x

Hasil Piala Dunia 2022 Polandia vs Arab Saudi: Lewandowski Pecah Telur, The Orly Tatap 16 Besar!

Sabtu, 26 November 2022 22:09 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Robert Lewandowski dan Piotr Zielinsi menjadi pembeda dalam laga Grup C Piala Dunia 2022 antara Polandia vs Arab Saudi pada Sabtu (26/11/22) malam. REUTERS- Kai Pfaffenbach

INDOSPORT.COM - Robert Lewandowski dan Piotr Zielinsi menjadi pembeda dalam laga Grup C Piala Dunia 2022 antara Polandia vs Arab Saudi pada Sabtu (26/11/22) malam di Education City Stadium.

Satu gol dari masing-masing pemain tadi memastikan The Orly menggusur The Green Falcon dari puncak klasemen kumpulan sekaligus membuka lebar peluang menuju 16 besar.

Demi menjaga kans mereka untuk lolos ke 16 besar, Polandia menurunkan skuat berpengalaman dalam laga ini. Rataan umur starting XI mereka adalah 29 tahun 124 hari dan jadi rekor tertua mereka di ajang Piala Dunia.

Kendati demikian Saudi tidak gentar. Mereka meladeni lawan dengan permainan terbuka meski tetap berhati-hati agar setiap possesion tidak terbuang percuma.

Saudi mengancam lebih dulu di menit ke-14 melalui Mohamed Kanno namun tembakannya masih bisa diamankan dengan baik oleh kiper Wojciech Szczesny.

Baca Juga

Polandia cukup kesulitan untuk menahan agresifitas Saudi dan sampai-sampai mereka sudah harus mengoleksi tiga kartu kuning sebelum pertandingan genap berusia 20 menit.

Walau begitu wakil Eropa kemudian jadi pemecah kebuntuan setelah di menit ke-39 Piotr Zielinski menjebol gawang Mohammed Khalil Al Owais.

Baca Juga

Bermula dari peluang emas yang gagal dimaksimalkan oleh Robert Lewandowski, bola rebound kemudian bisa dikuasai sang striker sebelum dikirim sebagai assist untuk Zielinski.

Laga Polandia vs Arab Saudi tiba-tiba semakin seru jelang peluit tanda jeda usai pelanggaran Krystian Bielik pada Saleh Al Sheri di kotak terlarang berbuah penalti.

Sayang bagi wakil Asia kesempatan dari titik putih yang dihadapi Salem Al Dawsari justru dimentahkan oleh Szczesny. Begitu juga dengan usaha menceploskan rebound yang masih bisa dihalau buku jari stopper milik Juventus tersebut.

Baca Juga

1. Babak Kedua

Selebrasi Pemain Polandia Usai Cetak Gol ke Gawang Arab Saudi di Piala Dunia 2022

Tertinggal saat masuk ruang ganti meski bermain dengan baik membuat Arab Saudi semakin bernafsu di paruh kedua. Pelatih Herve Renard memasukkan Nawaf Alabid dari bangku cadangan guna menambah kaki-kaki segar memasuki babak penentuan.

Al Dawsari yang penaltinya gagal di paruh pertama dua kali mendapat kans untuk akhirnya memaksa Szczesny memungut bola dari gawang namun tampaknya kiper 32 tahun itu masih terlalu tangguh.

Performa top Szczesny kemudian menginspirasi lini depan Polandia. Arkadiusz Milik dan Lewandowski masing-masing sekali punya peluang yang justru membentur tiang gawang Saudi.

Akhirnya gol kedua Polandia baru benar-benar lahir di menit 82 via Lewandowski. Memanfaatkan blunder dari Abdulelah Al Malki, bomber 34 tahun itu pun mencatatkan gol perdananya di Piala Dunia 2022 dan Piala Dunia secara keseluruhan.

Memasuki masa injury time yang berdurasi tujuh menit laga masih berjalan dengan ketat. Saudi yang tertinggal dua gol seakan merasa bisa membalikkan keadaan.

Baca Juga

Hanya saja nasib berkata lain. Peluit panjang laga Polandia vs Arab Saudi kemudian dibunyikan kala papan skor menunjukkan angka 2-0.

Susunan Pemain Polandia vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022

Polandia (4-4-1-1): Wojciech Szczesny, Matty Cash, Kamil Glik, Jakub Kiwior, Bartosz Bereszynski, Piotr Zielinski, Grzegorz Krychowiak, Krystian Bielik, Przemyslaw Frankowski, Arkadiusz Milik, Robert Lewandowski

Cadangan: Lukasz Skorupski, Kamil Grabara, Artur Jedrzejczyk, Mateusz Wieteska, Jan Bednarek, Damian Szymanski, Kamil Grosicki, Jakb Kaminski, Karol Swiderski, Szymon Zurkowski, Sebastian Szymanski, Nicola Zalewski, Krzysztof Piatek, Robert Gummy, Michael Skoras

Baca Juga

Arab Saudi (4-3-3): Mohammed Khalil Al Owais, Saud Abdulhamid, Abdulelah Al Amri, Ali Al Bulayhi, Mohammed Al Breik, Sami Al Najei, Abdulelah Al Malki, Mohamed Kanno, Firas Al Birakan, Saleh Al Shehri, Salem Al Dawsari

Cadangan: Mohammed Alyami, Nawaf Al Aqidi, Abdullah Madu, Hassan Al Tambakti, Sultan Alganham, nasser Al Dawsari, Ali Al Hassan, Abdullah Otayf, Nawaf Shaker Al Abed, Abdulrahman Alobud, Hattan Bahebri, Haitham Mohammed Asiri

Baca Juga
 
Robert LewandowskiPolandiaArab SaudiPiala Dunia 2022Piotr ZielinskiHasil Piala Dunia 2022

Berita Terkini