x

5 Debutan Termuda Spanyol di Piala Dunia, Gavi Paling Belia dan Gacor

Kamis, 24 November 2022 19:53 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Gavi pada laga melawan Italia di Giuseppe Meazza Stadium

INDOSPORT.COM - Spanyol sudah mengawali Piala Dunia 2022 dengan sangat meyakinkan. Di balik awalan yang impresif, terdapat debutan termuda di skuat La Roja kali ini. 

Menghadapi Piala Dunia 2022 di Qatar, pelatih Spanyol Luis Enrique membawa banyak pemain muda. 

Baca Juga

Bahkan beberapa dari pemain muda yang dibawa, langsung diberikan waktu bermain ketika menghadapi Kosta Rika, Rabu (23/11/22) kemarin malam. 

Dalam pertandingan tersebut, La Roja berhasil menang 7-0 atas Kosta Rika. Dalam laga tersebut, Gavi juga menjadi salah satu pemain yang diberi menit bermain. 

Selain tiga poin, Gavi dan rekan setimnya di Barcelona Pedri, juga mencatat rekor sebagai debutan termuda. 

Baca Juga

Termasuk mereka berdua, berikut ini 5 debutan termuda Spanyol terakhir di turnamen Piala Dunia. 

5. Julen Guerrero

Urutan kelima, debutan termuda Spanyol di Piala Dunia adalah Julen Guerrero. Dia menjalani debutnya di Piala Dunia 1994 pada tanggal 17 Juni 1994. 

Bermain di laga Spanyol vs Korea Selatan di fase grup, Guerrero masih berusia 20 tahun, 5 bulan dan 10 hari. 

Baca Juga

Setelah debut itu, dia jadi langganan skuat Spanyol dan membukukan 41 caps disertai 13 gol hingga akhir karirnya di level internasional. 

Federasi sepak bola Spanyol tidak melupakan kontribusi Guerrero, kini dia menjabat sebagai pelatih kepala La Roja U-17. 


1. Tadinya, Fabregas Debutan Termuda Spanyol di Piala Dunia

Gelandang klub Ligue 1 Prancis AS Monaco Cesc Fabregas (Spanyol).

4. Sergio Ramos

Sergio Ramos memang sudah bersinar sejak masih muda dan melakoni debutnya untuk Spanyol di Piala Dunia pada edisi 2006 silam. 

Tepatnya pada laga fase grup ketika La Roja menghadapi Ukraina di fase grup pada tanggal 14 Juni 2006. Kala itu, Ramos masih berusia 19 tahun, 2 bulan dan 15 hari. 

Baca Juga

Setelah itu, Ramos semakin berkembang sebagai seorang bek tengah top dunia hingga mencatat 180 caps dengan torehan 23 gol untuk Spanyol. 

3. Pedri

Urutan ketiga dalam daftar debutan termuda Spanyol di Piala Dunia adalah Pedri. Dia juga memainkan laga debut di Piala Dunia bersamaan dengan Gavi. 

Ketika starter alias dimainkan sejak menit pertama kontra Kosta Rika, Pedri masih berusia 19 tahun, 11 bulan dan 28 hari. 

Baca Juga

Tidak hanya di skuat Spanyol, di level klub bersama Barcelona, Pedri juga jadi andalan bersama Gavi di lini tengah. 

Di level internasional, debut sejatinya terjadi pada 25 Maret 2021 dan hingga sekarang mencatat 14 caps di berbagai pertandingan resmi. 

4. Cesc Fabregas

Cesc Fabregas sempat menjadi debutan termuda Spanyol di turnamen empat tahunan antarnegara ini. Dia bermain pertama kali membela Spanyol di Piala Dunia 2006 silam. 

Baca Juga

Fabregas dipercaya starter ketika La Roja tampil melawan Ukraina di babak grup, dengan usia 19 tahun, 1 bulan dan 10 hari. 

Mantan gelandang Barcelona dan Arsenal itu pun mengoleksi 110 caps dan 15 gol untuk La Roja hingga memutuskan pensiun dari level internasional. 


2. 5. Gavi, Debutan Termuda Spanyol di Piala Dunia

Selebrasi Gavi (kiri) pasca mencetak gol untuk Spanyol di laga kontra Republik Ceko (06/06/22). (Foto: REUTERS/David W Cerny)

Gavi, memecahkan rekor baru sebagai debutan termuda Spanyol di Piala Dunia, yang sebelumnya dipegang oleh Cesc Fabregas. 

Dia melakoni debutnya di Piala Dunia 2022 bersamaan dengan Pedri memimpin lini tengah Spanyol ketika menghadapi Kosta Rika. 

Baca Juga

Dalam kemenangan 7-0 atas Kosta Rika dan penampilan impresif La Roja, Gavi masih berusia 18 tahun, 3 bulan dan 18 hari. 

Yang lebih menariknya lagi, Gavi berhasil menyita perhatian publik dunia dengan ikut menyumbang gol dalam kemenangan 7-0 semalam. 

Dia pun menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Dunia, yang mana rekor ini sebelumnya dimiliki oleh Pele.

SpanyolSergio RamosPiala Dunia 2022PedriGavi

Berita Terkini