x

Ada Liga Inggris, 3 Klub Milik Orang Indonesia di Luar Negeri yang Bisa Dilirik Egy Maulana Vikri

Rabu, 25 Januari 2023 19:30 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Masih belum dapatkan klub usai dilepas FC Vion Zlate Moravce, Egy Maulana Vikri bisa melirik tiga tim luar negeri milik orang Indonesia berikut.

INDOSPORT.COM – Masih belum dapatkan klub usai dilepas FC Vion Zlate Moravce, penggawa Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri bisa melirik tiga tim luar negeri milik orang Indonesia berikut.

Seperti diketahui, Egy Maulana Vikri resmi berpisah dengan klubnya asal Slovakia, FC ViOn Zlate Moravce jelang gelaran Piala AFF 2022 bergulir bulan Desember lalu.

Kabar tersebut disampaikan secara langsung oleh FC ViOn Zlate Moravce melalui situs resmi klub. Mereka menyampaikan, bahwa kerja sama dengan Egy Maulana Vikri berakhir pada Kamis (15/12/22).

Dilansir situs resmi FC ViOn Zlate Moravce, kurangnya waktu bermain menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi keputusan tersebut.

Egy Maulana Vikri hanya bermain sebanyak delapan kali dalam pertandingan kompetitif selama masa peminjaman.

Baca Juga

Dari jumlah penampilan yang dimainkan bersama FC ViOn Zlate Moravce, bintang timnas Indonesia itu hanya mampu memberikan satu assist.

“Egy Maulana Vikri sepakat untuk mengakhiri kerja sama dengan klub,” tulis laporan tersebut yang dikutip via laman resmi FC ViOn Zlate Moravce.

Baca Juga

FC ViOn Zlate Moravce pun juga turut menyampaikan rasa terima kasih kepada Egy Maulana Vikri sekaligus mendoakan yang terbaik untuk winger berusia 22 tahun itu.

Kini setelah hampir sebulan usai didepak FC ViOn Zlate Moravce, belum ada kejelasan klub mana yang bakal jadi pelabuhan baru Egy Maulana Vikri.

Baca Juga

Bahkan banyak rumor menyebut, jika jebolan SKO Ragunan tersebut akan merumput di Tanah Air dan memperkuat salah satu klub di Liga 1.

Namun dengan segala potensi serta pengalamannya di level timnas, Egy Maulana Vikri masih sangat layak tampil di luar negeri dan tiga klub asing milik orang Indonesia berikut bisa jadi opsi.

Lantas klub mana sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Baca Juga

1. Oxford United

Raffi Ahmad ikut sesi foto para investor baru Lecce. Foto: Instagram@uslecce

Klub pertama adalah Oxford United. Tim yang bermarkas di Kassam Stadium ini diketahui sedang dimiliki oleh dua pengusaha asal Indonesia, Erick Thohir dan Anindya Bakrie.

Pada tahun 2022 lalu, Anindya Bakrie dan Erick Thohir berhasil membeli saham mayoritas di Oxford United dari pengusaha Thailand Sumrith "Tiger" Thanakarnjanasuth.

Sepanjang musim 22/23 ini, penampilan Oxford United yang masih mentas di League One atau kasta ketiga Liga Inggris terbilang cukup apik.

Total hingga pekan ke- 27, Oxford United berhasil bertengger di urutan 12 dengan raihan 35 angka hasil 9 kemenangan, 8 kali seri serta 10 kekalahan.

Meski belum termasuk dalam kandidat juara, namun Oxford United berhasil bertahan di level ketiga Liga Inggris selama 7 musim beruntun.

Baca Juga

Lecce
Berikutnya adalah Lecce, klub Serie A Liga Italia yang juga bisa jadi destinasi Egy Maulana Vikri jika ingin berkarier di kasta teratas Eropa.

Pada Mei 2022 lalu, salah satu pengusaha asal Indonesia, Alvin Sariaatmadja resmi menjadi pemilik saham minoritas dari Lecce sebesar 10%.

Baca Juga

Kepastian itu diumumkan langsung oleh akun resmi Lecce dan mengonfirmasi bahwa bos Emtek tersebut bersama dua pengusaha berdarah Swiss-Italia menjadi pemilik saham yang baru dari Lecce.

Selain Lecce sejatinya ada satu klub Liga Italia lain yang dimiliki oleh orang Indonesia, yakni Como FC di Serie B, namun peluang Egy Maulana Vikri untuk bermain di sana sangat kecil lantaran peraturan transfer pada kompetisi tersebut sangat ketat.

“Karena input player di Seri B itu harus uni eropa, kecuali yang dari Seri A baru boleh (main di Serie B). Kalo ada pemain kita yang bermain di Serie A baru kemungkinan bisa gabung ke Como FC,” jelas Kurniawan Dwi Yulianto yang kini menjabat sebagai asisten pelatih Como FC, Selasa (30/08/22) silam.

Baca Juga

2. Brisbane Roar

Robbie Fowler, legenda Liverpool saat melatih klub milik orang Indonesia, Brisbane Roar

Terakhir adalah Brisbane Roar. Klub ini juga bisa jadi alternatif Egy Maulana Vikri jika dirinya masih ingin berkarier di luar negeri namun tidak jauh dari Indonesia.

Brisbane Roar merupakan salah satu peserta di kasta teratas Liga Australia, yang sampai saat ini sahamnya masih dimiliki oleh Bakrie Group.

Selama berdiri, pencapaian Brisbane Roar di kompetisi Liga Australia terbilang cukup mentereng dengan meraih dua gelar A-League Men Premiership serta tiga kali menjuarai A-League Men Championship.

Dengan kualitas Egy Maulana Vikri yang sempat bermain di level Eropa, tampaknya Brisbane Roar bisa jadi pilihan tepat untuk melanjutkan kariernya musim depan.

SlovakiaEgy Maulana VikriBerita TransferFC ViOn Zlate MoravceZlate Moravce

Berita Terkini