x

3 Fakta Enzo Fernandez, Jawara Piala Dunia 2022 yang Siap Bikin Kantong Chelsea Jebol

Kamis, 29 Desember 2022 11:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pesona Enzo Fernandes tak terbantahkan sampai-sampai Chelsea siap pecahkan rekor transfer klub untuk merekrutnya dari Benfica di Januari 2023. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

INDOSPORT.COM – Pesona Enzo Fernandez tak terbantahkan sampai-sampai Chelsea siap pecahkan rekor transfer klub untuk merekrutnya dari Benfica di Januari 2023. Inilah tiga fakta mengenai jawara Piala Dunia 2012 tersebut.

Enzo Fernandez baru saja menyihir dunia setelah dinobatkan sebagai pemain muda terbaik di Piala Dunia 2022. Selain mencetak satu gol, dia menorehkan satu assist dalam tujuh laga bersama Argentina.

Puncaknya, dalam duel Argentina melawan Prancis di pertandingan final Piala Dunia 2022. Gelandang Benfica ini dipercaya oleh Lionel Scaloni tampil selama 90 menit hingga adu penalti.

Setelah tampil di Piala Dunia, gelandang 21 tahun ini pun memiliki banyak pengagum. Awalnya, Liverpool dan Manchester United muncul sebagai peminat utama sang pemain.

Benfica tak tinggal diam. Klub asal Portugal ini menaikkan harga Enzo Fernandez. Liverpool pun mundur dari perburuan dan menyisakan Man United sebagai peminat tunggal.

Baca Juga

Kendati demikian, rencana Man United merekrut Enzo Fernandez lagi-lagi terusik. Kabarnya, Chelsea ikut nimbrung sang pemain dan siap menawarkan biaya fantastis demi mendapatkan Enzo Fernandez.

Melansir dari Mirror, The Blues pun kabarnya siap merogoh kantong dalam-dalam untuk mengajukan tawaran lebih tinggi dari yang diinginkan Benfica yakni lebih dari 120 juta euro (Rp2 triliun).

Baca Juga

“Chelsea sangat tertarik pada (Enzo) Fernandez, mereka bersedia melompat ke depan antrian dengan membayar €130 juta (Rp2,2 triliun),” tulis laporan dari Mirror, Rabu (28/12/22).

Jika Chelsea berhasil mendatangkan Enzo Fernandez dengan harga 120 juta euro, maka ini akan memecahkan rekor transfer klub Liga Inggris tersebut.

INDOSPORT tertarik mengupas sederet fakta mengenai sosok Enzo Fernandez yang digadang-gadanng bakal jadi pemain termahal yang didatangkan Chelsea di era Todd Boehly.

Baca Juga

1. 1. Pencetak Gol Termuda Argentina Setelah Messi

Pemain Argentina Lionel Messi, Enzo Fernandez dan Emiliano Martinez mendapat penghargaan di Piala Dunia 2022 REUTERS-Paul Childs

Enzo Fernandez diketahui berhasil mencetak satu gol dan sat assist untuk timnas Argentina di ajang Piala Dunia 2022.

Gol yang dicetak Enzo Fernandez ini tercipta pada menit ke-87 saat Argentina menghadapi Meksiko pada laga lanjutan Grup D. Enzo Fernandez mencetak gol kedua Argentina seusai memanfaatkan assist Lionel Messi.

Gol ini juga membuat Enzo menjadi salah satu pencetak gol termuda Argentina di ajang Piala Dunia untuk mengikuti jejak seniornya, Lionel Messi.

Ia mencetak gol pertamanya di ajang sepak bola empat tahunan ini dalam usia 21 tahun 313 hari. Sedangkan Lionel Messi mencetak gol di Piala Dunia 2006 dalam usia 18 tahun 357 hari.

2. Perjalanan Karier yang Panjang

Pemain kelahiran 17 Januari 2001 ini debut memperkuat timnas Argentina pada 24 September 2022 hingga saat ini, Fernandez telah melakoni 9 pertandingan sekaligus mengoleksi satu gol.

Baca Juga

Asalnya, Enzo Fernandez tak masuk dalam skuat utama Argentina jelang Piala Dunia 2022. Namun, dia mencatat tujuh penampilan sebagai starter di Piala Dunia 2022 hingga babak final.

Enzo Fernandez juga memiliki catatan bagus di level klub. Dia memulai kariernya bersama Club La Recova  (2005-2006), hingga akhirnya digaet oleh akademi River Plate pada 2006.

Menghabiskan waktu 13 tahun di sana, Enzo kemudian mampu menembus tim utama pada tahun 2019. Namun, Ezo sempat jalani masa peminjaman selama dua musim di  Defensa y Justicia (2020-2021).

Baca Juga

Enzo sukses mengantarkan klub tersebut meraih gelar juara Copa Sudamericana 2020 sebelum kembali ke River Plate pada Juli 2021.

Bakatnya pun tercium klub raksasa Portugal, Benfica, yang akhirnya berani menebus Enzo dengan biaya transfer sebesar 10 juta euro pada 23 Juni 2022.

Bersama Benfica, penampilannya cukup apik dengan mencatatkan 24 pertandingan dengan mengoleksi tiga gol dan lima assist yang membuat Lionel Scaloni kepincut memboyongnya ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga

2. 3. Jadi Rebutan Banyak Klub dan Bikin Harganya Meroket

Pemain River Plate, Enzo Fernandez. Foto: REUTERS/Agustin Marcarian.

Melansir dari Sportsbible, Enzo Fernandez mencuri perhatian sejumlah klub papan atas Eropa, khususnya Liga Inggris. Liverpool dan Manchester United awalnya jadi dua peminta utama.

Liverpool bahkan nyaris mencapai kesepatan dengan Enzo Fernandez tepat setelah final Piala Dunia 2022. Tetapi, The Reds memutuskan mundur karena Benfica menaikkan harga sang pemain dua kali lipat

Data Transfermarkt menunjukkan Enzo Fernandez sejatinya masih berada di kisaran harga 55 juta euro atau setara dengan Rp920 miliar.

Namun, Benfica tidak mau talenta mudanya dilepas dengan harga semurah itu. Klub asal Portugal ini kemudian mematok harga pemain tak kurang dari 120 juta euro.

Tingginya harga yang diminta Benfica akhirnya membuat Liverpool memutuskan mundur dan menyisakan Manchester United sebagai peminat tunggal.

Baca Juga

Bagi Man United, Enzo Fernandez bisa menjadi opsi tambahan untuk memperkuat lini tengah raksasa Old Trafford yang masih bolong-bolong sejak musim panas kemarin.

Namun Man United tak kunjung bergerak cepat mengajukan tawaran. Hingga akhirnya Chelsea muncul sebagai peminat baru dan siap mengajukan tawaran lebih dari yang diminta Benfica.

Sebelum menyentuh angka 120 juta euro, sebelumnya Enzo Fernandez pernah ditawar dengan harga 110 juta euro. Akan tetapi, Benfica menolaknya.

Melansir dari Mirror, The Blues pun kabarnya siap merogoh kantong dalam-dalam untuk mengajukan tawaran lebih tinggi dari yang diinginkan Benfica.

Baca Juga

“Chelsea sangat tertarik pada (Enzo) Fernandez, mereka bersedia melompat ke depan antrian dengan membayar €130 juta (Rp2,2 triliun),” tulis laporan dari Mirror, Rabu (28/12/22).

Jika Chelsea benar-benar mendatangkan Enzo Fernandez, maka ini akan transfer rekor klub di bursa transfer Januari 20223.

Artinya, Enzo Fernandez akan menjadi pemain termahal yang direkrut raksasa London Barat. Sebelumnya, Romelu Lukaku ditebus mahal Chelsea dari Inter Milan seharga 110 juta euro atau setara Rp1,8 triliun.

Sedangkan bagi Benfica, jika Enzo Fernandez berhasil terjual seharag 130 juta euro, mereka juga akan mematahkan rekor penjualan pribadi mereka yang sebelumnya dipegang Joao Feliz di angka 127 juta euro.

Baca Juga
Bursa TransferArgentinaChelseaBenficaPiala Dunia 2022Enzo FernandezBerita TransferBerita Bursa TransferOne Football

Berita Terkini