x

5 Calon Debutan Terbaik Piala AFF 2022, Ada Jordi Amat di Timnas Indonesia dan Bintang Liga Spanyol

Rabu, 21 Desember 2022 12:03 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Piala AFF 2022 akhirnya bergulir dan timnas Indonesia yang diwakili oleh Jordi Amat cs akan kembali berjuang menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara.

INDOSPORT.COM - Piala AFF 2022 akhirnya bergulir dan timnas Indonesia yang diwakili oleh Jordi Amat cs akan kembali berjuang menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Walau kelasnya hanya turnamen regional dan tidak masuk dalam kalender FIFA, namun Piala AFF tetap punya gengsi tinggi dan selalu punya daya tarik tersendiri untuk diikuti dan dikulik.

Salah satu aspek yang patut dicermati adalah kedatangan sejumlah debutan yang akan merasakan Piala AFF pertama mereka di edisi 2022.

Sebagian besar adalah talenta naturalisasi yang semakin digandrungi oleh negara-negara ASEAN demi mendongkrak prestasi lebih cepat.

Kendati demikian bintang-bintang muda lokal pun tetap punya celah untuk bersaing dan mendapatkan tempat di skuat final negara masing-masing ke Piala AFF 2022.

Baca Juga

Pada edisi 2020 lalu, timnas Indonesia dapat menjadi runner-up meski berbekal banyak pemain yang belum pernah tampil di Piala AFF sebelumnya dan tahun ini mungkin akan ada banyak kisah serupa.

Siapa sajakah para debutan yang sekiranya akan paling menunjukkan taji di Piala AFF 2022? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. Jordi Amat

Dengan pengalaman bermain di kasta teratas Inggris dan Spanyol, Jordi Amat jelas menjadi salah satu nama yang paling menarik perhatian di Piala AFF 2022.

Ia baru saja menuntaskan proses naturalisasi meninggalkan paspor Spanyol demi bisa membela timnas Indonesia yang kali ini masih jadi salah sau favorit untuk bisa melaju ke final.

Amat dipastikan bakal menjadi pilihan utama di lini belakang Merah-Putih. Defender 30 tahun yang kini berkostum Johor Darul Ta'zim tersebut sejak hari pertama sudah memikat hati pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga

1. Naturalisasi Anyar Malaysia dan Rising Star Thailand

5 Calon Debutan Terbaik Piala AFF 2022, Ada Jordi di Timnas Indonesia hingga Bintang Liga Spanyol

Sebenarnya duet mantan penggawa Swansea City dan Real Betis itu bersama Elkan Baggot sangat dinanti namun sayangnya sang rekan tidak bisa dipanggil ke Piala AFF 2022 dengan alasan agenda klub.

Meski demikian kami percaya jika kualitas Jordi Amat berada di atas rata-rata pemain Asia Tenggara dan cocok untuk dipasangkan bersama bek timnas Indonesia manapun saat ini termasuk Rizky Ridho atau Fachruddin Aryanto.

2. Lee Tuck

Setelah lama menanti, Lee Tuck akhirnya bisa menjadi warga negara Malaysia dan dapat membela timnasnya di ajang Piala AFF 2022.

Gelandang serang kelahiran Inggris tersebut ingin menjadi bagian skuat Harimau Malaya setelah berkarier di liga Malaysia sejak 2017 dengan berkostum Negeri Sembilan, Sri Pahang, dan juga Terengganu.

Padahal Tuck juga sempat lama tinggal di Thailand dan menjadi bintang di sana namun hatinya hanya terpaut pada Malaysia. Meski kini sudah berusia 34 tahun, ia tetap ngotot untuk mengejar cita-citanya.

Baca Juga

Pada 9 Desember lalu debut resmi melawan Kamboja ia dapatkan dan Tuck langsung mencetak gol. Timnas Indonesia harus mewaspadai playmaker bernomor 10 ini apabila jumpa Malaysia di babak gugur Piala AFF 2022.

3. Channarong Promsrikaew

Untuk Piala AFF 2022, Thailand akhirnya bisa menepati 'janji' mereka untuk hanya memainkan pemain lokal dan ini menjadi berkah bagi Channarong Promsrikaew.

Baca Juga

Absennya Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat, dan Thanawat Suengchitthawon yang berkiprah di luar negeri membuat sang gelandang 21 tahun bisa masuk skuat The War Elephants asuhan Mano Polking.

Channarong adalah salah satu wonderkid Thailand yang sudah mulai mendapatkan caps senior sejak tahun ini. Sejak September, ia telah mengumpulkan empat penampilan berbuah satu gol.

Saat ini ia adalah bintang dari raksasa Thai League, Chonburi FC. Musim lalu Channarong Promsrikaew sempat dipinjamkan ke klub kasta keempat Spanyol, AD Unión Adarve.

Baca Juga

2. Calon Idola Filipina dan Pembuktian 'Anak Baru' Vietnam

5 Calon Debutan Terbaik Piala AFF 2022, Ada Jordi di Timnas Indonesia hingga Bintang Liga Spanyol

4. Jefferson Tabinas

Filipina adalah salah satu negara yang paling getol dalam menjaring pemain keturunan dan naturalisasi dalam satu dekade terakhir. Jefferson Tabinas adalah salah satu amunisi blasteran terbaru mereka.

Tabinas adalah bek sentral kelahiran Jepang dari orangtua Ghana-Filipina. Pada awalnya ia berkeinginan untuk membela negeri sakura namun setelah tidak dipanggil ke Olimpiade Tokyo 2020 lalu ia pun berpaling ke negara ibunya.

Ia tidak sendirian di Filipina karena adiknya, Paul Tabinas, juga ikut dimasukkan dalam skuat The Azkals untuk Piala AFF 2022.

Tabinas saat ini berkiprah di divisi dua Jepang bersama Mito HollyHock setelah sempat membela Kawasaki Frontale yang selevel lebih tinggi.

Menarik untuk dinanti apakah Jefferson Tabinas bisa membawa Filipina melaju lebih jauh dari babak semifinal di debutnya dalam kompetisi bergengsi Asia Tenggara.


5. Pham Tuan Hai

Vietnam memadati skuat mereka di Piala AFF 2022 dengan pemain-pemain veteran dengan jam terbang tinggi namun Pham Tuan Hai terlalu spesial untuk dilewatkan.

15 dari 23 pemain The Golden Star Warrios sudah mengoleksi setidaknya 25 caps namun striker 24 tahun yang baru punya tujuh penampilan senior tidak perlu minder.

Pasalnya meski belum pernah ikut Vietnam ke Piala AFF edisi sebelumnya, Pham tetap dipercaya oleh pelatih Park Hang-seo.

Performa tajamnya bersama Hanoi FC musim ini yang berbuah 13 gol plus empat assist dari 29 pertandingan membuatnya jadi opsi tambahan yang oke bagi lini depan Vietnam yang sudah sangat apik.

Pham Tuan Hai wajib diwaspadai oleh Timnas Indonesia dan Jordi Amat mengingat Vietnam berpeluang besar jadi lawan di semifinal nanti.

MalaysiaVietnamThailandFilipinaNaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaJordi AmatPiala AFF 2022

Berita Terkini