x

Profil Pemain Garuda Select 5: Nabil Asyura, Bintang Timnas Indonesia U-16 Kini ke Inggris

Jumat, 25 November 2022 09:34 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Nabil Asyura usai membobol gawang Singapura U-16 pada laga kedua fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (03/08/22).

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil pemain Garuda Select 5, Muhammad Nabil Asyura, bintang Timnas Indonesia U-16 yang kini melebarkan sayapnya ke Inggris.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program kerja sama PSSI dan Mola TV untuk mengirimkan sejumlah pemain muda berbakat untuk dilatih di Inggris.

Program pelatihan ini sudah berjalan sejak tahun 2019, dan kini telah memasuki musim kelima, di mana para pemain baru saja tiba di Inggris pada Senin (21/11/22) kemarin.

Di antara belasan pemain asal Indonesia yang dikirim ke Inggris, pemain yang paling dikenal tentu saja Muhammad Nabil Asyura.

Pasalnya, sebelum lolos ke Inggris, Nabil Asyura sudah menjadi pemain inti Timnas Indonesia U-16 yang dilatih oleh Bima Sakti.

Baca Juga

Nabil Asyura merupakan pesepak bola kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat, pada 2 Juli 2006. Kini ia berusia 16 tahun.

Anak dari Bisminto dan Martiliza itu telah menunjukkan kegemarannya bermain sepak bola sejak kecil, sehingga Nabil Asyura pun dimasukkan ke SSB Arafah Payakumbuh.

Baca Juga

Melihat kemampuannya yang luar biasa, tim Liga 3 asal Sumatera Barat, Gasliko 50 Kota langsung merekrut Nabil untuk tim U-15.

Nabil Asyura yang berposisi sebagai striker, kemudian ikut andil dalam Piala Soeratin.

Saat kemampuannya mulai terasah, Nabil hijrah ke PSP Padang. Nabil Asyura lantas berhasil mengantarkan timnya meraih gelar juara ketiga pada Piala Soeratin 2021-2022.

Baca Juga

1. Nabil Asyura, dari Timnas U-16 ke Inggris

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Nabil Asyura usai membobol gawang Singapura U-16 pada laga kedua fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (03/08/22).

Setelah melewati proses panjang sejak usia belia, Nabil Asyura akhirnya dilirik oleh Bima Sakti untuk memperkuat Timnas Indonesia U-16 pada gelaran Piala AFF U-16 2022.

Pada Piala AFF U-16, Nabil tampil dalam lima laga, dan, mencetak empat gol, serta membawa Garuda Muda meraih titel juara.

Dari empat gol tersebut, tiga di antaranya ia lesakkan ke gawang Singapura U-16. Nabil telah mencatatkan hattrick dan membawa Timnas U-19 menang telak dengan skor 9-0.

Satu gol lainnya ia lesakkan ke gawang musuh bebuyutan, yaitu Vietnam U-16.

Masih ada satu gol tambahan yang ia bukukan dalam babak adu penalti kontra Myanmar. Nabil tampil pada urutan kelima, sekaligus menentukan kemenangan Garuda.

Baca Juga

Pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Nabil mencetak satu gol ke gawang Uni Emirat Arab, dan satu gol dari titik penalti ke gawang Guam.

Dengan kualitasnya tersebut, Nabil Asyura sangat layak bermain di tim luar negeri.

Saat ini Nabil tercatat sebagai pemain PPLP Sumatera Barat. Ia belum bergabung ke tim mana pun, di Indonesia atau di luar negeri.

Baca Juga

Program Garuda Select 5 akan menjadi pengalaman pertama bagi Nabil Asyura menimba ilmu sepak bola di Benua Eropa.

Namun, ia harus bersaing dengan striker Garuda Select lainnya. Ada pesaing dari Indonesia, pemain Italia, hingga Afrika.

Apakah Nabil Asyura mampu mendapatkan hati pelatih Garuda Select, untuk menjadi striker utama di Inggris, dan melanjutkan rekor top skor yang dipegang striker Timnas Indonesia, Bagus Kahfi?

Baca Juga
Sumatera BaratTimnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaIn Depth SportsProfil Atlet dan FotoBakat Muda IndonesiaProfil Atlet MudaprofilGaruda SelectPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Timnas IndonesiaNabil Asyura

Berita Terkini