x

Gibran Rakabuming Jelaskan Nasib Kandang Persis Solo di Liga 1

Minggu, 8 Januari 2023 12:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Walikota Solo, Gibran Rakabuming, menjelaskan situasi Persis Solo pada lanjutan Liga 1 2022/2023 terkait kendala stadion. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Walikota Solo, Gibran Rakabuming, menjelaskan situasi Persis Solo pada lanjutan Liga 1 2022/2023. Laskar Sambernyawa tak bisa memakai Stadion Manahan Solo karena akan direnovasi lagi.

Persis Solo sebenarnya sudah cukup lega ketika putaran kedua jalan dengan penonton lagi. Setiap klub bisa lebih dekat dengan suporternya, serta mendapat pemasukan dari penjualan tiket.

Namun, kenyataan berkata lain. Persis Solo malah tak bisa memakai stadion berkapasitas 20 ribu tempat duduk itu hingga akhir kompetisi Liga 1 2022/2023.

Gibran Rakabuming memastikan Stadion Manahan akan dipoles lagi oleh Kementerian PUPR untuk persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023.

"Ada perbaikan di Stadion Manahan Solo dimulai 20 Januari ini. Perbaikan dilakukan langsung Kemen PUPR," kata Gibran Rakabuming.

Baca Juga

Perbaikan ini tak bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Pasalnya, perbaikan meliputi area luar dan dalam stadion.

Beredar kabar sisi lapangan akan dilakukan pengecekan lagi. Saat partai Liga 1 antara Persija Jakarta vs PSS Sleman pada 23 Desember 2022 lalu, lapangan sampai tergenang di hampir semua sisi.

Baca Juga

Genangan akibat curah hujan tinggi itu memaksa partai Persija melawan PSS dihentikan menit ke-47. Laga ini baru akan dilanjutkan lagi pada Minggu (08/01/23) di Stadion Sultan Agung, Bantul.

"Pekerjaan perbaikan Stadion Manahan memakan waktu selama dua sampai tiga bulan ke depan atau sampai April," jelas Gibran.

Baca Juga

1. Sudah Koordinasi

Walikota Solo, Gibran Rakabuming. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Gibran sudah memberikan informasi ini kepada Persis Solo, melalui salah satu bosnya, Kevin Nugroho.

Pihak Persis Solo diminta segera bergerak untuk mencari alternatif pengganti Stadion Manahan Solo. Alternatif itu mengarah ke Stadion Maguwoharjo Sleman

"Saya sudah ngomong sama Kevin, untuk mencari stadion alternatif Persis Solo Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, karena Stadion Manahan ditutup untuk diperbaiki," papar Gibran.

Persis Solo sendiri sudah bergerak untuk menjadikan Stadion Maguwoharjo sebagai kandang pada putaran kedua Liga 1 2022/2023.

Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, menuturkan komunikasi sudah dilakukan sebelum PT Liga Indonesia Baru (LIB) merilis jadwal putaran kedua.

Baca Juga

"(Koordinasi) sudah kita lakukan (dengan pihak Maguwoharjo)," singkat Bryan.

Nantinya, Persis Solo tak sekadar berbagi tempat dengan sang pemilik rumah, PSS Sleman.

Baca Juga

Bali United juga kemungkinan besar tak bisa memakai Stadion Kapten I Wayan Dipta. Stadion yang terletak di Gianyar itu juga dipersiapkan untuk Piala Dunia U-200 2023.

Manajemen Bali United sudah memutuskan bahwa Stadion Maguwoharjo sebagai opsi alternatif ketika Stadion Dipta tak bisa dipakai.

Tak sekadar akses yang mudah, Bali United juga sudah sering bermain di Stadion Maguwoharjo di LIga 1. Maka, proses adaptasi tak akan berjalan sulit.

Baca Juga
Persis SoloStadion Manahan SoloLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Gibran Rakabuming Raka

Berita Terkini