x

Profil Pemain Garuda Select 5: Darel Valentino, Wonderkid Persib Kini Mentas di Inggris

Minggu, 27 November 2022 12:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Profil pemain Garuda Select 5, Muhammad Darel Valentino, bibit muda dari Persib Bandung yang akan mentas di Inggris. (Foto: Instagram@akademipersibcimahi)

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil pemain Garuda Select 5, Muhammad Darel Valentino, bibit muda dari Persib Bandung.

Pemain jebolan Akademi Persib Bandung di Liga 1 U-18, Muhammad Darel Valentino Erlangga sudah tiba di Inggris pada Senin (21/11/22), untuk membela Garuda Select.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program kerja sama PSSI dan Mola TV untuk mengirimkan sejumlah pemain muda berbakat untuk dilatih di Inggris.

Program pelatihan ini sudah berjalan sejak tahun 2019, dan kini telah memasuki musim kelima, yang dihelat pada tahun 2022-2023.

Setelah melalui serangkaian seleksi ketat, Darel Valentino akhirnya memastikan jika ia lolos seleksi dan layak bermain di Inggris.

Baca Juga

Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu pun mengaku senang bisa mendapat kesempatan berharga berlatih di Eropa.

"Senang bisa masuk tim Garuda Select untuk berlatih dan mengembangkan kemampuan agar lebih baik dari yang sebelumnya," ungkap Darel Valentino.

Baca Juga

"Tidak hanya secara teknik, Darel juga ingin lebih baik dari segi sikap," ujarnya, dilansir dari laman resmi Persib Bandung.

"Dua hari pertama ada di sini (Inggris) mungkin masih adaptasi. Tapi sekarang sudah normal," ucap pemain 16 tahun itu.

"Saya sudah latihan dua kali sehari. Semoga setelah dari sini (Garuda Select) saya bisa kembali ke Persib dan buat semua orang bangga," tambah Darel Valentino lagi. 

Baca Juga

1. Darel Valentino, Calon Jenderal Lapangan Tengah Garuda Select

M. Darel Valentino, pemain Persib Bandung lolos seleksi Garuda Select 5. (Foto: Instagram@akademipersibcimahi)

Perlu diketahui, sebelum bermain di Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-18 2022, Darel Valentino menimba ilmu di Akademi Persib Cimahi. Ia pesepak bola asli Jawa Barat.

Saat merintis karir, Darel Valentino pernah bermain untuk Roksi FC, dan berlaga di Liga Belajar Bola Bareng Persija di tahun 2022.

Bersama Persib Bandung U-18 di Elite Pro Academy 2022, M. Darel Valentino tercatat tampil sebanyak 13 kali selama 1.079 menit.

Sang gelandang mencetak 1 gol dan 2 assist, sekaligus membawa Maung Ngora menjadi semifinalis Elite Pro Academy U-18.

Satu kelebihannya yang membuat talent scouting asal Inggris langsung 'jatuh hati' pada Darel Valentino, yakni postur tubuh yang menjulang dan mencapai 178 cm.

Baca Juga

Darel Valentino dinilai sebagai gelandang bertahan yang ideal, untuk menjadi jenderal lapangan tengah saat melawan tim Inggris.

Bersama Garuda Select besutan Dennis Wise dan Des Walker, Darel Valentino akan berlatih dan uji coba di Inggris selama enam bulan, hingga April 2023 mendatang.

Baca Juga

Pemain kelahiran 6 Mei 2005 itu bertekad memanfaatkan setiap kesempatan untuk meningkatkan kemampuannya di Eropa.

Darel tentu berharap bisa meneruskan jejak Kakang Rudianto, bek Garuda Select yang kini direkrut oleh tim senior Persib Bandung.

Darel juga menyimpan ambisi untuk menyusul Erlangga Setyo, kiper Persib Bandung binaan Garuda Select yang jadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20.

Baca Juga
InggrisPersib BandungProfil Atlet dan FotoBakat Muda IndonesiaProfil Atlet MudaprofilGaruda SelectPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini