x

Profil Pemain Garuda Select 5: Hafizh Rizkianur, Penerus Klan Persija di Inggris

Kamis, 24 November 2022 15:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Muhammad Hafizh Rizkianur, kiper Persija Jakarta yang lolos seleksi Garuda Select 5.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil pemain Garuda Select 5, Muhammad Hafizh Rizkianur, penerus klan Persija Jakarta yang terpilih menimba ilmu sepak bola di Inggris.

Setiap tahun, dalam lima tahun terakhir, Persija Jakarta setidaknya selalu mengirim satu pemain muda binaannya ke program Garuda Select untuk berlatih di Inggris.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program kerja sama PSSI dan Mola TV untuk mengirimkan sejumlah pemain muda berbakat untuk dilatih di Inggris.

Program pelatihan ini sudah berjalan sejak tahun 2019, dan kini telah memasuki musim kelima, di mana para pemain baru saja tiba di Inggris pada Senin (21/11/22) kemarin.

Tahun pertama, Persija mengirimkan kiper Risky Muhammad Sudirman dan Sutan Zico.

Baca Juga

Tahun kedua, Persija mengutus striker muda paling gacor, Alfriyanto Nico Saputro. Tahun ketiga, Persija justru mengamankan jasa kiper potensial, Adre Arido Geovani.

Garuda Select musim keempat, tahun 2021 lalu, Persija Jakarta kembali mengutus satu gelandang yang banyak mendapatkan jam terbang di Inggris, Resa Aditya Nugraha.

Baca Juga

Kini, di Garuda Select jilid 5 yang baru saja tiba di Inggris pada Senin (21/11/22) kemarin, Macan Kemayoran kembali melahirkan satu sosok berkualitas, yakni Hafizh Rizkianur.

Pemilik nama lengkap Muhammad Hafizh Rizkianur itu lahir di Jakarta, 8 Agustus 2006. Kini ia telah berusia 16 tahun.

Sama seperti seniornya, Risky Sudirman dan Adre Arido yang berposisi sebagai kiper, Hafizh Rizkiannur juga mengambil posisi penting sebagai penjaga gawang.

Baca Juga

1. Hafizh Rizkianur, The Next Manuel Neuer?

Muhammad Hafizh Rizkianur, kiper Persija Jakarta yang lolos seleksi Garuda Select 5.

Menariknya, Hafizh Rizkiannur terlahir dari keluarga atlet. Ayahnya, Bambang Nurcahyo adalah mantan atlet basket, dan ibunya, Ety Lestari diketahui adalah mantan atlet voli.

Kakak dari Hafizh, Muhammad Rafi Dwi Cahyo, pernah menjadi kiper Persija Jakarta U-16. Kini, Hafizh yang jebolan SSB Bintang Junior Selection juga ikut membela Persija.

Hafizh pernah dinobatkan sebagai man of the match pada Liga Hansaplast TopSkor U-13 2019/2020 lalu, sehingga membuatnya bisa menembus skuat Persija Jakarta U-16.

Bermain di ajang Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2022 lalu, potensi Hafizh pun tercium oleh para talent scouting asal Inggris.

Baca Juga

Kini, ia menjadi salah satu kiper yang akan unjuk gigi dalam skuat Garuda Select 5 di Inggris. Hafizh diketahui akan bersaing dengan kiper asal Italia, Matteo Piombini.

Dilansir dari Top Skor, Hafizh Rizkianur mengaku sebagai penggemar berat Manuel Neuer, kiper andalan Timnas Jerman yang kini bermain untuk tim Bayern Munchen.

Menurutnya, seorang kiper tidak hanya ditekankan untuk piawai menggunakan kedua tangan, tetapi juga gerakan kaki.

Baca Juga

Khususnya Neuer, ia tidak hanya menjadi kiper modern untuk Bayern Munchen, tapi juga kapten yang baik saat di lapangan.

"Saya terinspirasi Neuer. Dia kiper yang istimewa, karena bisa menjadi pemimpin dari belakang," ungkap Hafizh Rizkianur.

Semoga dengan lerja keras Hafizh Rizkianur bersama skuat Garuda Select di Inggris, ia bisa mengharumkan nama Persija Jakarta, menjelma menjadi the next Manuel Neuer.

Baca Juga
Persija JakartaManuel NeuerKiperProfil Atlet dan FotoBakat Muda IndonesiaProfil Atlet MudaprofilGaruda SelectPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini