x

Sebelum Goncalo Ramos, 3 Legenda Portugal Sudah Pernah Cetak Hattrick di Piala Dunia

Kamis, 8 Desember 2022 09:12 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Penyerang Portugal, Joao Felix (kanan) merayakan kemenangan gol dari rekannya Goncalo Ramos saat melawan Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Carl Recine).

INDOSPORT.COM - Keberhasilan Goncalo Ramos mencetak hattrick di Piala Dunia, ia mengikuti jejak tiga pendahulunya yang mencetak hattrick di Piala Dunia.

Portugal melanjutkan kiprahnya di Piala Dunia 2022 dengan berhasil menembus babak perempatfinal usai mengalahkan Swiss, Rabu (07/12/22).

Dalam duel tersebut, Portugal yang turun tanpa Cristiano Ronaldo mampu menggasak Swiss dengan skor meyakinkan, yakni 6-1.

Pesta gol Portugal sudah tercipta sejak paruh pertama baru berjalan 17 menit. Adalah Goncalo Ramos yang berhasil membuka keunggulan.

Setelahnya giliran Pepe yang berhasil mencetak gol dan menutup paruh pertama Portugal vs Swiss dengan skor 2-0 untuk keunggulan Selecao das Quinas.

Baca Juga

Di babak kedua, Portugal makin menggila saat Goncalo Ramos mencetak gol keduanya di laga ini dan dilanjutkan oleh gol Raphael Guerreiro di menit ke-55.

Swiss pun mengejar ketertinggalan lewat gol Manuel Akanji di menit ke-58. Tapi gol tersebut dibalas Portugal kembali lewat Hattrick Goncalo Ramos yang dicetak di menit ke-67.

Baca Juga

Unggul lima gol, Portugal pun memasukkan Cristiano Ronaldo di menit ke-73. Menjelang bubaran, Selecao das Quinas kembali menambah gol lewat Rafael Leao dan menutup laga dengan skor 6-1.

Berkat kemenangan 6-1 atas Swiss ini, Portugal berhasil melangkah ke perempatfinal dan akan bersua Maroko untuk memperebutkan tiket ke semifinal Piala Dunia 2022.

Nama Goncalo Ramos sontak menjadi buah bibir karena penampilan ciamiknya membuat hattrick, yang lebih spesial lagi ia jadi andalan menggantikan Cristiano Ronaldo.

Sang megabintang itu dicadangkan oleh pelatih Fernando Santos, dan baru dimainkan di menit ke-73 menggantikan Joao Felix.

Baca Juga

Dengan keberhasilan Goncalo Ramos mencetak hattrick di Piala Dunia, ia mengikuti jejak tiga pendahulunya yang mencetak hattrick di Piala Dunia.


1. Eusebio

Pemain megabintang dan kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo saat bermain di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Suhaib Salem).

Legenda sepak bola Portugal, Eusebio, menjadi pemain pertama Selecao yang mampu membuat tiga gol di ajang Piala Dunia dalam satu pertandingan atau hattrick.

Ia menciptakannya di Piala Dunia 1966 saat Portugal melawan Korea Utara dan menang 5-3. Usai turnamen, meski Portugal tidak juara tapi Eusebio meraih gelar top skor dengan 9 gol.

Baca Juga

Pauleta 

Selanjutnyada ada Pauleta di Piala Dunia 2002. Saat itu ia Portugal berhadapan dengan Polandia di babak penyisihan grup.

Portugal menang 4-0, masing-masing gol diciptakan oleh Paulte (3) dan Rui Costa (1). Sayang, Portugal gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Cristiano Ronaldo

Portugal bertemu Spanyol dalam pertandingan fase grup Piala Dunia 2018. Cristiano Ronaldo langsung membuka keunggulan Portugal ketika tendangan penaltinya tak mampu ditepis David De Gea.

Baca Juga

Ronaldo kemudian mencetak hattrick dengan tambahan dua gol. Torehan tersebut membuatnya menjadi pencetak hattrick tertua pada usia 33 tahun 130 hari.

Sayang, Portugal gagal menang usai Spanyol membalas tiga gol dari Diego Costa dan Nacho.

Cristiano RonaldoSwissPortugalPiala DuniaPiala Dunia 2022Goncalo RamosTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini