x

Cegah Teror Bus Terulang, Iwan Bule Ingatkan Suporter Jelang Indonesia vs Vietnam

Rabu, 4 Januari 2023 20:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengingatkan suporter jelang laga semifinal Piala AFF 2022 Timnas Indonesia vs Vietnam untuk meencegah serangan bus lawan.

INDOSPORT.COM – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengingatkan suporter menjelang laga semifinal Piala AFF 2022 antara timnas Indonesia vs Vietnam untuk mencegah insiden seperti serangan bus ke Thailand tidak terjadi lagi.

Perjalanan timnas Indonesia untuk merengkuh gelar juara di Piala AFF 2022 harus menemui rintangan berat dengan menghadapi Vietnam di semifinal.

Timnas Indonesia akan terlebih dulu menjadi tuan rumah pada leg pertama. Mereka akan menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Jumat (6/1/23).

Inilah kali kedua timnas Indonesia menjadi tuan rumah atau menjamu tim lawan sepanjang turnamen dua tahunan se-Asia Tenggara edisi kali ini.

Sebelumnya, skuad Garuda sudah menjamu Thailand untuk pertandingan babak penyisihan Grup A yang berakhir dengan skor imbang 1-1.

Baca Juga

Hanya berbagi poin di laga tersebut, timnas Indonesia juga sempat menjadi sorotan lantaran insiden serangan terhadap bus yang membawa skuad Thailand jelang pertandingan tersebut.

Kejadian ini masih membekas sampai kini. Bahkan, Park Hang-seo selaku pelatih Vietnam juga mengungkit-ungkit masalah ini menjelang bentro semifinal Piala AFF 2022.

Baca Juga

Tak ingin membuat muka timnas Indonesia semakin tercoreng, Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, mewanti-wanti agar suporter bersikap sopan saat menyambut rombongan Vietnam di pertandingan nanti

“Di leg pertama semifinal AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 Jumat nanti kita akan berstatus sebagai tuan rumah,” tulis Iwan Bule melalui pesan yang diunggah di akun resmi Instagra, Rabu (04/01/23).

“Sebagai tuan rumah, wajib bagi kita untuk menyambut tamu dengan cara yang baik, saya harap kejadian sambutan yang kurang baik terhadap pemain Thailand tidak terulang, mari sama-sama kita kawal transformasi sepak bola Indonesia,” lanjut Iwan Bule.

Baca Juga

1. Kondisi Pemain Timnas, Nadeo Pulih?

Official training Timnas Indonesia jelang laga ketiga fase grup Piala AFF 2022 melawan Thailand di stadion GBK, Rabu (28/12/22).

Tak hanya mengingatkan kepada para suporter, Iwan Bule juga mengabarkan kondisi pasukan Shin Tae-yong yang dilaporkan sudah pulang ke tanah air seusai melawat ke Filipina untuk laga terakhir fase grup kemarin.

Diketahui, timnas Indonesia memetik kemenangan tipis 2-1 atas Fiipina. Namun, tiga poin itu harus dibayar dengan kondisi kiper Nadeo Argawinata mengalami cedera pinggul.

Iwan Bule menjelaskan bahwa Fachrudin dan kawan-kawan memang tidak langsung pulang ke Indonesia karena Shin Tae-yong ingin tim besutannya berlatih sebentar untuk pemulihan.

Setelah menjalani masa pemulihan, skuat timnas Indonesia dinyatakan dalam kondisi fit kecuali Nadeo yang masih dalam pemantuan tim medis sebelum bisa dipastikan turun di babak knockout.

“Dini hari tadi anak-anak timnas Indonesia sudah pulang ke tanah air. Memang, kepulangan mereka sengaja ditunda karena menurut coach Shin Tae-yong sebelum pulang dari Filipina, anak-anak masih ingin berlatih di Stadion Rizal Memorial untuk tujuan recovery,” Iwan Bule menjelaskan.

Baca Juga

“Alhamdulilah, mayoritas pemain dalam kondisi sudah fit, kondisi @nadeowinataa pun sudah berangsur membaik berkat pantauan tim dokter PSSI yang sigap,” tutur Ketua Umum PSSI tersebut.

“Tentunya, kita dan masyarakat sepakbola Indonesia berharap anak-anak skuat Garuda bisa meraih kemenangan guna memudahkan perjuangan pada leg kedua yang akan berlangsung di Vietnam,” demikian harapan Iwan Bule.

Baca Juga

Timnas Indonesia sendiri memastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2022 setelah menjadi runner-up Grup A, tertinggal selisih  poin dari Thailand yang menjadi juara grup.

Menghadapi Vietnam di semifinal, Indonesia cenderung lebih unggul berdasarkan head-to-head.

Pasalnya, satu-satunya kemenangan Vietnam atas timnas Indonesia di Piala AFF terjadi pada 1996. Sedangkan di sejumlah pertandingan berikutnya, mereka gagal meraih kemenangan.

Selanjutnya giliran Vietnam yang akan menjamu Skuat Garuda dalam laga yang berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi pada Senin (9/1/23).

Baca Juga
VietnamSuporterTimnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaTimnas VietnamIwan BuleMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini