x

5 Pemain Swiss yang Kini Merumput di Liga Inggris, Ada Gelandang Andalan Arsenal

Sabtu, 7 Januari 2023 17:35 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Granit Xhaka berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Newcastle.

INDOSPORT.COM - Swiss ternyata bukan negara sembarangan, mereka punya cukup banyak pemain berbakat. Terdapat 5 pemain mereka yang merumput di Liga Inggris musim 2022/2023.

Swiss merupakan negara yang berada di bagian Eropa tengah. Yang juga ikut tampil di Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Baca Juga

Mereka tergabung di Grup G Piala Dunia 2022 bersama dengan Brasil, Serbia dan Kamerun. 

Benar saja, dengan skuat yang dimiliki, pelatih Murat Yakin berhasil menaklukkan persaingan di Grup G dengan catatan dua kali menang dan sekali kalah. 

Swiss pun melaju ke babak 16 besar namun harus bertemu lawan kuat yakni Portugal. Di babak ini, mereka harus menerima kekalahan telak 1-6. 

Baca Juga

Di samping kegagalan pada babak 16 besar Piala Dunia 2022, Swiss memang memiliki beberapa pemain berbakat. 

Bahkan 5 dari pemain yang mereka bawa ke Qatar, merumput di Liga Inggris untuk musim 2022/2023 ini. Siapa saja mereka?

5. Fabian Schar

Fabian Schar adalah salah satu bek andalan milik Swiss. Pemain 31 tahun ini sekarang bermain untuk klub Liga Inggris Newcastle United sejak musim panas 2018 lalu. 

Baca Juga

Masih diandalkan The Magpies sejauh ini, Schar sendiri sudah mencatat sebanyak 75 caps bersama Swiss di berbagai kompetisi. 

Sementara di Newcastle United, Schar juga sudah mencatat sebanyak 118 penampilan dengan 10 gol dan tiga assist di semua kompetisi sejak 2018. 


1. 4. Kevin Mbabu

Denis Zakaria bersama Ben Chilwell di laga Chelsea vs Dinamo Zagreb (03/11/22). (Foto: Reuters/Peter Cziborra)

Kevin Mbabu merupakan salah satu pemain asal Swiss yang baru saja menjajal karir di Liga Inggris. Dia menerima pinangan dari klub promosi Fulham di musim panas 2022 kemarin. 

Fulham merekrut pemain 27 tahun itu dari klub Bundesliga VfL Wolfsburg dengan mahar sebesar 6 juta euro. 

Baca Juga

Namun sayang, pemain yang diandalkan oleh Wolfsburg, harus lebih sering menghangatkan bangku cadangan sejak gabung Fulham. 

3. Granit Xhaka

Siapa yang tidak kenal Granit Xhaka yang namanya sudah populer sejak gabung Arsenal di musim panas 2016 lalu. 

Gelandang 30 tahun ini juga menjadi kapten pertama untuk tim nasional Swiss, termasuk ketika tampil di Piala Dunia 2022 kemarin. 

Baca Juga

Pelatih Arsenal Mikel Arteta juga terus mengandalkannya di lini tengah, hingga kini dirinya sudah mencatat 265 penampilan dengan 18 gol dan 25 assist. 

Sementara untuk negaranya, Xhaka sudah mencatat sebanyak 111 caps dengan catatan 12 gol di semua turnamen antarnegara. 

2. Denis Zakaria

Denis Zakaria memang mulai mencuri perhatian karena penampilan impresifnya bersama klub Liga Jerman Borussia Monchengladbach. 

Baca Juga

Hingga akhirnya di awal tahun 2022, dia memutuskan untuk gabung dengan raksasa Liga Italia Juventus. Namun musim panas 2022 kemarin, dia dipinjamkan ke Chelsea. 

Pemain dengan catatan 42 caps bersama Timnas Swiss ini masih jarang diberi kesempatan oleh The Blues sejak gabung di musim panas 2022. 


2. 1. Remo Freuler

Selebrasi penggawa Atalanta, Remo Freuler usai menjebol gawang Valencia ketiga kalinya di babak 16 besar leg pertama Liga Champions 2019-2020

Nama Remo Freuler juga mengawali karirnya secara perlahan namun pasti. Khususnya ketika kiprahnya bersama Atalanta yang membuatnya mulai dilirik klub-klub top Eropa. 

Namun Freuler secara mendadak menerima pinangan untuk berlabuh ke Liga Inggris, lebih tepatnya merapat ke Nottingham Forest. 

Nottingham Forest berani membayarkan transfer senilai 10 juta euro atau sekitar Rp156 miliar kepada Atalanta di musim panas 2022 kemarin. 

Baca Juga

Tentu saja, pengalaman matang Freuler dibutuhkan oleh Nottingham Forest yang notabene merupakan klub promosi di Liga Inggris musim 2022/2023. 

Di Liga Inggris sejauh musim ini, gelandang 30 tahun itu berhasil mencatat 14 pertandingan untuk Nottingham Forest.

SwissArsenalGranit XhakaLiga InggrisDenis Zakaria

Berita Terkini