x

Profil Jonathan David, Bintang Kejutan Kanada di Piala Dunia 2022 yang Siap Gabung AC Milan

Jumat, 2 Desember 2022 15:05 WIB
Editor: Juni Adi
Jonathan David, penyerang Lille, saat berduel dengan bek Chelsea yakni Thiago Silva (Foto: Reuters/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM - Jonathan David tengah jadi komoditi panas jelang bursa transfer musim dingin karena performa apiknya bersama AC Milan dan Timnas Kanada di Piala Dunia 2022.

Timnas Kanada harus menelan hasil mengecewakan saat tampil di Piala Dunia 2022. Ini merupakan pertama kalinya mereka bisa bermain di putaran final sejak terakhir kali pada 1986 lalu.

Kanada tergabung di Grup F bersama negara-negara kuat macem Belgia, Kroasia dan Maroko. Dari tiga laga yang sudah dilakoni, Kanda belum mampu meraih satu pun poin.

Mereka selalu kalah dari tiga pertandingan babak penyisihan grup. Tumbang 1-0 dari Belgia, dibantai Kroasia 4-1 dan kalah tipis dari Maroko 2-1.

Alhasil Kanada berada di dasar klasemen dan dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022. Sebelum turnamen empat tahunan itu bergulir, Kanada disebut-sebut akan jadi kuda hitam.

Baca Juga

Sebab tim besutan pelatih John Herdman ini dihuni banyak pemain berkualitas bintang, yang berkarier di Eropa. 

Agar tidak mengecewakan di Qatar, John Herdman dituntut mempersiapkan skuatnya yang didominasi oleh para pemain muda.

Baca Juga

Tercatat, umur skuat timnas Kanada saat ini memiliki rata-rata 25,6 tahun dengan pemain paling senior berumur 35 tahun.

Nama-nama seperti Tajon Buchanan serta Alphonso Davies akan menjadi pilar andalan Les Rouges, namun ada satu pilar yang akan siap mengancam pertahanan lawan di turnamen tersebut yaitu Jonathan David.

Ekspektasi tinggi disandingkan untuk Jonathan David yang diharapkan bisa jadi tumpuan Kanada di lini depan.

Baca Juga

Statusnya sebagai pemain tersubur ketiga di Liga Prancis dengan torehan 9 gol dan 3 assist, jadi salah satu alasannya.

Namun sayang bomber berusia 22 tahun itu gagal menunjukan ketajamannya. Dari tiga pertandingan babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, ia belum mampu menjebol gawang lawan.


1. Diincar Klub Besar Termasuk AC Milan

Pemain AC Milan bereaksi setelah wasit Daniel Siebert memberi kartu merah kepada Fikayo Tomori dari AC Milan dan memberi Chelsea penalti REUTERS-Daniele Mascolo

Meski Jonathan David belum bisa berkontribusi nyata untuk timnas Kanada di Piala Dunia 2022, namun kualitasnya sebagai penyerang muda potensial tetap diminati banyak klub top Eropa.

Salah satunya adalah AC Milan. Klub raksasa Liga Italia (Serie A) itu sejaka lama I Rossoneri memang sudah menaruh minat dan sebentar lagi kedua pihak mungkin akan disatukan.

Menurut laporan dari Corriere dello Sport, David sudah bukan nama yang kedengarannya asing di telinga bagi AC Milan.

Saat masih menjadi direktur untuk Lille, klub Jonathan David saat ini, Luis Campos pernah menawarkan sang pemain pada direksi AC Milan namun tidak mendapat respon positif.

Mungkin karena kala itu David masih berusia remaja dan belum punya cukup popularitas di level klub maupun internasional.

Campos yang sekarang bekerja untuk Paris Saint-Germain memberikan kesempatan pada AC Milan untuk menebus pemainnya dengan harga 27 juta Euro.

Apabila dikonversi menjadi Rupiah, nominalnya sekitar 437 miliar. Cukup tinggi untuk seorang wonderkid sekalipun.

AC Milan masih sangat berminat pada David dan bisa membuat pergerakan dalam waktu dekat.

Kontrak si pemain bersama Lille masih berlaku hingga Juni 2025 dan sekarang dibanderol dengan harga 45 juta Euro oleh situs Transfermarkt.

Setelah Piala Dunia 2022, bursa transfer musim dingin 2023 akan dibuka dan tidak menutup kemungkinan Jonathan David akan kita lihat segera berbaju AC Milan.


2. Profil Jonathan David

Jonathan David, penyerang Lille, saat berduel dengan bek Chelsea yakni Thiago Silva (Foto: Reuters/Matthew Childs)

Jonathan David mengawali karier sepak bolanya bergabung dengan klub lokal Ottawa Gloucester.

David terus mengasah kemampuannya di Ottawa hingga ia dipantau oleh pemandu bakat klub Belgia, Gent dan diboyong ke Belgia pada 2017.

Perlahan berkembang dengan Gent, David menjalani musim terbaiknya pada 2019/20 dengan catatan 23 gol dan 10 assists, dan bahkan hampir menyingkirkan AS Roma di babak 32 besar Liga Europa.

Berkat torehan moncernya selama di Belgia, David kemudian menjadi incaran bagi klub-klub top Eropa saat itu. Mulai dari Arsenal, Chelsea.

Tottenham Hotspur, mengincarnya. Namun, David memilih untuk menjajal kompetisi Liga Prancis dengan menerima pinangan dari Lille dengan dana transfer mencapai 27 juta euro.

Baca Juga

Keputusannya menerima pinangan klub Prancis itu nyatanya memberikan kesan positif dalam perkembangan diri dalam seorang Jonathan David.

Performa Jonathan David lebih cocok dinilai saat bersama Lille. Pada paruh pertama 2022/2023 ia sudah punya sembilan gol dan 3 assist hanya dari 15 pertandingan Liga Prancis.

Baca Juga

Ia semakin matang untuk bisa diandalkan sebagai ujung tombak Les Douges. Total selama dua setengah musim di Stade Pierre-Mauroy David sudah mengemas 41 gol dari 111 penampilan lintas ajang.

Namanya masuk dalam skuat yang pada dua tahun lalu membantu Lille memutus dominasi PSG di Prancis dan memenangi liga.

Andai performanya terus dipertahankan, bukan tidak mungkin dalam bursa transfer terdekat akan ada kabar ia akan berganti klub layaknya bintang-bintang yang diorbitkan Lille terdahulu.

Baca Juga
Piala DuniaAC MilanPiala Dunia 2022KanadaJonathan DavidTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini