x

Hasil Piala Dunia 2022 Portugal vs Ghana: Selecao Eropa Menang Tak Mudah!

Jumat, 25 November 2022 00:58 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Selebrasi pemain Timnas Portugal usai Cristiano Ronaldo mencetak gol pembuka ke gawang Ghana dalam laga pertama Grup H Piala Dunia 2022 (Foto:REUTERS/Albert Gea).

INDOSPORT.COM - Portugal berhasil memenangkan pertandingan pertama Grup H Piala Dunia 2022 dengan skor tipis 3-2 atas Ghana di Stadion 974, Kamis (24/11/22).

Sempat dibuat frustasi di babak pertama, kemudian sempat di atas angin pada pertengahan babak kedua, Portugal harus bekerja keras melawan perlawanan sengit yang disuguhkan oleh Ghana.

Pada akhirnya, Timnas Portugal berhasil mengempaskan Ghana dengan skor meyakinkan 3-2 di akhir laga.

Baca Juga

Gol Portugal dikemas oleh Cristiano Ronaldo lewat titik putih penalti pada menit ke-65, Joao Felix di menit ke-78, dan Rafael Leao di menit ke-80.

Sementara dua gol balasan Ghana diciptakan oleh Andrew Ayew di menit ke-73 dan Osman Bukari di menit ke-80.

Hasil ini membuat Portugal berhasil menempati posisi puncak klasemen sementara Grup H Piala Dunia 2022 dengan raihan tiga poin, disusul oleh Korea Selatan dan Uruguay di posisi kedua dan ketiga yang sama-sama mendapatkan satu poin setelah bermain imbang 0-0.

Ghana harus puas menempati posisi setelah gagal menang pada pertandingan pertama mereka di Piala Dunia 2022 ini.

Baca Juga

Babak Pertama

Sejak peluit kick off babak pertama dibunyikan, Timnas Portugal langsung melepaskan serangan cepat yang berpusat dari Bruno Fernandes di lini tengah.

Dua lini depan Portugal yang ditempati oleh Joao Felix dan Cristiano Ronaldo sempat beberapa kali memberikan ancaman.

Pada menit ke-10, Ronaldo yang mendapatkan peluang emas gagal memanfaatkannya menjadi gol.

Portugal terus menekan, di menit ke-30 peluang emas didapat lagi oleh Ronaldo dan kali ini berhasil ia konversikan menjadi gol.

Sayangnya, gol itu dianulir lantaran dirinya dianggap melanggar bek Ghana, Alexander Djiku. Para pemain Portugal sempat melayangkan protes lantaran duel fisik yang terjadi antara Ronaldo dan Djiku bukanlah pelanggaran berat.

Namun wasit tetap pada pendiriannya dan hingga berakhirnya pertandingan babak pertama, skor 0-0 antara Portugal dan Ghana di awal laga Grup H Piala Dunia 2022 tidak berubah.

Baca Juga

1. Babak Kedua

Selebrasi para pemain Portugal atas kemenangan melawan Ghana di laga pembuka Grup H Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Fabrizio Bensch).

Di awal babak kedua, Ghana mencoba untuk menggencarkan serangan cepat. Namun sayangnya, lini pertahanan Portugal solid sehingga upaya mereka mendapatkan gol cepat gagal terjadi.

Alih-alih mendapatkan gol, mereka justru kebobolan lebih dulu, ketika Portugal melakukan serangan balik, di mana Cristiano Ronaldo dijatuhkan di kotak terlarang.

Ronaldo pun tak menyia-nyiakan peluang tersebut menjadi gol. Skor 1-0 untuk Portugal.

Baca Juga

Kebobolan satu gol nyatanya tak membuat Ghana patah arang. Sebaliknya, mereka semakin semangat untuk mendapatkan gol balasan.

Usaha mereka pun berhasil terwujud melalui Andrew Ayew tak lama setelah gol Ronaldo tercipta.

Pertandingan menjadi semakin sengit, Portugal mampu menjauh lewat gol dari Joao Felix dan Rafael Leao dengan skor 3-1.

Unggul dua gol membuat Portugal sedikit di atas angin. Imbasnya, mereka kembali kebobolan dari Osman Bukari yang membuat kedudukan menjadi 3-2 untuk Portugal.

Baca Juga

Memasuki menit akhir, pertandingan semakin memanas. Bentrokan fisik membuat kedua tim sempat bersitegang, meski akhirnya laga tetap dilanjutkan.

Hingga akhir pertandingan, Portugal berhasil mempertahankan keunggulan mereka dengan skor 3-2 atas Ghana.

Susunan Pemain Portugal vs Ghana

Portugal (4-1-2-1-2)

Diogo Costa; Joao Cancelo, Ruben Dias, Danilo Pereira, Raphael Guerreiro; Ruben Neves; Bernardo Silva, Otavio; Bruno Fernandes; Joao Felix, Cristiano Ronaldo

Cadangan: Jose Sa, Rui Patrico, Diogo Dalot, Pepe, Joao Palhinha, Andre Silva, William Carvalho, Rafael Leao, Vitinha, Joao Mario, Ricardo Horta, Matheus Nunes, Antonio Silva, Goncalo Ramos

Pelatih: Fernando Santos

Ghana (5-3-2)

Lawrence Ati Zigi; Rahman Baba, Mohammes Salisu, Alexander Djiku, Daniel Amartey, Alidu Seidu; Mohamed Kudus, Salis Abdul Samed, Thomas Partey; Inaki Williams, Andrew Ayew

Cadangan: Abdul Manaf Nurudeen, Ibrahim Danlad, Tariq Lamptey, Denis Odoi, Elisha Owusu, Abdul Issahaku, Daniel-Kofi Kyereh, Jordan Ayew, Osman Bukari, Daniel Afriyie, Gideon Mensah, Joseph Aidoo, Kamal-Deen Sulemana, Kamal Sowah, Antoine Semenyo

Pelatih: Otto Addo

Baca Juga
PortugalPiala DuniaRonaldoPiala Dunia 2022Hasil Piala Dunia 2022

Berita Terkini