x

Piala Dunia 2022: Deretan Aksi Nyeleneh Ronaldo Saat Portugal Pesta Gol Lawan Swiss

Rabu, 7 Desember 2022 15:14 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Cristiano Ronaldo tetap jadi pusat perhatian dengan aksi nyleneh meski jadi pemain cadangan di babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Portugal vs Swiss. REUTERS-Wolfgang Rattay

INDOSPORT.COM – Cristiano Ronaldo hanya jadi pemain cadangan pada pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 antara Portugal vs Swiss. Meski demikian, ada saja aksi nyeleneh yang membuat CR7 tetap jadi pusat perhatian.

Portugal memetik kemenangan besar atas Swiss pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Lusai Stadium, Rabu (07/12/22) dinihari WIB. Hasilnya, Portugal menang 6-1 atas Swiss.

Kapten tim, Cristiano Ronaldo secara mengejutkan diparkir di bangku cadangan. Pelatih Portugal, Fernando Santos, kemudian menurunkan penyerang muda 21 tahun, Goncalo Ramos.

Keputusan tersebut berbuah manis. Ramos berhasil memborong tiga gol ke gawang Swiss. Sementara tiga gol Portugal lainnya dicetak oleh Pepe, Raphael Guerreiro, dan Rafael Leao.

Swiss hanya bisa membalas dengan satu gol Manuel Akanji. Laga tuntas untuk kemenangan Selecao das Quinas 6-1.

Baca Juga

Kemenangan ini membawa Portugal melaju ke babak delapan besar Piala Dunia 2022. Mereka sudah ditunggu Maroko untuk duel perebutan tiket ke semifinal.

Melansir dari data WhoScored, Selecao das Quinas memegang penguasaan bola sebesar 52 persen. Selain itu, Portugal juga melepaskan 13 tembakan yang 8 di antaranya tepat sasaran.

Baca Juga

Cristiano Ronaldo dimasukkan pada menit ke-73, tepat di saat bersamaan Ramos ditarik keluar.

Mantan pemain Manchester United tersebut sejatinya sempat membobol gawang Swiss pada menit ke-82, tapi dianulir wasit akibat offside.

Terlepas dari golnya yang tak dianggap tersebut, Ronaldo juga melakukan sederetan aksi nyeleneh selama laga Portugal vs Swiss yang mencuri perhatian publik. Berikut ini ulasanya:

Baca Juga

1. Kabur dari Lapangan

Selebrasi pemain Portugal usai unggul atas Swiss dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach).

Melansir dari Sportbible, Ronaldo kedapatan meninggalkan lapangan terlebih dulu di saat rekan-rekannya di timnas Portugal larut dalam euforia kemenangan atas Swiss.

Ronaldo tampak berjalan sendirian ke ruang ganti. Pemandangan ini sontak menjadi sorotan sekaligus menguatkan spekulasi bahwa dirinya tak senang jadi pemain cadangan.

Aksi Ronaldo ini menambah deretan kontroversi pemain berusia 37 tahun tersebut. Sebelum ke Piala Dunia 2022, dia juga bermasalah dengan Manchester United yang berujung perpisahan.

Kemudian saat Portugal menghadapi Korea Selatan di laga pamungkas Grup H dan kalah 1-2, Ronaldo sempat meneriakkan kata-kata kotor di bangku cadangan.

Saat itu Ronaldo ditarik keluar oleh Fernando Santos pada menit 65 dan digantikan oleh Andre Silva. Santos secara terang-terangan mengaku tidak senang dengan sikap tersebut.

"Saya tidak menyukainya. Sama sekali tidak. Saya benar-benar tidak menyukainya, dan sejak saat itu masalah sudah selesai," ujar Santos, dikutip dari ESPN.

 

Bikin Wartawan Gagal Fokus

Keberadaan Cristianto Ronaldo di bangku cadangan selama 73 menit pada pertandingan Portugal vs Swiss mencuri perhatian para wartawan.

Tampak pada foto yang diunggah akun Sportbible, para wartawan mengarahkan kameranya ke bangku cadangan timnas Portugal hanya untuk mengabadikan momen Ronaldo.

Momen ini berlangsung saat seremoni lagu kebangsaan diputar sebelum kickoff Portugal vs Swiss dimulai.


2. Masih Bisa Pakai Ban Kapten

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo mengukir rekor baru usai mencetak gol ke gawang Ghana di laga pertama Grup H Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

Menggantikan Joao Felix , Cristiano Ronaldo mendapatkan kehormatan untuk tetap mengenakan ban kapten. Saat itu, ban kapten diberikan oleh pemain tertua timnas Portugal, Pepe.

Ronaldo juga terlihat semringah saat mengenakan ban kapten tersebut sebelum masuk ke lapangan.

Tentu saja hal ini jadi kabar gembira untuk para penggemarnya karena Santos sempat menyatakan dirinya tak menjamin Ronaldo bakal tetap pakai kapten. 

Eks pemain Real Madrid dan Juventus itu sendiri tetap memberikan yang terbaik dalam permainannya selama 17 menit pada akhir laga.

Melansir dari Sofascore, dirinya tercatat melakukan tujuh kali sentuhan bola. Dari lima kali melepaskan umpan, empat di antaranya tepat sasaran dengan akurasi 80 persen.


Sok Akrab dengan Ball Girl

Meski suasana hatinya disinyalir tengah kecut lantaran dicadangkan, Cristiano Ronaldo masih mau menebar senyuman di sekitarnya.

Momen ini terjadi saat Ronaldo sudah dimainkan di menit-menit akhir. Ball girl tersebut memberikan bola kepada Ronaldo dan disambut senyuman manis sang kapten.

Sang ball girl tersebut juga tampak senang bisa berinterasksi dengan pemenang lima kali Ballon d’Or walaupun hanya sebentar.

Cristiano RonaldoSwissPortugalPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini