x

Jelang Penutupan Bursa Transfer, Tottenham Selangkah Lagi Gaet Wonderkid Chelsea

Senin, 30 Januari 2023 19:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi Harry Kane pasca mencetak gol di laga Tottenham Hhotspur vs Arsenal (13/05/22). (Foto: Reuters/Paul Childs)

INDOSPORT.COM – Jelang penutupan bursa transfer Januari 2023, Tottenham Hotspur selangkah lagi akan menggaet wonderkid dari rivalnya di Liga Inggris (Premier League), Chelsea.

Adapun wonderkid Chelsea yang akan bergabung Tottenham itu adalah penyerang muda berdarah Inggris-Thailand, yakni Jude Soonsup-Bell.

Dilaporkan oleh Evening Standard, Tottenham mampu menyepakati biaya transfer untuk pemain muda berusia 19 tahun tersebut.

Transfer ini mendapat restu dari Chelsea dikarenakan kontrak Soonsup-Bell bersama klub asal London Barat ini akan habis pada Juni 2023.

Awalnya, The Blues, julukan Chelsea, sempat memberikan perpanjangan kontrak kepadanya. Tapi tawaran itu mendapat penolakan.

Baca Juga

Penyebab utamanya adalah gaya belanja jor-joran Chelsea yang banyak mendatangkan pemain muda. Hal ini membuat Jude Soonsup-Bell pun gusar.

Kegusaran ini berujung pada pembelotan terhadap Chelsea yang dilakukannya dengan menerima pinangan Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Disebutkan bahwa Tottenham telah menyiapkan rencana bagi Soonsup-Bell, di mana ia akan terlebih dulu masuk ke tim U-21 klub berjuluk Spurs tersebut.

Usai membantu tim U-21, Tottenham akan memproyeksikan Soonsup-Bell ke tim utama dengan memberikannya pengalaman bertanding.

Pengalaman bertanding yang akan diberikan Tottenham Hotspur kepadanya sendiri adalah peminjaman ke klub lainnya, agar dirinya bisa mengikuti jejak Harry Kane.

Baca Juga

1. Baru Sekali Tampil bagi Chelsea

Para pemain Chelsea tertunduk lesu pasca kalah dari Newcastle United (13/11/22). (Foto: Reuters/Lee Smith)

Nama Jude Soonsup-Bell sendiri sejatinya tak asing bagi pendukung Chelsea. Sebab, ia pernah mencetak rekor kala bermain bagi tim muda.

Soonsup-Bell mampu mencetak rekor sebagai pemain muda Chelsea pertama yang mampu mencetak empat gol dalam satu laga di ajang Piala FA Youth atau kompetisi muda Piala FA.

Catatan apiknya itu membuatnya berkesempatan masuk ke tim utama, terutama di musim 2021/22 lalu kala Chelsea dihantam badai cedera.

Soonsup-Bell lantas mendapatkan debutnya bersama tim senior Chelsea saat pelatih The Blues musim lalu, Thomas Tuchel, menjadikannya starter di ajang Piala Liga Inggris atau Carabao Cup kontra Brentford.

Di laga tersebut, Soonsup-Bell tampil selama 45 menit di paruh pertama tanpa mencetak satu gol maupun satu assist bagi The Blues.

Baca Juga

Di samping itu, Soonsup-Bell menjadi buah bibir, terutama di sepak bola Asia Tenggara, karena riwayatnya yang ternyata keturunan Thailand.

Bahkan, karena statusnya sebagai keturunan Thailand, Soonsup-Bell mengaku dirinya membuka opsi membela tim Gajah Perang di masa depan.

Baca Juga

“100 persen tentunya (membela Timnas Thailand). Ini masih di awal karier profesionalku. Saya masih berusia 16 tahun,” ucap Soonsup-Bell dikutip dari Goal Thailand.

“Anda cukup menunggu dan memantau perkembangan saya karena saya belum bisa menjawab pertanyaan ini,” lanjutnya.

Saat ini, Soonsup-Bell sendiri tercatat sebagai penggawa Timnas Inggris U-19 dengan total dua penampilan dan sumbangan satu gol.

Baca Juga

Sumber: Evening Standard

Bursa TransferChelseaTottenham HotspurBerita TransferOne Football

Berita Terkini