x

Ivan Fresneda, Wonderkid Spanyol yang Jadi Rebutan 16 Klub Termasuk Liverpool dan AC Milan

Sabtu, 17 Desember 2022 08:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ivan Fresneda, wonderkid Real Valladolid yang jadi rebutan 16 klub termasuk AC Milan dan Liverpool. Foto: instagram/ivaanfresneda.

INDOSPORT.COM - Seorang wonderkid asal Spanyol secara mengejutkan dikaitkan dengan 16 klub top Eropa termasuk Liverpool dan AC Milan.

Kedua klub papan atas Eropa tersebut sama-sama punya peluang untuk memperkuat skuad mereka di bursa transfer Januari 2023.

Adalah Ivan Fresneda, remaja berusia 18 tahun yang disebut-sebut masuk ke daftar incaran The Reds maupun Rossoneri di sektor bek mereka.

Hanya saja, duo mantan juara Liga Champions ini harus bersaing besar-besaran dengan seabrek klub untuk mengamankan tanda tangan sang pemain.

Tidak tanggung-tanggung, selain mereka, Liverpool Echo menyebut 14 klub yang dikabarkan meminati jasa pemain muda Real Valladolid tersebut.

Baca Juga

Mereka adalah Arsenal, Brentford, Everton, Fulham, Newcastle United, Wolverhampton Wanderers, Leeds United, dan Southampton dari Liga Inggris.

Sementara itu, dari tanah Spanyol dan Italia ada Barcelona, Real Madrid, Inter Milan, Juventus, dan Inter Milan.

Baca Juga

Namun nanti dulu, ‘perang’ transfer Ivan Fresneda ternyata tidak berhenti sampai di situ. Pasalnya, Rennes dari Liga Prancis pun tidak ketinggalan memeriahkan suasana dengan ketertarikannya.

Masih dalam laporan yang sama, Ivan Fresneda disebut-sebut memiliki nilai kurang lebih 26 juta poundsterling atau sekitar Rp494,8 miliar.

Lantas, siapa sebenarnya Ivan Fresneda, wonderkid Spanyol yang kabarnya sampai diminati lebih dari satu lusin klub top di Benua Biru?

Baca Juga

1. Siapa Ivan Fresneda?

Ivan Fresneda, wonderkid Real Valladolid yang jadi rebutan 16 klub termasuk AC Milan dan Liverpool. Foto: instagram/ivaanfresneda.

Ivan Fresneda merupakan pemain muda berusia 18 tahun serta berposisi sebagai bek kanan. Ia lahir di Madrid, pada 28 September 2004.

Ya, lahir di ibu kota Spanyol, Ivan Fresneda pernah mencicipi rasanya menimba ilmu di klub legendaris Real Madrid.

Ia bergabung dengan feeder tim Real Madrid Fabricia pada 2014 saat usianya masih 10 tahun, namun hengkang pada 2018.

Alih-alih menjadi salah satu pemain yang diorbitkan ke Real Madrid, ia hengkang ke CD Leganes untuk memperkaya ilmu dan pengalamannya sebelum menginjak fase karier yang lebih tinggi lagi.

Ternyata, Real Vallodolid-lah yang menjadi ‘habitat’ Ivan Fresneda selanjutnya untuk merangkak ke level senior. Saat bergabung pada 2020, ia ditempatkan di tim B terlebih dahulu.

Baca Juga

Akan tetapi, tidak butuh waktu lama baginya untuk mendapat panggilan ke tim utama. Sebanyak dua penampilan di reserve team ternyata sudah cukup di mata pelatih Real Valladolid, Jose Rojo Martin.

Pelatih yang juga akrab disapa Pacheta tersebut memanggil Ivan Fresneda untuk bergabung latihan dengan tim utama.

Baca Juga

Pemanggilan pada bulan Desember 2021 itu pun menciptakan sejarah sendiri baik bagi sang pemain maupun klub.

Ivan Fresneda dinobatkan menjadi pemain U-18 pertama yang bergabung dengan tim utama sejak Dani Vega pada tahun 2014.
Setelah berhasil meraih hati pelatih, bek bernama lengkap Ivan Fresneda Corraliza iu tinggal menanti momen debutnya secara profesional - yang akhirnya terwujud pada Januari 2022.

Baca Juga
 

2. Ivan Fresneda di Real Valladolid

Ivan Fresneda, wonderkid Real Valladolid yang jadi rebutan 16 klub termasuk AC Milan dan Liverpool. Foto: instagram/ivaanfresneda.

Debut profesional Ivan Fresneda di Real Valladolid terjadi di laga melawan Real Metis di ajang Copa del Rey. Saat itu, ia masih berusia 17 tahun.

Tidak lama kemudian, ia akhirnya untuk pertama kali merasakan panggung LaLiga saat masuk sebagai pemain pengganti di laga melawan Girona.

Sejak debut di Real Valladolid musim lalu, Ivan Fresneda telah mencatat sembilan penampilan untuk klub Liga Spanyol tersebut.

Lalu untuk musim 2022-2023, incaran Liverpool dan AC Milan tersebut telah tampil di tujuh laga Real Valladolid di seluruh kompetisi.

Klausul Rilis Spesial

Saat menyetujui kesepakatan baru pada musim panas lalu, Ivan Fresneda dipagari klausul rilis sebesar 10 juta euro.

Baca Juga

Akan tetapi, angka tersebut akan meningkat menjadi 30 juta euro apabila sang pemain mencatatkan enam penampilan di tim utama - yang mana sudah terwujud.

Selanjutnya, klausul rilis tersebut juga akan berubah saat ia tampil di 22 pertandingan, sebagaimana dilaporkan oleh Sport Witness.

Baca Juga

Dari 30 juta, Ivan Fresneda bisa bernilai sampai 45 juta euro atau sekitar Rp746,2 miliar.

Jika melihat situasi Ivan Fresneda di Real Valladolid, tentu saja Liverpool, AC Milan, maupun anggota ‘rombongan’ peminat sang pemain harus pintar-pintar memutar otak jika serius ingin membawanya.

Mereka yang mungkin berencana mendatangkannya di bursa transfer musim panas, bisa jadi akan mempercepat proposalnya pada Januari mendatang.

Baca Juga

Sumber: Sport Witness

Bursa TransferLiverpoolAC MilanBerita TransferAC Milan NewsBerita Bursa TransferOne Football

Berita Terkini