x

Liga 1: Batal Hadapi PSIS Semarang, Barito Putera Tebar Ancaman ke PSS Sleman

Jumat, 27 Januari 2023 15:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Skuat Barito Putera di Liga 1 2022. Pekan ini Laskar Antasari akan menghadapi PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Batal menghadapi PSIS Semarang di pekan ke-20 Liga 1 Indonesia 2022-2023, Barito Putera akhirnya mengalihkan target dan bersiap menghadapi PSS Sleman.

Sejatinya, Barito Putera dijadwalkan untuk menjamu skuat PSIS Semarang di Stadion Demang Lehman, Martapura, hari Kamis (26/1/23) sore, mulai pukul 15.00 WIB.

Namun, agenda itu bertepatan dengan momentum acara keagamaan, yakni Haul Guru Sekumpul pada Kamis, sehingga pihak kepolisian tidak memberikan izin tanding.

Perlu diketahui, haul adalah peringatan kematian bagi pemeluk agama Islam.

Sementara Guru Sekumpul adalah ulama kharismatik asal Kalimantan Selatan, pemilik nama lengkap KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani.

Baca Juga

Setiap tahun, agenda Haul Guru Sekumpul berlangsung meriah. Jutaan orang datang berbondong-bondong ke Kota Martapura untuk melakukan ziarah atau berdoa.

Bahkan, Presiden Joko Widodo juga pernah hadir dalam agenda Haul Guru Sekumpul 2018. Sementara untuk tahun ini, Wapres KH. Ma'ruf Amin kedapatan hadir.

Baca Juga

Mengingat betapa besarnya agenda ini, maka personil keamanan akan difokuskan di area Haul Guru Sekumpul, yang juga berada di bilangan Martapura, Kalimantan Selatan.

Oleh karena itu, pertandingan Barito Putera vs PSIS Semarang harus ditunda sampai waktu yang belum ditentukan, menunggu jadwal susulan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Memanfaatkan penundaan laga, Laskar Antasari akhirnya memilih untuk berlatih rutin, menyusun strategi guna mendapat hasil yang lebih baik di laga berikutnya.

Baca Juga

1. Barito Manfaatkan Waktu untuk Adaptasi

Rodney Borges Goncalves, pimpin latihan Barito Putera.

Skuat Barito Putera menyambut positif penundaan laga Liga 1 2022-2023 melawan PSIS Semarang. Tim memiliki lebih banyak waktu untuk menghadapi PSS Sleman.

Barito Putera akan menjamu PSS Sleman di Stadion Demang Lehman, Selasa (31/01/23) sore, pukul 15.00 WIB. Laskar Antasari pun membidik perolehan toga poin di laga ini.

"Kami akan menggunakan waktu untuk melakukan beberapa penyesuaian, untuk laga Selasa nanti," ucap pelatih kepala Barito Putera, Rodney Goncalves.

"Dan pada saat yang sama, (penundaan) ini memberikan lebih banyak waktu kepada pemain baru kami untuk bisa beradaptasi."

Ya, Barito memang merekrut sejumlah pemain baru di bursa transfer paru musim Liga 1 2022-2023. Satu pemain asing yang didatangkan adalah Gustavo Tocantins.

Baca Juga

Sementara pemain lokal yang direkrut di pertengahan musim ini adalah Aditya Putra Dewa, Risna Prahalabenta, M. Helmi, Patrick Womsiwor, serta Chris Robert Rumbiak.

Menurut pelatih Rodney Goncalves, laga kontra PSS Sleman ini sangat penting bagi Barito Putera, yang kini tenggelam di dasar klasemen sementara Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

Siapapun lawannya, ketika bertanding di Demang Lehman, Rodney menegaskan bahwa Barito Putera wajib menang.

"Karena, jika kami mendapat tiga poin, mungkin kami akan mengubah posisi dan keluar dari zona degradasi. Tidak masalah siapa yang akan kami lawan ketika menjadi tuan rumah," lanjut pelatih asal Brasil itu.

"Target kami adalah menekan sepanjang waktu, dan kami mencoba untuk menjaga permainan di bawah kendali kami. Kami akan coba melakukannya," pungkasnya.

Baca Juga
Barito PuteraPSS SlemanPSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023Rodney Borges Goncalves

Berita Terkini