x

Termasuk Messi, 5 Pemain Top Ini Gagal Tendangan Penalti di Piala Dunia 2022

Kamis, 15 Desember 2022 17:29 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Reaksi Lionel Messi usai timnya kalah atas Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 sudah menuntaskan babak semifinal. Sejauh ini, turnamen akbar ini sudah menemukan 5 pemain top yang gagal tendangan penalti. 

Piala Dunia 2022 menyajikan banyak drama yang terjalin sejak fase grup, yang dimulai dari Arab Saudi menaklukkan Argentina di pekan pertama. 

Baca Juga

Lalu ada Jepang yang mampu mengalahkan Jerman dan Spanyol di fase grup. Di babak 16 besar, Spanyol juga tersingkir oleh Maroko. 

Brasil, negara yang diunggulkan untuk menjadi juara Piala Dunia 2022 juga disingkirkan Kroasia di babak perempatfinal. 

Banyak sekali kejutan yang terjadi di turnamen empat tahunan antarnegara ini, salah satunya adalah sederet pemain top yang gagal tendangan penalti. 

Baca Juga

Memang, para pemain top sudah berhasil menunjukkan tajinya seperti Lionel Messi dan Kylian Mbappe berada di puncak daftar top skorer Piala Dunia 2022. 

Kedua bintang yang masing-masing dari Argentina dan Prancis itu mencetak lima gol selama turnamen ini. 

Ada juga pemain bintang Maroko, Achraf Hakimi yang mampu menggendong negaranya hingga babak semifinal, meski tersingkir oleh Prancis. 

Baca Juga

Luka Modric juga punya performa apik di lini tengah Kroasia, khususnya ketika menyingkirkan Brasil di perempatfinal. 

Lantas siapa saja pemain top yang gagal dalam tendangan penalti? Berikut kami sudah rangkum 5 pemain kelas dunia yang gagal menjadi algojo tendangan penalti. 


1. 1. Robert Lewandowski

Robert Lewandowski dari Polandia mencetak gol pertama dari titik penalti ke gawang Prancis di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

Robert Lewandowski merupakan bomber ganas yang membela Polandia di Piala Dunia 2022. Selama negaranya bermain di Qatar, dia mencetak dua gol. 

Namun Lewandowski juga punya kesempatan mencetak gol ketiga lewat tendangan penalti di laga fase grup kontra Meksiko. 

Baca Juga

Tapi sayang, kiper ikonik Meksiko Guillermo Ochoa berhasil menggagalkan tendangan penalti bomber yang kini membela Barcelona itu. 

2. Lionel Messi

Lionel Messi menjadi pemuncak daftar top skor Piala Dunia 2022 bersama Mbappe dengan torehan lima gol sejauh ini. 

Tiga dari lima gol itu tercipta dari eksekusi tendangan penalti. Namun di Qatar, ternyata Messi sempat sekali gagal sebagai algojo penalti. 

Baca Juga

Kegagalan itu terjadi ketika fase grup di laga Argentina vs Polandia di Grup C. Eksekusi La Pulga berhasil digagalkan oleh Wojciech Szczesny, yang juga merupakan kiper kelas dunia. 

Meski Messi gagal, kala itu Argentina tetap menang 2-0. Bahkan pada Minggu (18/12/2022) besok, Argentina akan menghadapi Prancis di partai final Piala Dunia 2022. 

3. Sergio Busquets

Spanyol memang sempat bermain apik dan lolos ke fase gugur dari Grup E. Tapi sayang, mereka harus tersingkir oleh Maroko di babak 16 besar Piala Dunia 2022. 

Baca Juga

Skuat asuhan Luis Enrique kalah dalam adu penalti, dengan semua tiga eksekutor gagal menunaikan tugasnya. 

Salah satunya adalah gelandang top milik Barcelona Sergio Busquets. Gelandang 34 tahun itu harus menyaksikan eksekusinya ditepis oleh Yassine Bounou. 


2. 4. Brasil

Harry Kane terlihat sedih setelah pertandingan usai Inggris tersingkir dari Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Sedikit lebih baik dari Spanyol, Brasil terhenti di babak perempatfinal Piala Dunia 2022. Mereka harus mengakui kemenangan Kroasia. 

Skuat asuhan Tite juga kalah adu penalti dan salah satu eksekutornya yakni Marquinhos gagal menunaikan tugasnya. 

Marquinhos kala itu menjadi penendang penalti keempat Selecao. Sepakannya dari titik putih digagalkan oleh mistar gawang. 

Baca Juga

5. Harry Kane

Inggris bernasib sama dengan Brasil, yakni kalah di babak perempatfinal Piala Dunia 2022. The  Three Lions menyerah 1-2 dari Prancis yang sekarang menjadi finalis. 

Sebenarnya, dalam laga kontra Les Blues itu, Inggris mendapatkan dua hadiah tendangan penalti dari wasit. Tapi sayang, Harry Kane hanya mampu menunaikan tugasnya sekali saja. 

Pada saat penalti kedua, Kane yang kembali dipercaya Southgate harus meratapi kegagalannya karena sepakannya melambung di atas mistar gawang.

ArgentinaLionel MessiRobert LewandowskiHarry KanePiala Dunia 2022

Berita Terkini