x

Rico Lewis, Remaja 18 Tahun yang Siap Hadapi Mohamed Salah di Laga Man City vs Liverpool

Kamis, 22 Desember 2022 15:47 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Rico Lewis, pemain muda yang berpeluang tampil di Piala Liga Inggris Manchester City vs Liverpool. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat Rico Lewis, remaja 18 tahun yang siap hadapi Mohamed Salah di laga Piala Liga Inggris Man City vs Liverpool, Jumat (23/12/22) dini hari WIB.

Jelang bentrok di 16 besar Piala Liga Inggris 2023, Pep Guardiola dibuat pusing dengan ketersediaan pemain seniornya di skuad.

Saat melawan Girona saja, praktis hanya ada empat pemain senior yang bisa ia pasang di starting line up karena beberapa lainnya masih sibuk absen akibat Piala Dunia 2022.

Para senior yang terlihat batang hidungnya saat melawan Girona adalah Riyad Mahrez, Erling Haaland, Kevin De Bruyne, dan Ilkay Gundogan.

Di sisi lain, Rico Lewis juga tampil sebagai starter di pertandingan uji coba tersebut, menggantikan pos yang ditinggalkan oleh Kyle Walker.

Baca Juga

Ia mengawal lini belakang Manchester City bersama dua pemain remaja lainnya, Shea Charles dan Jadel Katongo. Sementara itu, Sergio Gomez yang sedikit lebih senior bermain di sisi kiri.

Kini di pertandingan Man City vs Liverpool, peluang Rico Lewis untuk unjuk gigi di hadapan manajer pun kembali terbuka.

Baca Juga

Dengan ketersediaan pemain saat ini, Pep Guardiola mungkin akan memainkannya lagi di posisi yang sama seperti di pertandingan melawan Girona.

Rico Lewis telah tampil di tiga pertandingan Liga Inggris 2022-2023 serta mencicipi panggung Liga Champions.

Pengalamannya ini tidaklah terlalu buruk jika ingin dijadikan bekal melawan Liverpool dini hari nanti. 

Baca Juga

1. Punya Kesempatan Main di Laga Man City vs Liverpool

Rico Lewis, pemain muda yang berpeluang tampil di Piala Liga Inggris Manchester City vs Liverpool. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

Sebelum Piala Dunia 2022, Pep Guardiola sempat mengungkapkan keinginannya memasang sejumlah pemain muda jebolan akademi Manchester City untuk laga kontra Liverpool.

Namun beruntung, ia masih memiliki Kevin De Bruyne dan Ilkay Gundogan yang pulang lebih awal dari Qatar.

Kehadiran keduanya sedikit banyak membantu Manchester City tampil lebih gacor mengingat Erling Haaland dan Riyad Mahrez tidak berpartisipasi di Piala Dunia 2022.

Rico Lewis pun turut ambil bagian dalam skuad yang disusun Pep Guardiola bersama empat pemain senior tersebut - dan tampil lumayan meyakinkan bersama mereka.

Meski masih junior, ia sudah bisa bertindak sebagai pengganti Kyle Walker yang konon belum kembali ke skuad The Citizens untuk berlatih.

Baca Juga

Harapannya untuk jadi starter lagi di pertandingan Piala Liga Inggris Man City vs Liverpool pun bisa jadi kenyataan.

“Melawan tim besar di dunia saat ini, tentu saja sebuah pertandingan hebat yang bisa saya mainkan,” ucapnya seperti dikutip dari Manchester Evening News.

Baca Juga

“Saya belum tahu pasti apakah saya akan bermain atau tidak. Saya akan sangat senang jika dimainkan, tapi semuanya tergantung manajer,” tambahnya lagi.

Apabila bermain, Rico Lewis akan mendapat pengalaman yang lebih menantang lagi sebagai pemain muda.

Terlebih, Liverpool adalah musuh bebuyutan Manchester City dalam beberapa musim terakhir di Liga Inggris. 

Baca Juga
 

2. Tantangan Hadapi Liverpool

Rico Lewis, pemain muda yang berpeluang tampil di Piala Liga Inggris Manchester City vs Liverpool. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

Menghadapi dan melihat permainan Mohamed Salah dari dekat pun menjadi tantangan luar biasa bagi Rico Lewis yang usianya bahkan belum genap 20 tahun ini.

Walau tidak menghadang pemain asal Mesir itu secara head to head pun, Rico Lewis bisa menjadikan pertemuannya dengan Mohamed Salah pengalaman berharga seumur hidup.

Pasalnya, pemain muda Timnas Inggris U-19 tersebut masih harus bersaing dengan para wonderkid berbakat lainnya di Manchester City dalam beberapa waktu ke depan.

Perebutan tempat di tim utama pun bakal berlangsung sengit dan bukan tidak mungkin ini merupakan kesempatan terakhirnya berjumpa Mohamed Salah dalam lapangan yang sama.

Rico Lewis bergabung dengan Manchester City sejak usianya delapan tahun, bahkan menjadi kapten tim U-18 untuk musim 2021-2022.

Baca Juga

Debut pertamanya di Liga Inggris terjadi di pertandingan melawan Bournemouth pada Agustus 2022 lalu.

Ia bahkan sudah mencetak gol di ajang Liga Champions saat menghadapi Sevilla pada awal November 2022.

Baca Juga

Sayangnya, meski membantu Manchester City menang 3-1 di pertandingan tersebut, Rico Lewis yang saat itu masih berusia 17 tahun mendapat ejekan berbau rasisme dari suporter Sevilla.

Tentang Pertandingan Man City vs Liverpool

Partai panas Piala Liga Inggris ini akan diselenggarakan di Etihad Stadium dan menjadi ‘final’ kepagian bagi kedua tim.

Setelah pertandingan dini hari nanti, baik Manchester City maupun Liverpool akan kembali ke Liga Inggris setelah kompetisi terhenti sementara waktu karena Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Sumber: Manchester Evening News

LiverpoolManchester CityMohamed SalahPiala Liga InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini