia dengan banyak pemain bintang yang bermain di sana.

Manchester United pun kerap kali mendatangkan pemain bintang yang digunakan untuk meningkatkan permainan.

Namun, tak jarang bahwa pelatih Manchester United memiliki masalah dengan pemain bintang dan menjadi konsumsi di media.

Berikut adalah 5 masalah pemain-pelatih di Manchester United yang kemudian membuat salah satunya hengkang dari klub.

Jaap Stam dan Sir Alex Ferguson

Baca Juga

Salah satu peristiwa yang mungkin sangat disesali oleh Sir Alex Ferguson sang pelatih legendaris Manchester United adalah menjual bek asal Belanda, Jaap Stam, ke Lazio.

Salah satu penyebabnya adalah kekesalan Ferguson pada pernyataan Stam dalam buku otobiografinya yang muncul di musim 2001/2002.

Baca Juga

Salah satu tuduhan yang dilontarkan Stam adalah pelatih asal Skotlandia ini membelinya tanpa izin dari PSV Eindhoven.

Kondisi inipun membuat Ferguson kemudian memanggil bek yang kemudian jadi legenda AC Milan ini, sembari munculnya kabar soal minat Lazio.

Jaap Stam dan Sir Alex Ferguson kemudian bertemu di sebuah pom bensin dan muncul pernyataan soal kepindahan dari Manchester United ke Lazio.

Baca Juga

1. Sir Alex Ferguson dan Dua Pemain Lagi

Mantan manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson. Foto: Ash Donelon/Manchester United via Getty Images.

Sir Alex Ferguson dan David Beckham

Insiden Sir Alex Ferguson dan David Beckham adalah salah satu masalah pelatih dan pemain Manchester United nan melegenda.

Ketegangan inilah yang kemudian banyak disebutkan media menjadi alasan mengapa Beckham kemudian hengkang dari The Red Devils ke Real Madrid.

Sir Alex Ferguson kala itu disebut kesal karena Manchester United kalah dari sang rival, Arsenal, di babak kelima Piala FA yang digelar di Stadion Old Trafford.

Sepatu yang ditendang Ferguson inilah yang kemudian mengenai pelipis kiri David Beckham yang kemudian membuat sang megabintang Inggris mendapat jahitan.

Pada bursa transfer musim panas 2003, Manchester United akhirnya memutuskan untuk menjual David Beckham ke Real Madrid.

Sir Alex Ferguson-Ruud van Nistelrooy

Baca Juga

Selain dengan Jaap Stam dan David Beckham, Sir Alex Ferguson juga sempat bertengkar dengan penyerang asal Belanda, Ruud van Nistelrooy.

Kala itu, Van Nistelrooy yang merupakan salah satu penyerang tajam Manchester United dengan catatan 150 gol dari 219 penampilan.

Baca Juga

Namun demikian, insiden ketika Sir Alex Ferguson tak memainkan Van Nistelrooy dalam laga final Piala Liga Inggris 2006 menjadi puncaknya.

Pasalnya, Van Nistelrooy kala itu meneriaki Ferguson, meskipun belakangan sang bintang Timnas Belanda menyadari tindakannya tak sopan.

Ferguson yang marah kemudian menjual Van Nistelrooy ke Real Madrid di musim panas 2006 dan keduanya sudah bermaafan.

Baca Juga

2. Kisah Lain

Jose Mourinho juga pernah menangani Manchester United. Foto: Richard Seller/GettyImages.

Jose Mourinho-Paul Pogba

Keributan lainnya di Manchester United melibatkan pelatih asal Portugal, Jose Mourinho dan bintang timnas Prancis, Paul Pogba.

Keributan dimulai ketika Jose Mourinho mendapatkan foto istri Pogba, Zulay tengah berduaan di Miami di tengah program rehabilitasi cedera.

Menurut Pogba, foto tersebut kemudian dikirimkan kepada sang agen, Mino Raiola dan Jose Mourinho menyebut sang pemain tengah liburan.

Namun demikian, masalah inilah yang membuat Jose Mourinho kemudian memutuskan untuk hengkang dan selanjutnya melatih Tottenham Hotspur, serta AS Roma.

Paul Pogba sendiri kini bergabung kembali ke Juventus dan belum sama sekali turun dalam pertandingan karena cedera meniskus.

Erik ten Hag-Cristiano Ronaldo

Baca Juga

Masalah terbaru antara pemain dan pelatih Manchester United adalah Erik ten Hag dan Cristiano Ronaldo yang menjadi masalah besar di media.

Semua diawali dengan wawancara Cristiano Ronaldo dengan jurnalis kawakan, Piers Morgan, yang kemudian mengemuka di media.

Baca Juga

Salah satu potongan wawancara itu menyebut soal pelatih Manchester United, Erik ten Hag yang kemudian memicu masalah besar di dalam tubuh klub.

Kondisi ini kemudian membuat manajemen Manchester United bereaksi dan dikabarkan akan menjual Cristiano Ronaldo di Januari 2023 nanti.

Namun demikian, belum ada informasi lanjutan terkait masalah Erik ten Hag dan Cristiano Ronaldo di Manchester United.

Baca Juga
Manchester UnitedCristiano RonaldoJose MourinhoSir Alex FergusonPaul PogbaLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini