x

Sanksi Lewandowski Ditangguhkan, Mantan Presiden Espanyol Sebut Barcelona 'Anak Emas' Liga Spanyol

Sabtu, 31 Desember 2022 13:34 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Mantan presiden Espanyol, Joan Collet tidak terima dengan putusan pengadilan Liga Spanyol yang menangguhkan sanksi penggawa Barcelona, Robert Lewandowski.

INDOSPORT.COM – Mantan presiden Espanyol, Joan Collet tidak terima dengan putusan pengadilan Liga Spanyol yang menangguhkan sanksi penggawa Barcelona, Robert Lewandowski.

Robert Lewandowski dipastikan akan bisa tampil saat Barcelona menghadapi Espanyol, Sabtu (31/12/22) pukul 20.00 WIB di Spotify Camp Nou.

Sebelumnya, striker berkebangsaan Polandia tersebut harus dikeluarkan dari lapangan saat Barcelona berhadapaan dengan Osasuna di laga Liga Spanyol sebelum jeda Piala Dunia 2022 lalu.

Lewandowski kemudian dikenai larangan tampil dua pertandingan tambahan oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) setelah memberikan gesture kurang pantas kepada wasit.

Sebelum sanksi Lewandowski ditangguhkan, Barcelona sempat melakukan banding ke Komite Banding RFEF. Akan tetapi banding tersebut ditolak mentah-mentah.

Baca Juga

Mendapat penolakan, Barcelona kemudian membawa masalah Robert Lewandowski tersebut ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Dibawa ke CAS, Barcelona tak langsung mendapatkan angin segar. Klub asal Catalan tersebut lagi-lagu mendapat penolakan.

Baca Juga

Barcelona akhirnya mendapat lampu hijau untuk keringangan sanksi Robert Lewandowski saat masalah tersebut dibawa ke Pengadilan Pusat Madrid.

Alhasil, Robert Lewandowski bisa bermain untuk pertandingan melawan Espanyol. Kondisi tersebut membuat Barcelona langsung memberikan pernyataan resmi terkait Lewandowski yang bisa dimainkan lagi.

Kendati begitu, sejumlah tanggapan hadir dari berbagai kalangan terkait penangguhan sanksi yang dialami Robert Lewandowski tersebut.

Baca Juga

1. Espanyol Dirugikan

Robert Lewandowski. Foto: REUTERS/Pablo Morano

Salah satu sosok yang memberikan tanggapan terkait penangguhan sanksi yang didapat Robert Lewandowski adalah mantan presiden klub Espanyol, Joan Collet.

Dilansir dari Football Espana, keputusan pengadilan terhadap sanksi Robert Lewandowski tersebut seperti membuka ‘aib’ Barcelona.

Joan Collet merasa apa yang didapat Barcelona sebagai salah satu bukti bahwa raksasa Liga Spanyol tersebut selalu disayang.

"Kita semua mengeluh bahwa politik diadili, dan sekarang sepak bola sedang diadili. Sungguh memalukan apa yang terjadi saat ini di sepak bola. Selalu klub yang sama yang mendapatkan bantuan,” ujar Joan Collet.

“Di sini, di Catalonia, kami tumbuh dengan mendengar bahwa Barcelona adalah klub yang paling dirugikan oleh institusi, arbitrase, oleh segalanya. Mari kita lihat apa yang mereka katakan sekarang,” pungkas mantan presiden Espanyol tersebut.

Baca Juga

Tanggapan tak hanya datang dari Joan Collet, Espanyol sendiri bahkan juga turut memberi tanggapan terkait keputusan tersebut melalui pernyataan di laman resmi mereka.

Kubu Espanyol menuding pihak Liga Spanyol sengaja untuk membebaskan Robert Lewandowski dari sanksi dalam pertandingna derbi Catalan.

Baca Juga

“Espanyol merasa tidak biasa bahwa, 24 jam sebelum pertandingan melawan Barcelona, dan setelah melihat banding ditolak oleh tiga badan berbeda, larangan Robert Lewandowski untuk sementara ditangguhkan," bunyi pernyataan dari klub.

“Kami percaya persyaratan untuk membenarkan penangguhan sementara tidak terpenuhi, terutama karena sanksi mencakup dua pelanggaran yang berbeda (kartu merah dan gerakan). Espanyol menganggap bahwa keputusan di menit-menit terakhir ini benar-benar mengkondisikan laga pekan ini di LaLiga, yang dimulai pada hari Kamis, dan persiapan tim untuk pertandingan ini,” tegas pernyataan Espanyol.

Barcelona dan Espanyol akan berhapdan di lanjutan Liga Spanyol pada Sabtu (31/12/22) malam ini. Mengingat Robert Lewandowski sudah mengemas 13 gol di musim 2022/2023, maka setiap lawan El Barca patut takut dengan kehadiran sang bomber gaek.

Baca Juga

Sumber: Football Espana

BarcelonaRobert LewandowskiEspanyolLiga Spanyol

Berita Terkini