x

5 Peraih Golden Boy Sebelum Gavi, Salah Satunya Mesin Gol Man City!

Rabu, 26 Oktober 2022 20:47 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain Barcelona, Gavi saat memenangi Kopa trophy

INDOSPORT.COM - Dia bernama Pablo Gavi, wonderkid Barcelona yang baru saja meraih penghargaan Golden Boy. Namun sebelum dia, siapakah peraih penghargaan ini?

Kesuksesan Gavi meraih gelar Kopa Trophy atau penghargaan Pemain Muda Terbaik pada ajang Ballon d'Or 2022 membuat Barcelona mencatat rekor baru. 

Baca Juga

Pada malam penghargaan Ballon d'Or 2022, Selasa (18/10/22) dini hari WIB, Gavi yang masih berusia 18 tahun sukses mengalahkan sejumlah pemain muda lain untuk memenangkan predikat wonderkid terbaik.

Sejumlah bakat muda yang sukses ia kalahkan di ajang ini adalah Eduardo Camavinga dari Real Madrid, Jamal Musiala (Bayern Muenchen), Jude Bellingham (Borussia Dortmund), Nuno Mendes (Paris Saint-Germain) hingga Bukayo Saka (Arsenal). 

Tak hanya jadi prestasi individu, keberhasilan Gavi meraih Kopa Trophy juga membawa nama Barcelona ukir satu rekor baru.

Baca Juga

Melansir dari laman Squawka, disebutkan bahwa kesuksesan Gavi meraih Kopa Trophy 2022 membuat Barcelona jadi tim pertama mampu dua tahun beruntun menyumbang pemain di daftar juara.

Pada edisi sebelumnya, satu pemain muda Barcelona lain yakni Pedri sukses meraih Kopa Trophy. 

Sepanjang musim ini, penampilan Gavi memang terbilang sangat impresif dengan catatkan 13 pertandingan di semua kompetisi bersama Barcelona. 

Baca Juga

Sementara di musim lalu, statistik Gavi tak kalah mentereng dengan menorehkan 47 pertandingan serta catatkan dua gol dan 6 assists.

Sebelum Gavi dinobatkan sebagai Golden Boy, siapakah para pendahulunya? Dan apa kabar mereka sekarang?


1. Peraih Golden Boy 2017-2019

Kylian Mbappe saat laga Liga Champions antara Paris Saint-Germain vs Benfica

1. Kylian Mbappe (2017)

Lima tahun lalu, yakni pada 2017, Kylian Mbappe yang dianugerahi penghargaan ini berkat penampilannya bersama AS Monaco dan PSG. 

Penyerang yang kini jadi andalan PSG itu, mendapatkan Golden Boy setelah bersinar bersama Monaco tepatnya di musim 2016/2017.

Baca Juga

Selain membawa Monaco menjuarai Ligue 1, Mbappe mencetak 15 gol dan 11 assist di liga domestik di musim tersebut. 

2. Matthijs de Ligt (2018)

Bek asal Belanda, Matthijs de Ligt dinobatkan sebagai Golden Boy pada tahun 2018 karena penampilan luar biasa bersama Ajax Amsterdam. 

Kala itu, bek yang kini berusia 23 tahun itu mampu membawa Ajax menjuarai Liga Belanda, Piala Belanda dan juga melaju hingga semifinal Liga Champions di musim 2018/2019. 

Baca Juga

Penghargaan ini juga disusul dengan ketertarikan banyak klub top Eropa, termasuk Juventus yang di musim panas 2019 berhasil memenangkan tanda tangannya. 

Namun sekarang, dia sudah pergi dari Juventus setelah ditebus 70 juta euro oleh Bayern Munchen. 

3. Joao Felix (2019)

Setelah De Ligt, trofi Golden Boy kembali jatuh ke pemain berposisi penyerang asal Portugal, Joao Felix. 

Baca Juga

Tepat musim 2018/2019, penampilan Felix dijadikan landasan penilaian kenapa dia mendapatkan penghargaan bergengsi untuk pemain muda. 

Musim tersebut, dia berhasil mencetak 20 gol dan 11 assist dari 43 laga selama semusim bersama Benfica. 


2. Erling Haaland Pernah Raih Golden Boy

Erling Haaland saat laga Liga Inggris antara Manchester City vs Manchester United

4. Erling Haaland (2020)

Liga Prancis, Liga Belanda, kemudian Liga Portugal yang menyumbang pemenang Golden Boy, tahun 2020 dimenangkan oleh wonderkid asal Bundesliga Jerman. 

Yakni Erling Haaland yang memang bersinar bersama Borussia Dortmund dengan torehan 41 gol dari 41 penampilan di semua kompetisi musim 2020/2021 kemarin. 

Benar saja, kini Erling Haaland menjadi salah satu striker produktif di kotak penalti bersama Manchester City. Sekarang, Haaland menempati posisi top skorer sementara di Liga Inggris dan Liga Champions sejauh musim ini. 

Baca Juga

5. Pedri (2021)

Setelah Haaland, Golden Boy kembali dimenangkan oleh wonderkid Barcelona, yakni Pedri. 

Pedri menjadi pemain kedua dalam sejarah Barcelona yang meraih penghargaan Golden Boy, setelah terakhir kali ialah Lionel Messi tahun 2005 silam. 

Baru berusia 19 tahun kala dinobatkan pemain muda terbaik, Pedri memang tampil impresif baik itu bersama Barcelona atau pun timnas Spanyol.

Manchester CityBarcelonaBola InternasionalErling Braut HaalandGavi

Berita Terkini