x

Cristiano Ronaldo Pecat Jorge Mendes Sebagai Agennya Gara-gara Gagal Bertahan di Eropa

Rabu, 25 Januari 2023 14:56 WIB
Editor: Juni Adi
Cristiano Ronaldo di laga Riyadh XI vs PSG, Jumat (20/01/23). Foto: REUTERS/Ahmed Yosri TPX IMAGES OF THE DAY.

INDOSPORT.COM - Kegaglan Jorge Mendes mencarikan klub baru pada musim panas 2022 lalu untuk Cristiano Ronaldo, membuat keduanya putus kerja sama.

Bursa transfer musim dingin Januari 2023 dibuat heboh dengan keputusan Cristiano Ronaldo meninggalkan sepak bola Eropa, untuk bergabung dengan klub asal Arab Saudi, Al-Nassr.

Kepergian Ronaldo menuju Asia tidak lepas dari kehebohan yang ia buat beberapa waktu lalu, jelang Piala Dunia 2022.

Saat itu Ronaldo yang masih berstatus sebagai pemain Manchester United, secara blak-blakan memberikan kritik terhadap klub saat hadir dalam wawancara dengan Pier Morgan di program Pier Morgan Uncensored.

Dalam kesempatan itu Ronaldo mengklaim ada banyak pihak di dalam yang menginginkan dia hengkang dari Manchester United pada musim panas 2022.

Baca Juga

"Saya merasa dikhianati. Saya merasa beberapa orang tidak menginginkan saya di Manchester United, tidak hanya tahun ini tetapi juga musim lalu," ujarnya dalam petikan wawancara di Piers Morgan Uncensored.

Cristiano Ronaldo sendiri didatangkan oleh Manchester United dari Juventus pada Agustus 2021 lalu dengan durasi kontrak dua tahun. 

Baca Juga

Setan Merah menikung Manchester City yang berusaha menggaet megabintang asal Portugal saat itu. Ia juga mengajak para penggemar untuk tidak mempercayai orang-orang manajemen klub.

"Saya rasa fans harus tahu yang sebenarnya. Saya menginginkan yang terbaik untuk klub dan inilah mengapa saya datang ke Manchester United," kata Ronaldo.

"Tetapi Anda memiliki beberapa hal di dalam [manajemen] yang tidak membantu kami mencapai level tertinggi seperti Manchester City, Liverpool, dan bahkan sekarang Arsenal.

"Klub dengan sumber daya seperti ini menurut saya harus menjadi yang terbaik dan sayangnya tidak," tutur Cristiano Ronaldo.

Baca Juga

1. Ronaldo Pecat Agen Jorge Mendes

Cristiano Ronaldo menjalani debut saat Al Nassr bersua Al Ettifaq di Liga Arab Saudi. REUTERS/Ahmed Yosri

Akibat wawancara itu usai Piala Dunia 2022, Manchester United langsung memutus kontraknya tanpa pesangon.

Ronaldo pun sempat jadi pemain tanpa klub dalam beberapa pekan. Sang agen, Jorgen Mendes didesak untuk segera mencarikan klub baru.

Upaya Mendes mencari klub bukan hanya ketika Ronaldo sudah berstatus pemain gratisan, tetapi sejak musim panas 2022 kemarin.

Salah satu agen ternama di dunia sepak bola itu berusaha 'menjual' Ronaldo ke beberapa klub papan atas Eropa demi bisa tetap tampil di Liga Champions, Chelsea dan Bayern Munchen jadi dua klub yang diutamakan oleh Mendes atas permintaan Ronaldo.

Apabila gagal memenuhi permintaan tersebut, mantan bintang Juventus itu mengancam bakal mengakhiri kerja sama dengan Mendes, yang sudah terjalin sejak Ronaldo mengawali karier di Sporting Lisbon.

Baca Juga

"Entah Anda bisa membuat saya bergabung dengan Chelsea atau Bayern Muenchen, jika tidak, hubungan kerja sama kita selesai," ujar Ronaldo kepada Mendes dalam laporan El Mundo tersebut, Kamis (25/1/2023).

Jorge Mendes pada akhirnya gagal memenuhi permintaan Ronaldo, meski berbagai upaya sudah ia lakukan agar kliennya bisa tetap eksis di sepak bola Eropa

Baca Juga

Bahkan, tidak hanya Chelsea dan Bayern Muenchen, Mendes juga dilaporkan sempat menawarkan Ronaldo kepada Atletico Madrid dan Borussia Dortmund.

Kegagalan Mendes mencari klub baru buat Ronaldo akhirnya berujung pada pemutusan kerja samanya dengan bintang asal Portugal tersebut. 

Ronaldo akhirnya tetap bertahan di United sebelum akhirnya memutuskan mengakhiri kontraknya bersama Setan Merah pada November silam.

Kini Cristiano Ronaldo telah bergabung dengan Al-Nassar dengan durasi kontrak selama dua setengah tahun dan dibayar mencapai 200 juta euro per musim oleh klub yang bermarkas di Riyadh itu.

Baca Juga
Manchester UnitedCristiano RonaldoChelseaBayern MunchenJorge MendesAl NassrBola Internasional

Berita Terkini