x

4 Hal Ini Bikin Portugal Harusnya Pilih Rafael Leao Ketimbang Ronaldo di Piala Dunia 2022

Jumat, 25 November 2022 11:40 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi pemain Timnas Portugal usai Cristiano Ronaldo mencetak gol pembuka ke gawang Ghana dalam laga pertama Grup H Piala Dunia 2022. (Foto:REUTERS/Albert Gea).

INDOSPORT.COM -  Bintang AC Milan, Rafael Leao, menjadi salah satu pemain yang disebut pantas menggantikan Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal dalam laga Piala Dunia 2022.

Timnas Portugal di luar dugaan nyaris saja kalah dari Timnas Ghana dalam laga penyisihan grup H Piala Dunia 2022.

Seleccao das Quinas mampu unggul melalui penalti Cristiano Ronaldo pada menit ke-65 sebelum Ghana mampu beraksi dengan baik.

Ghana sempat mencetak gol penyeimbang pada menit ke-73 melalui Andre Ayew sebelum Portugal mampu mencetak dua gol tambahan melalui Joao Felix pada menit ke-78 dan Rafael Leao pada menit ke-80.

Meskipun Ghana sempat memperkecil ketertinggalan melalui Osman Bukari di menit ke-89, Portugal mampu mengakhiri laga dengan kemenangan tipis 3-2.

Baca Juga

Namun demikian, ada sorotan yang mengarah ke tim asuhan Fernando Santos ketika Cristiano Ronaldo tak mampu menjadi pencetak gol yang hebat.

Cristiano Ronaldo hanya mampu mencetak satu gol saja melalui titik penalti sebelum Joao Felix dan Rafael Leao kemudian melengkapi keunggulan Portugal di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Ketika bintang AC Milan, Rafael Leao kemudian bermain untuk timnas Portugal, permainan tim dianggap berubah daripada ketika hanya menurunkan Cristiano Ronaldo.

Bahkan, banyak pihak menyebut bahwa Rafael Leao pantas melengkapi lini depan Portugal di Piala Dunia 2022.

Berikut empat hal yang membuat bintang AC Milan, Rafael Leao lebih pantas bermain di lini depan timnas Portugal daripada Cristiano Ronaldo.

Baca Juga

1. 1. Usia yang Masih Muda

Aksi Rafael Leao di laga pekan ke-15 Liga Italia antara AC Milan vs Fiorentina REUTERS/Daniele Mascolo

Salah satu penyebab mengapa Rafael Leao lebih pantas mengisi lini depan timnas Portugal daripada Cristiano Ronaldo adalah usia yang masih muda.

Seperti diketahui, Fernando Santos selaku pelatih timnas Portugal di Piala Dunia 2022 menurunkan formasi 4-3-3 sebagai pola dasar.

Cristiano Ronaldo yang sejatinya bermain sebagai penyerang tengah gagal tampil dengan baik, karena hanya mencetak satu gol melalui titik penalti.

Sementara, gol melalui open play dicetak oleh Joao Felix dan Rafael Leao yang mampu memberikan kecepatan.

Sebagai catatan, dari segi usia, Rafael Leao tentu jauh lebih muda, karena berusia 23 tahun. Sementara Cristiano Ronaldo (37 tahun) menjadi yang tertua di jajaran penyerang timnas Portugal di Piala Dunia 2022.

2. Kecepatan yang Lebih Baik

Baca Juga

Soal usia menjadi perhatian utama, mengingat ada perbedaan besar dari segi kemampuan pergerakan dan kecepatan.

Sebenarnya, salah satu yang terlihat dari Rafael Leao dan Cristiano Ronaldo adalah kecepatan yang berbeda karena usia dan mulai terlihat di Timnas Portugal.

Baca Juga

Timnas Portugal arahan Fernando Santos sendiri memang mengandalkan kecepatan dan kemampuan individu pemain, sehingga Rafael Leao lebih unggul.

Jika Seleccao Das Quinas mengandalkan kedua hal tersebut, maka Cristiano Ronaldo bukanlah pemain yang cocok untuk bermain di Piala Dunia 2022.

Tentu saja, Rafael Leao yang mampu mencetak prestasi bersama AC Milan cocok dengan pola permainan timnas Portugal.

Baca Juga

2. 3. Raihan Gol Bersama Klub

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo mengukir rekor baru usai mencetak gol ke gawang Ghana di laga pertama Grup H Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

Hal lain yang membuat Rafael Leao lebih pantas menggantikan Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal adalah soal raihan gol bersama klub.

Sebelum laga Piala Dunia 2022, Rafael Leao sudah mencetak 6 gol untuk AC Milan dari total 14 laga yang dijalani.

Prestasi lebih buruk sebenarnya didapat oleh Cristiano Ronaldo yang ketajamannya mulai menurun dan hanya mencetak 1 gol dari 10 kali turun bersama Manchester United.

Namun demikian, status Ronaldo sebagai pemain bintang dan kapten timnas Portugal membuat Rafael Leao harus tampil sebagai pemain cadangan.

Akan tetapi, selepas pertandingan melawan Ghana di Piala Dunia 2022, bukan tidak mungkin Rafael Leao akan ditampilkan sebagai pemain inti menggantikan Cristiano Ronaldo.

4. Prestasi Bersama Klub dalam Setahun Belakangan.

Baca Juga

Selain soal raihan gol, prestasi bersama klub juga penting untuk diperhatikan oleh Timnas Portugal agar menurunkan Rafael Leao sebagai pemain inti di Piala Dunia 2022 daripada Cristiano Ronaldo.

Belakangan, Rafael Leao bersama klubnya, AC Milan mampu meraih trofi Liga Italia musim 2021/2022 yang tentu berbeda dengan raihan Cristiano Ronaldo bersama dengan Manchester United.

Baca Juga

Cristiano Ronaldo tak mampu meraih trofi bersama dengan Manchester United di periode keduanya sebelum memutuskan hengkang.

Kondisi inilah yang seharusnya juga menjadi pertimbangan timnas Portugal di Piala Dunia 2022, mengingat kondisi Cristiano Ronaldo yang sedang kurang baik.

Kendati demikian, Cristiano Ronaldo masih punya sinar kebintangan yang bisa saja unggul dari Rafael Leao dan AC Milan untuk dipilih sebagai pemain Timnas Portugal di Piala Dunia 2022.

Baca Juga
Cristiano RonaldoPortugalAC MilanPiala Dunia 2022Rafael LeaoTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini