x

Oxford United, Klub Milik Orang Indonesia yang Tantang Arsenal di Liga Inggris Malam Ini

Senin, 9 Januari 2023 16:58 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Oxford United, salah satu klub milik orang Indonesia yang tantang Arsenal dalam laga Piala FA Liga Inggris pada malam nanti, Selasa (10/01/23) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM – Mengenal Oxford United, salah satu klub milik orang Indonesia yang akan tantang Arsenal dalam laga Piala FA Liga Inggris pada malam nanti, Selasa (10/01/23) dini hari WIB.

Bertanding di Kassam Stadium, sang tuan rumah Oxford United bakal kedatangan salah satu lawan berat yakni Arsenal dalam lanjutan putaran ketiga Piala FA 22/23.

Secara statistik dan level permainan kedua tim, jelas Arsenal bakal jauh diunggulkan untuk raih kemenangan ketimbang Oxford United.

Pasalnya, Arsenal saat ini sedang berkompetisi di Premier League alias kasta teratas Liga Inggris. Sementara Oxford United hanya mentas di League One atau kasta ketiga Liga Inggris.

Selain itu, Arsenal juga sedang dalam tren terbaiknya dengan catatkan 11 laga tak terkalahkan dengan sembilan diantaranya merupakan kemenangan.

Baca Juga

Dengan torehan tersebut, Arsenal pun kini bertengger kokoh di puncak klasemen Liga Inggris lewat koleksi 44 poin, unggul lima angka dari Manchester City yang jadi pesaing terdekat.

Berbanding terbalik dengan Arsenal, sang tuan rumah di pertandingan nanti yakni Oxford United justru dalam kondisi terpuruk.

Baca Juga

Pasalnya, Oxford United baru kembali menelan kekalahan 0-1 saat menjamu Exeter City dalam lanjutan pekan ke-25 League One hari Minggu kemarin.

Berbekal hasil tersebut, Oxford United melorot ke peringkat 15 klasemen sementara League One dengan raihan 29 angka.

Oxford United hanya berjarak 6 angka dari Accrington yang berada di zona degradasi, serta 11 poin dari Barnsley FC di tempat keenam atau batas akhir play off promosi musim depan.

Meski diatas kertas tim tuan rumah tidak diunggulkan, namun duel Oxford United vs Arsenal nanti tetap layak disaksikan, terutama buat para pecinta sepak bola Tanah Air lantaran Oxford United saat ini diketahui tengah dimiliki oleh pengusaha Indonesia.

Baca Juga

1. Profil Oxford United

Oxford United.

Oxford United merupakan salah satu klub sepak bola Inggris yang cukup tua di Inggris dan berbasis di kota Oxford, Oxfordshire.

Saat ini, Oxford United tengah berkompetisi di League One dan jadi musim keenam mereka di kasta ketiga Liga Inggris tersebut sejak raih tiket promosi musim 2016/17 silam.

Meski cukup konsisten di League One, namun Oxford United yang telah berdiri sejak tahun 1893 ini tercatat alami sejumlah masa kelam termasuk degradasi ke Conference National atau kasta kelima Liga Inggris musim 2005/06.

Namun sejak kembali tampil di League Two tepatnya pada era kepelatihan Michael Appleton, performa Oxford United mampu kembali stabil.

Puncaknya pada musim 2015/16, mereka sukses mendapat tiket promosi ke League One setelah menjadi runner up di bawah Northampton Town.

Baca Juga

Selain itu, Oxford United juga cetak rekor dengan torehkan 14 kemenangan dalam laga tandang. Catatan tersebut masih belum bisa diulang The U's hingga sekarang.

Meski jarang mentas di kasta tertinggi Liga Inggris alias Premier League, namun Oxford United pernah meraih beberapa gelar juara di level regional.

Baca Juga

Seperti juara Third Division Football League pada musim 1967/68 dan 1983/84. League Cup musim 1985/86, Football League Trophy 2016/17 serta Southern League Cup 1952/53 dan 1953/54.

Nama Oxford United mulai jadi perbincangan, terutama para pecinta sepak bola Tanah Air setelah kabar salah satu pengusaha Indonesia disebut telah mengambil alih saham The U’s.

Puncaknya pada tahun 2021 lalu, laporan dari The Telegraph menyebutkan jika proses pembelian Oxford United telah dilakukan oleh sebuah konsorsium Indonesia yang dipimpin Erick Thohir.

Baca Juga

2. Anindya Bakrie Memiliki Saham Oxford United

Erick Thohir dan Anindya Bakri pegang 51 persen Oxford United. Foto: Oxford United

Salah satu putra Aburizal Bakrie yakni Anindya Bakrie dikabarkan juga merupakan salah satu orang yang ada di konsorsium pimpinan Erick Thohir tersebut. Anindya Bakrie sendiri saat ini tercatat sebagai Direktur Oxford United.

Konsorsium pimpinan Erick Thohir tersebut juga kabarnya mendapatkan dukungan kuat dari beberapa ‘sultan’ di Indonesia.

Kabarnya, Erick Thohir dkk telah bernegosiasi dan mengajukan tawaran pembelian 51 persen saham klub yang saat ini mayoritasnya dipegang oleh pengusaha kenamaan Thailand yakni Sumrith ‘Tiger’ Thanakarnjanasuth.

Sumrith ‘Tiger’ Thanakarnjanasuth sendiri menjadi pemilik saham mayoritas Oxford United setelah melakukan pengambilalihan 3 tahun yang lalu.

Sebelumnya, Erick Thohir yang menjabat sebagai Menteri BUMN ini pernah berada dalam barisan manajemen Oxford United dari tahun 2018-2019.

Baca Juga

Dirinya masuk ke dalam manajemen Oxford United pada November 2018, lalu terpaksa harus lengser setahun kemudian karena harus mengemban amanah dan tugas dari Presiden Indonesia Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri BUMN.

Jelang menghadapi Arsenal di Piala FA malam nanti, Anindya Bakrie selaku Direktur Oxford United ikut memberikan dukungan buat skuad Oxford.

"Ini pertandingan yang menantang bagi Oxford. Kesempatan bagi Oxford untuk naik kelas," kata Anindya Bakrie dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/1/2023).

"Semua elemen Oxford, official, pelatih, pemain, dan juga warga Oxford siap menyambut 'the gunners' Arsenal. Oxford harus memberikan perlawanan maksimal," tambah Anindya Bakrie.

ArsenalPiala FALiga InggrisOxford United

Berita Terkini