x

5 Pemain Kelahiran Prancis Andalan Tunisia di Piala Dunia 2022, Satu dari Liga Italia

Jumat, 25 November 2022 19:24 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain Denmark, Thomas Delaney dan Joachim Andersen saat berebut bola dengan pemain Tunisia Youssef Msakni dan Issam Jebali di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM - Prancis adalah negara yang akrab untuk orang-orang Afrika. Salah satunya negara Tunisia, yang memiliki 5 pemain kelahiran Prancis di Piala Dunia 2022 ini.

Sebenarnya terdapat catatan sejarah antara Prancis dan Tunisia. Prancis menduduki Tunisia paddari tahun 1881-1956 silam. 

Baca Juga

Namun menduduki bukan seperti penjajahan, jadi Tunisia melihat Prancis seperti saudara tua. Begitu juga warga negaranya yang senang merantau ke Prancis. 

Khususnya pada periode 1881-1956 tersebut, banyak warga Tunisia yang merantau ke Prancis untuk mencari peruntungan hidup. 

Tidak hanya profesi kasar, kini banyak orang-orang keturunan Tunisia yang terjun ke dunia sepak bola. 

Baca Juga

Hingga akhirnya sederet pemain yang lahir di Prancis, kini membela Tunisia di Piala Dunia 2022 di Qatar. Siapa saja mereka?

1. Aissa Laidouni

Aissa Laidouni merupakan gelandang tengah yang bermain di klub Hungaria Ferencvaros. Namun dia mengawali karirnya di klub Liga Prancis SCO Angers.

Dia lahir di Montfermeil, Prancis pada tanggal 13 Desember 1996 dan masuk ke akademi Angers pada tahun 2016 lalu. 

Baca Juga

Pada Maret 2021 kemarin, Laidouni baru mendapat panggilan pertamanya untuk debut bersama Tunisia senior. 

Sering dimainkan di pos gelandang bertahan, dia bermain sangat baik ketika Tunisia menghadapi Denmark di Piala Dunia 2022 ini. 


1. 2. Montassar Talbi

Selebrasi pemain Tunisia, Dylan Bronn saat mencetak gol ke gawang Timnas Belgia.

Selanjutnya adalah Montassar Talbi, yang merupakan bek tengah yang lahir di Paris, Prancis. Namun karirnya dimulai bersama klub Tunisia, ES Tunis, pada 2017 lalu. 

Musim 2022/2023 ini merupakan tahun pertama bek berusia 24 tahun itu bergabung ke klub Prancis, FC Lorient. 

Baca Juga

Di Liga Prancis, Lorient mengandalkan Talbi di 15 pertandingan liga. Bersama Tunisia, dia baru debut di tim senior negaranya pada tahun 2021 lalu. 

3. Dylan Bronn

Rekan duet bek tengah Montassar Talbi ketika Tunisia menghadapi Denmark adalah Dylan Bronn. 

Dylan Bronn lahir di Cannes, Prancis yang lahir 27 tahun lalu, tepat pada tanggal 19 Juni 1995 silam. 

Baca Juga

Sejak awal karirnya, dia lebih banyak bermain untuk klub-klub Liga Prancis. Tapi, sejak musim panas 2022, dia bergabung dengan klub Liga Italia Salernitana. 

Di skuat Tunisia, Bronn sudah memainkan debutnya sejak 2017 dan sudah mengantongi 37 caps. Duetnya bersama Talbi sangat solid. 

4. Ellyes Skhiri

Ada pemain yang berkarir di Liga Jerman bersama FC Koln, Ellyes Skhiri yang kini jadi andalan Tunisia. Namun Skhiri lahir di Kota Lunel, Prancis 27 tahun silam. 

Baca Juga

Dia membela Tunisia sejak debut pada 2018 lalu dan sudah ikut serta negaranya di Piala Dunia 2018 lalu. 

Pada laga perdana Piala Dunia 2022 menghadapi Denmark, Skhiri berduet dengan Laidouni di pos gelandang bertahan. Catatan 50 caps tentu bisa bertambah di Qatar. 


2. 5. Wahbi Khazri

Pemain Tunisia. Wahbi Khazri, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Panama.

Wahbi Khazri merupakan pencetak gol terbanyak untuk Tunisia sepanjang sejarah. Bukan hanya lahir di Prancis, dia juga banyak menghabiskan karirnya membela klub-klub Ligue 1. 

Striker berusia 31 ini sempat tampil untuk Prancis U-21, namun bukan laga kompetitif, yang akhirnya membuat dia bisa dipanggil Tunisia di 2013 silam. 

Sudah hampir 10 tahun membela Tunisia, Khazri sudah mengantongi 72 caps dengan torehan 24 gol. 

Baca Juga

Dia juga beberapa kali menjabat sebagai ban kapten untuk skuat tim nasional Tunisia di turnamen bergengsi. 

Namun sayang, Khazri memang hanya jadi penghangat bangku cadangan pada laga perdana Tunisia kontra Denmark. Tapi, bisa saja dia dipersiapkan untuk laga Piala Dunia selanjutnya.

PrancisTunisiaPiala Dunia 2022Wahbi Khazri

Berita Terkini