x

Bursa Transfer Liga 1: Barito Putera Lepas 2 Pilar Andalan, Termasuk Kiper Veteran

Kamis, 26 Januari 2023 13:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
PS Barito Putera resmi melepas dua pilar andalan pada bursa transfer Liga 1 2022-2023, salah satunya yakni kiper veteran Laskar Antasari, Aditya Harlan.

INDOSPORT.COM - PS Barito Putera resmi melepas dua pilar andalan pada bursa transfer Liga 1 2022-2023. Salah satunya yakni kiper veteran Laskar Antasari, Aditya Harlan.

Barito Putera melakukan bongkar pasang pemain pada bursa transfer Liga 1 2022-2023. Mulai pemain asing hingga pemain lokal mengalami perubahan yang signifikan.

Maklum, skuad berjuluk Laskar Antasari saat ini terbenam di dasar klasemen Liga 1, baru meraih 16 poin dari 19 penampilan musim ini.

Setelah sebelumnya melepas empat pilar lokal, yakni Ambrizal Umanailo, Luthfi Kamal, Rendy Saputra, dan Yogi Hermawan, kini manajemen melepas dua pemain lainnya.

Pertama, yakni kiper Aditya Harlan, sosok yang sudah membela Barito Putera dalam satu dekade terakhir. Ia bermain untuk tim Laskar Antasari sejak tahun 2012 silam.

Baca Juga

Aditya Harlan mengalami naik turun saat berseragam Barito Putera. Pernah menjadi kiper terbaik, tetapi juga kebobolan cukup banyak gol pada beberapa tahun terakhir.

Seperti musim ini, Aditya Harlan dipercaya untuk tampil dalam empat laga. Namun, ia tak sekali pun mencatatkan cleansheet, malah kebobolan hingga delapan gol.

Baca Juga

Meski sudah cukup lama berseragam Barito Putera, Aditya Harlan sempat tersisih oleh M. Riyandi sejak beberapa musim lalu.

Tahun ini, meski Riyandi sudah hengkang ke Persis Solo, Aditya Harlan tetap kalah saing dengan kiper Joko Ribowo dan Nor Halid.

Alhasil, manajemen harus mengevaluasi penampilannya dan dikabarkan segera menyudahi kontrak Aditya Harlan. Lantas, kemana ia akan berlabuh di putaran kedua?

Baca Juga

1. Aditya Harlan ke Persita?

Kiper Barito Putera, Aditya Harlan dikabarkan merapat ke Persita Tangerang di bursa transfer Liga 1 2022-2023.

Meski belum ada pernyataan resmi dari manajemen Barito Putera terkait pelepasan Aditya Harlan, tetapi sang kiper dikabarkan segera merapat ke skuad Persita Tangerang.

Salah satu akun Instagram yang kerap memberikan rumor transfer pemain Liga 1, @gosball turut menguatkan dugaan itu.

"Kiper senior, Aditya Harlan (35 tahun) dikabarkan akan menuju Persita Tangerang," tulisnya.

Apalagi, mengingat faktor keluarga Aditya Harlan yang sampai kini menetap di ibu kota, maka besar kemungkinan proses transfer ke Persita Tangerang akan segera terwujud.

Selain Aditya Harlan, manajemen Barito Putera juga resmi melepas bek tangguh, Donny Monim. Hal itu telah diumumkan lewat unggahan teranyar di Instagram.

Baca Juga

"Terima kasih atas cinta dan dedikasinya selama membela Laskar Antasari, Kaka Donny Monim. Sukses untuk petualangan selanjutnya," tertulia di kolom caption IG.

Baca Juga

Perlu diketahui, Donny Monim adalah bek Barito Putera pada musim 2019 lalu. Namun, ia hanya satu musim bermain, lalu diboyong oleh pelatih Jacksen F. Tiago ke Persipura.

Nahasnya, di musim tersebut, Persipura Jayapura harus terdegradasi ke Liga 2. Alhasil, Donny Monim kembali ke skuad Laskar Antasari pada awal musim Liga 1 2022/23.

Namun, tampil dalam sepuluh laga, delapan kali sebagai starting eleven, Donny Monim nampaknya tidak sesuai skema pelatih, sehingga kontraknya pun dicukupkan oleh Barito Putera.

Baca Juga
Bursa TransferBarito PuteraPersita TangerangKiperLiga IndonesiaLiga 1Berita TransferBerita Bursa TransferBerita Liga 1Transfer PemainDonny MonimAditya HarlanLiga 1 2022-2023

Berita Terkini