x

Cuma GOAT yang Bisa, Lionel Messi Sukses Pecahkan Rekor Unik Ini di Piala Dunia 2022

Minggu, 27 November 2022 15:55 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Prio Hari Kristanto
Tendangan kiri Lionel Messi ke arak gawang Mesiko membuahkan gol pertamanya di grup C Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM - Kemenangan Argentina atas Meksiko di penyisihan Grup C Piala Dunia 2022, membuat Lionel Messi menciptakan rekor absurd dengan Argentina.

Publik Argentina sempat dibuat terkejut dengan penampilan perdana timnya di Piala Dunia 2022 Qatar saat menghadapi Arab Saudi dalam penyisihan Grup C pada Selasa (22/11/2022).

Diunggulkan banyak pihak dengan meraih kemenangan besar, Lionel Messi cs justru dibuat terkejut dengan comeback yang luar biasa dari timnas Arab Saudi.

Sempat unggul pada babak pertama lewat gol penalti Lionel Messi, timnas Argentina dibuat merasakan kekalahan setelah meraih 36 kemenangan beruntun dengan kalah lewat skor 2-1 menghadapi Arab Saudi.

Akibat kekalahan tersebut, peluang timnas Argentina untuk melangkah lebih jauh ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar sedikit dibuat was-was.

Baca Juga

Pasalnya, timnas Argentina diwajibkan meraih kemenangan di laga selanjutnya dan langkah untuk meraih kemenangan dipastikan tidak akan mudah karena tim yang akan dilawan adalah Meksiko.

Tak ingin berputus asa, Argentina berencana tampil habis-habisan menghadapi Meksiko untuk tetap menjaga asa bertahan di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Saat pertandingan berlangsung pada Minggu (27/11/2022) dini hari WIB, Argentina terbukti langsung tampil menekan di menit-menit awal menghadapi Meksiko di Stadion Lusail Iconic.

Sayangnya, La Pulga baru bisa membantu Argentina memecah kebuntuan lewat gol di luar kotak penalti yang terjadi pada pertengahan babak kedua.

Di penghujung pertandingan, Lionel Messi kembali memberikan kontribusinya dengan mencetak assist yang disempurnakan lewat gol yang diciptakan oleh Enzo Fernandes.

Baca Juga

1. Messi Pencipta Assist Termuda dan Tertua

Selebrasi Lionel Messi dari usai menjebol gawang Meksiko di grup C Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Pedro)

Hingga pertandingan berakhir, Argentina berhasil menjaga asanya tetap di Piala Dunia 2022 dengan meraih kemenangan atas Meksiko lewat skor 2-0.

Berkat kemenangan ini, timnas Argentina berada di urutan kedua klasemen Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin. Sedangkan Meksiko jadi juru kunci lewat torehan satu angka saat ditahan imbang Polandia.

Selain membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar, kemenangan Argentina atas Meksiko juga terasa spesial untuk Lionel Messi karena sukses memecahkan rekor di level timnas.

Berkat satu gol melawan Meksiko, Lionel Messi tercatat sudah mencetak delapan gol sepanjang keikutsertaanya di Piala Dunia di mana jumlah gol tersebut sama dengan gol yang dimiliki Diego Maradona.

Menariknya, ada catatan unik mengenai gol yang dimiliki Messi dan Maradona, mereka sama-sama telah mencetak 8 gol hasil dari menjalani 21 pertandingan bersama Argentina.

Baca Juga

Saat ini rekor pencetak gol terbanyak untuk Argentina di Piala Dunia masih dipegang legenda Fiorentina, Gabriel Batistuta, yang mampu mencetak 10 gol di Piala Dunia.

Selain rekor tersebut Lionel Messi juga mengikuti langkah Cristiano Ronaldo yang mampu membuat rekor sebagai pemain yang selalu mencetak gol pada lima edisi Piala Dunia berbeda.

Baca Juga

Namun Messi menyamai rekor Ronaldo bukan pada kategori gol, melainkan assist. Messi tercatat sebagai pemain pertama yang mampu membuat assist pada lima edisi Piala Dunia secara beruntun di mana La Pulga telah membuat enam assist dari lima edisi Piala Dunia yang ia mulai dari 2006 lalu.

Lionel Messi kemudian juga memecahkan rekor yang bisa dikatakan cukup absurd karena mampu jadi assist termuda dan sekaligus tertua untuk timnas Argentina di Piala Dunia, yakni saat Tim Tango mengalahkan Meksiko, Messi menciptakan assist di usia 35 tahun dan 155 hari.

Sedangkan Messi pernah bikin rekor menciptakan asisst sebagai pemain termuda di Piala Dunia 2006 ketika dirinya berusia 18 tahun dan 357 hari saat Argentina menghadapi Serbia.

Baca Juga

Sumber: Goal

MeksikoArgentinaLionel MessiPiala DuniaPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini