x

Suruh Pemainnya Foto dengan Messi! Bocor 'Pep Talk' Pelatih Arab Saudi di Ruang Ganti

Minggu, 27 November 2022 11:50 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Terungkap ‘Pep Talk’ atau kata penyemangat Herve Renard yang menyuruh pemainnya berfoto dengan Messi kala laga Argentina vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Terungkap ‘Pep Talk’ atau kata penyemangat Herve Renard yang menyuruh pemainnya berfoto dengan Messi kala laga Argentina vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022.

Kemenangan Arab Saudi atas Argentina masih menjadi topik panas hingga saat ini. Pasalnya bukan perkara yang mudah untuk mengalahkan Lionel Messi cs.

Apalagi, Arab Saudi berstatus sebagai tim Asia yang tak diunggulkan dalam laga kali ini. Tentu kemenangan ini menjadi catatan sejarah bagi tim yang berjuluk Elang Hijau itu.

Kemenangan Arab Saudi tak lepas dari peran sang pelatih, Herve Renard. Baru-baru ini mencuat ke publik video pembicaraan juru taktik asal Prancis di ruang ganti kala pertandingan melawan Argentina.

Kala itu, Herve Renard memberikan motivasi yang tinggi kepada pemain yang tertinggal 1-0 pada babak pertama. Sebagai informasi, Argentina unggul melalui gol penalti Lionel Messi.

Baca Juga

Terlihat dalam unggahan akun Facebook Oh My Goal, Herve Renard membara memberi tahu anak asuhnya untuk melakukan pressing bukannya diam ketika berhadapan dengan Messi.

“Kalian harusnya tahu untuk menandai pergerakan dia (Messi). Ambil ponselmu, kamu bisa berfoto dengan Lionel Messi jika mau,” kata Herve Renard.

Baca Juga

“Kamu berada di barisan pertahanan. Kalau enggak ada orang, kamu harus mengikuti dia (Messi),” tambah Herve Renard sambil berapi-api.

Selain itu, dalam keadaan tertinggal 1-0, Herve Renard memberikan kata yang membakar semangat skuad Elang Hijau. Ia mengatakan “Kita harus comeback,”

Benar saja, Arab Saudi berhasil mengejar ketertinggalan bahkan membalikkan keadaaan dengan meraih kemenangan melawan Argentina dengan dua gol pada babak kedua.

Baca Juga

1. Herve Renard ‘James Bond’ Arab Saudi

Herve Renard (baju putih) selebrasi bersama tim dan anak asuhnya, Zambi.

Herve Renard menjadi perbincangan publik usai sukses membawa Arab Saudi menang atas Argentina pada pertandingan perdana di Grup C Piala Dunia 2022.

Tak hanya itu, baru-baru ini, video Herve Renard membakar semangat pemain Elang Hijau menjadi viral karena ketegasannya dan semangat yang berapi-api.

Bahkan, juru taktik asal Prancis itu dijuluki ‘James Bond’ oleh beberapa penggemar Australia. Ya, James Bond merupakan karakter fiksi yang kerap mengenakan setelan pakaian rapi dan elegan, mirip dengan karakter Herve Renard.

Nama Herve Renard mungkin asing bagi sebagian pencinta sepak bola. Pasalnya, ia bermain dengan klub-klub yang cenderung tak memiliki nama besar.

Lahir di Prancis, Herve Renard bergabung dengan klub-klub kecil sebagai pemain. Seperti Cannes, Stade de Vallauris hingga SC Draguignan.

Baca Juga

Herve Renard sendiri memiliki karier yang panjang bersama dengan Stade de Vallauris, yang notabene merupakan klub divisi bawah Liga Prancis.

Pensiun dari karier sebagai pemain, Herve Renard menjajal peruntungannya menjadi seorang pelatih. Ia pernah melatih klub asal Inggris, Cambridge United, hingga berkelana ke Vietnam bersama klub Nam Dinh.

Baca Juga

Sementara itu, karier berlatih untuk level tim nasional, Herve Renard berkelana ke Afrika dengan menakhodai timnas Zambia, dan berhasil menggondol satu gelar Piala Afrika 2012.

Masih berkiprah di Benua Afrika, Herve Renard berhasil mengantarkan Pantai Gading meraih gelar juara Piala Afrika 2015. Ini merupakan gelar kedua juru taktik asal Prancis di Benua Hitam.

Kini, Herve Renard kembali mencetak sejarah bagi tim Arab Saudi setelah berhasil melumat habis Argentina di Piala Dunia 2022. Sungguh, pencapaian yang luar biasa.

Baca Juga

Sumber: Facebook Oh My Goal

Lionel MessiArab SaudiPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022Herve Renard

Berita Terkini