x

Jumpa Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022, Pelatih Vietnam Catatkan Rekor Baru

Rabu, 4 Januari 2023 17:25 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Indra Citra Sena
Jelang duel timnas Indonesia vs Vietnam di semifinal Piala AFF 2022, Park Hang-seo dilaporkan telah mencetak rekor baru bersama The Golden Star Warriors.

INDOSPORT.COM – Jelang duel timnas Indonesia vs Vietnam di semifinal Piala AFF 2022, Park Hang-seo dilaporkan telah mencetak rekor baru bersama The Golden Star Warriors.

Pertandingan yang akan mempertemukan timnas Indonesia vs Vietnam di semifinal Piala AFF 2022 bakal berlangsung di dua tempat berbeda.

Leg pertama akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (6/1/23). Sedangkan Leg kedua dimainkan di Stadion My Dinh, Vietnam, Senin (9/1/23).

Timnas Indonesia sejatinya memiliki riwayat mengesankan ketika menghadapi Vietnam di sepanjang gelaran Piala AFF.

Pasalnya, Vietnam masih belum mampu mengalahkan timnas Indonesia sejak kemenangan terakhir mereka di babak penyisihan grup Piala AFF 1996.

Baca Juga

Hanya saja, pelatih Vietnam, Park Hang-seo beberapa waktu lalu bersikeras bahwa ia belum pernah kalah ketika menghadapi Tim Garuda Asia.

“Sejak saya ditunjuk sebagai pelatih timnas Vietnam, saya tidak pernah kalah dari mereka (timnas Indonesia)” kata Park Hang-seo dikutip dari Soha.

Baca Juga

Kendati demikian, Park Hang-seo tetap mengakui bahwa Shin Tae-yong telah melakukan pekerjaan hebat bersama timnas Indonesia.

Menyongsong pertandingan antara timnas Indonesia vs Vietnam di semifinal Piala AFF 2022, dilaporkan bahwa Park Hang-seo berhasil membuat rekor baru.

Pasalnya, Park Hang-seo menjadi pelatih pertama yang membantu Vietnam untuk menjaga clean sheets di babak penyisihan grup Piala AFF selama tiga kali berturut-turut.

Baca Juga

1. Rekor Baru Bersama Vietnam

Pertandingan antara Vietnam vs Malaysia pada laga Piala AFF 2022. (Foto: Instagram@affmitsubishielectriccup)

Melansir laman Bongda, dilaporkan bahwa Park Hang-seo telah mencetak rekor baru dengan menjaga gawang Vietnam dari kebobolan di babak penyisihan grup Piala AFF.

Seperti diketahui, Vietnam sukses mengamankan tempat mereka di babak semifinal setelah menekuk Myanmar dengan skor 3-0.

Berdasarkan hasil tersebut, pasukan The Golden Star menjadi satu-satunya klub yang mampu menjaga gawang mereka tetap bersih hingga melewati babak penyisihan grup.

Menariknya, ini bukan kali pertama terjadi. Sebab, Park Hang-seo mampu menjaga clean sheet di fase grup Piala AFF selama tiga kali berturut-turut.

Pada pelaksanaan Piala AFF 2018 dan 2020, timnas Vietnam sama sekali belum pernah kebobolan hingga penyisihan grup berakhir.

Baca Juga

Hal itu membuat Park Hang-seo menjadi satu-satunya pelatih yang mampu mencatatkan prestasi ini dalam sejarah timnas Vietnam.

Sementara itu, penampilan dari Dang Van Lam juga patut untuk mendapatkan apresiasi. Karena penjaga gawang itu mampu mengulang prestasinya sejak 2018.

Waktu itu, Dang Van Lam sukses mencetak rekor dengan menjaga gawang untuk tetap bersih setelah memainkan 405 menit di Piala AFF.

Baca Juga

Hanya saja pada pelaksanaan Piala AFF 2020 ia tidak memiliki kesempatan untuk memperpanjang rekor mengesankan itu karena mengalami cedera.

Tapi, setelah kembali di Piala AFF 2022, Dang Van Lam sukses mengulang catatan mengesankan itu, dengan menjaga gawang Vietnam untuk tetap bersih setelah memainkan empat pertandingan.

Sementara itu, catatan mengesankan Dang Van Lam dan Park Hang-seo tentu menjadi hambatan besar bagi timnas Indonesia untuk merengkuh gelar juara Piala AFF 2022.

Baca Juga

Sumber: Bongda

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamPark Hang SeoPiala AFF 2022

Berita Terkini