x

11 Pemain Absen di Latihan Perdana Timnas Indonesia U-20 di Jakarta

Kamis, 2 Februari 2023 16:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Timnas Indonesia U-20 kembali ke Indonesia usai TC di Eropa. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 sudah mulai berkumpul di Jakarta pada Rabu (01/02/23) untuk pemusatan latihan jelang Piala Asia U-20 2023. Dari 30 nama yang dipanggil, baru 19 nama yang datang.

Asisten pelatih Timnas U-19, Nova Arianto mengonfirmasi baru 19 pemain yang ikut latihan di hari pertama. 11 nama lainnya masih belum hadir dan masih membela klubnya masing-masing di Liga 1 2022.

Namun, Nova juga belum bisa membocorkan siapa saja pemain yang belum hadir. Ia juga belum memastikan kapan para pemain tersebut wajib hadir di pemusatan latihan.

"Saat ini baru ada 19 pemain yang hadir di Jakarta. Untuk yang lainnya nanti akan kami update lagi," jelas Nova melalui pesan singkat.

Pada hari pertama berkumpul yakni kemarin, 19 pemain yang hadir belum diberi materi latihan. Mereka hanya diminta lakukan pemanasan di hotel dan jalani latihan di gym.

Baca Juga

Dari video siaran langsung PSSI, beberapa nama yang ikut latihan adalah Hugo Samir, Marcell Januar, Brandon Scheunemann, Barnabas Sobor dan lainnya.

"Kemarin hari pertama itu hanya latihan ringan di pinggir kolam dan dilanjutkan ke gym," jelas media officer PSSI, Bandung Saputra.

Baca Juga

Saat di Gym, para pemain juga diajari dasar-dasar menggunakan alat untuk membentuk otot tubuh. Pelatih fisik Timnas U-20, Shin Sang Gyu turun langsung memberikan contoh.

Lebih lanjut, Nova Arianto menjelaskan baru pada hari kedua, Kamis (02/02/23) tim pelatih akan mengasah kemampuan pemain di lapangan. Tapi, materi yang diberikan nanti masih latihan fisik dan dasar sepak bola.

Pemusatan latihan Timnas U-20 akan berlangsung hingga 28 Februari mendatang. Ini juga jadi ajang seleksi karena pelatih Shin Tae-yong hanya akan membawa 23-25 pemain ke Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga

1. Agendakan Uji Coba

Pertandingan dalam uji coba antara Timnas Indonesia U-20 vs Prancis U-20. (Foto: PSSI)

Selama pemusatan latihan, PSSI akan menjadwalkan uji coba bagi Timnas U-19, agar fisik dan mental pemain tetap terjaga. Namun, calon lawan masih belum ditentukan.

Piala AFC U-20 2023 akan digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2022. Skuad Garuda Nusantara berada di grup A bersama tuan rumah, Irak, dan Suriah.

Baca Juga

Pada laga perdana, Indonesia akan melawan Irak pada 1 Maret, lalu berduel dengan Suriah pada 4 Maret dan terakhir lawan tuan rumah, Uzbekistan pada 7 Maret mendatang.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan optimistis dengan skuad yang dipanggil oleh Shin Tae-yong. Masih ada waktu untuk membenahi kekurangan para pemain baik fisik, mental maupun taktik. 

Baca Juga

"Semoga pada ajang Piala AFC U-20 2023, kami meraih prestasi terbaik. Turnamen ini juga menjadi tolak ukur persiapan Garuda Nusantara menghadapi Piala Dunia U-20 mendatang," tuntas Iriawan.

PSSINova AriantoBola InternasionalShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini