x

Enner Valencia Menggila, 4 Fakta Menarik Usai Ekuador Gagalkan Kemenangan Belanda

Sabtu, 26 November 2022 09:56 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Juni Adi
Selebrasi dari striker sekaligus kapten Timnas Ekuador, Enner Valencia usai mencetak gol ke gawang Belanda dalam laga kedua Grup A Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

INDOSPORT.COM – Berikut empat fakta menarik usai pertandingan Grup A Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Ekuador, di mana salah satunya Enner Valencia menggila.

Belanda harus gagal memastikan langkahnya untuk lolos lebih cepat ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah hanya bermain imbang 1-1 melawan Ekuador.

De Oranje, julukan timnas Belanda, sebenarnya mampu unggul terlebih dahulu saat pertandingan baru berjalan sembilan menit lewat aksi Cody Gakpo.

Gakpo yang berhasil mengecoh lini belakang pertahanan lawan melakukan sepakan keras dari luar kotak penalti Ekuador yang tak mampu dibendung oleh Hernan Galindez.

Gol tersebut membuat pemain 23 tahun membuat dirinya telah mencatatkan dua gol selama debutnya di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Kendati mampu meraih keunggulan terlebih dahulu, Belanda terlihat kerepotan dengan serangan balik yang kerap dipertontonkan oleh Ekuador.

Namun, hingga babak pertama berakhir, keunggulan Belanda masih belum berubah. Memasuki babak kedua, petaka menghinggapi pasukan Louis van Gaal.

Baca Juga

Saat babak kedua baru berjalan sekitar empat menit Ekuador berhasil menyamakan kedudukan melalui aksi striker andalan mereka, Enner Valencia.

Memanfaatkan bola pantul dari sepakan Pervis Estupinan, Enner Valencia yang lolos dari jebakan offside berhasil menjebloskan bola ke gawang Andries Noppert. Skor pun berubah menjadi 1-1 bagi kedua tim dan bertahan hingga akhir pertandingan.

Meski pertandingan antara Belanda dan Ekuador telah usai, sejumlah fakta menarik saat kedua tim bertemu pun mencuat. Fakta-fakta apa sajakah? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. Cody Gakpo Cetak Gol di 2 Pertandingan Debutnya di Piala Dunia

Cody Gakpo, pemain Timnas Belanda. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Fakta pertama yang mencuat selepas pertandingan antara Belanda vs Ekuador adalah soal keberhasilan torehan gol Cody Gakpo.

Cody Gakpo merupakan salah satu pemain yang baru menjalani debutnya bersama Timnas Belanda di Piala Dunia 2022.

Torehan dua golnya di masing-masing laga babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 telah membuatnya mendapat torehan apik dalam melakoni debutnya di Piala Dunia 2022.

Gol pertamanya berhasil ia lesatkan saat Belanda melakoni pertandingan perdana babak penyisihan Grup A saat melawan Senegal yang berakhir dengan skor 2-0 bagi kemenangan De Oranje.

Keberhasilan Gakpo ini juga menjadi bukti bahwa dirinya lebih tajam dibandingkan legenda Timnas Belanda, Ruud van Nistelrooy yang tercatat hanya mencetak satu gol di Piala Dunia.

Baca Juga

Catatan Clean Sheet Ekuador Terhenti

Fakta lain yang menghiasi pertemuan antara Belanda dan Ekuador adalah soal kegagalan La Tri dalam menjaga catatan clean sheet mereka.

Sebagaimana diketahui, sebelum menghadapi Belanda, Ekuador telah mencatatkan diri sebagai tim yang tak pernah kebobolan dalam tujuh laga terakhir mereka.

Baca Juga

Torehan Ekuador tersebut dimulai saat mereka mulai menjalani pertandingan pada Juni 2022 hingga saat ini. Sejak saat itu Ekuador selalu berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan.

Ekuador telah mencatatkan nir-bobol saat menang 1-0 atas Nigeria dan Cabo Verde, bermain imbang 0-0 melawan Meksiko, Jepang, Arab Saudi, dan Irak, serta menang atas tuan rumah Qatar di Piala Dunia 2022.

Namun, torehan mengesankan Ekuador tersebut harus terhenti karena ulah Cody Gakpo yang berhasil membobol gawang Hernan Galindez semalam.

Baca Juga

2. Membuat Qatar Tersingkir

Pervis Estupinan Ekuador merayakan mencetak gol dengan Enner Valencia yang kemudian dianulir REUTERS-Carl Recine

Kemudian selanjutnya adalah hasil imbang Belanda vs Ekuador ternyata turut memberikan dampak kepada kontestan Piala Dunia 2022 yang lain, yakni Qatar.

Hasil imbang tersebut membuat Qatar memastikan diri harus tersingkir di Piala Dunia 2022. Mereka setidaknya menjadi negara pertama yang harus tersingkir di ajang empat tahunan sekali itu.

Qatar sebenarnya masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar, akan tetapi hal itu terjadi jika salah satu di antara Belanda atau Ekuador meraih kemenangan.

Kendati begitu, nasi sudah menjadi bubur, hasil imbang Belanda dan Ekuador setidaknya membuat Qatar harus berlapang dada.

Baca Juga

Enner Valencia, Pencetak 6 Gol Terakhir Ekuador di Piala Dunia

Fakta terakhir yang muncul dalam pertemuan Belanda vs Ekuador adalah soal keberhasilan Enner Valencia yang mencatatkan namanya sebagai salah satu pencetak gol tertajam La Tri di Piala Dunia.

Melansir dari Squawka, Enner Valencia tercatat sebagai pemain yang selalu mencetak enam gol terakhir Ekuador di gelaran Piala Dunia.

Baca Juga

Tiga golnya yang pertama ia cetak saat Piala Dunia 2014 lalu. Saat itu Valencia berhasil menjebol gawang Swiss dan Honduras.

Kemudian, tiga gol sisanya berhasil ia lesatkan saat mengarungi Piala Dunia 2022, di mana ia berhasil menorehkannya saat menghadapi Qatar dan Belanda.

Torehan tersebut membuat Enner Valencia mencatatkan diri sebagai pemain pertama di Piala Dunia yang berhasil mencetatk enam berturut-turut untuk negaranya.

Baca Juga
BelandaEkuadorEnner ValenciaPiala Dunia 2022Cody Gakpo

Berita Terkini