x

Berpotensi Balik ke Tim, 3 Alasan Man United Wajib Putus Kontrak dan Depak Mason Greenwood

Jumat, 3 Februari 2023 15:16 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Mason Greenwood merayakan gol penentu kemenangan timnya pada laga pekan ke-31 Liga Inggris antara Manchester United vs Brighton.

INDOSPORT.COM – Sebanyak tiga alasan tersaji untuk raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, agar memutus kontrak salah satu bintangnya, Mason Greenwood.

Seperti yang diketahui, Greenwood berpotensi kembali ke skuad Manchester United usai dakwaan kasus kekerasan seksualnya dinyatakan telah dibatalkan.

Keputusan ini diumumkan oleh Polisi Greater Manchester (GMP) pada 2 Februari 2023 waktu setempat bahwa tiga dakwaan yang dijatuhkan kepada pemain berusia 21 tahun itu telah dibatalkan.

Tiga dakwaan tersebut adalah pemerkosaan, tindakan mengontrol dan memaksa, serta penyerangan yang dilakukan terhadap salah satu wanita.

Crown Prosecution Service (CPS) pun kemudian mengumumkan bahwa proses pidana terhadap dakwaan itu dihentikan karena mundurnya beberapa saksi-saksi.

Baca Juga

“Dalam situasi ini, kami di bawah kewajiban untuk menghentikan kasusnya (Greenwood). Kami sudah menjelaskan keputusan kami ke semua pihak,” bunyi pernyataan CPS dilansir dari Sky Sports.

Dengan pernyataan ini, Mason Greenwood pun dinyatakan bebas, setelah sempat ditahan dan dibebaskan dengan jaminan.

Baca Juga

Ia pun tak perlu melakoni persidangan terhadap dakwaannya kepada itu yang semula dijadwalkan akan digelar pada 27 November mendatang.

Dengan dibebasnya Greenwood dari dakwaan terhadapnya, ada potensi bahwa ia akan kembali ke Man United. Pihak klub pun kabarnya tengah mendiskusikan masa depan pemainnya itu.

Karena adanya potensi dan belum keluarnya putusan dari Manchester United, ada tiga alasan mengapa klub berjuluk The Red Devils itu harus memutus kontrak Mason Greenwood dan menendangnya. Apa saja alasan itu?

Baca Juga

1. Membuat Citra Klub Jadi Buruk

Andros Townsend dan Mason Greenwood saling menunjukan kekuatanya dalam pertandingan

1. Mencoreng Nama Besar Manchester United

Jika Manchester United mengambil keputusan dengan kembali menerima Mason Greenwood pasca dibebaskan pihak berwajib, maka hal ini akan mencoreng nama besar klub.

Secara hukum, Greenwood memang dinyatakan telah bebas. Tapi bukan berarti ia tak salah, karena dakwaannya gugur akibat mundurnya para saksi.

Lalu secara moril, apa yang dilakukan Greenwood merupakan hal yang tak patut dicontoh dan mengundang reaksi negatif dari masyarakat.

Apalagi jika melihat bahwa banyak rekaman video maupun rekaman suara saat Greenwood melakukan kekerasan secara fisik dan verbal terhadap wanita yang diketahui merupakan kekasihnya dulu.

Dengan adanya pandangan miring dari masyarakat, terutama netizen, keputusan mengembalikan Greenwood akan merusak citra Manchester United sebagai klub.

Baca Juga

2. Akan Merusak Keharmonisan Tim

Percaya atau tidak, kembalinya Mason Greenwood akan merusak keharmonisan tim di Manchester United yang dilatih Erik ten Hag.

Utamanya karena banyaknya bukti kekerasan yang beredar, sehingga besar kemungkinan para pemain Man United telah melihat bukti tersebut, termasuk sang pelatih, Ten Hag.

Baca Juga

Di sisi lain, kembalinya Greenwood akan merusak skema yang telah dibangun Ten Hag bersama Man United dalam enam bulan terakhir.

Greenwood yang berposisi sebagai winger kanan atau penyerang, seperti tak memiliki masa depan karena Man United punya banyak pemain yang menempati posisi tersebut.

Dengan alasan tersebut, maka ada baiknya Manchester United memutus kontrak Greenwood yang tersisa hingga 2025 mendatang.

Baca Juga

2. Alasan Taktikal

Gol Mason Greenwood di laga Manchester United vs RB Leipzig

3. Perlu Adaptasi dengan Skema Ten Hag

Mason Greenwood dianggap sebagai salah satu penyerang tajam dengan insting mencetak gol yang tinggi. Secara potensi, ia bisa menjadi andalan Manchester United di masa depan dan juga Erik ten Hag.

Tapi jika Man United memutuskan Greenwood kembali, maka ia harus segera beradaptasi dengan skema Erik ten Hag yang telah berjalan selama enam bulan terakhir.

Dengan posisi winger kanan yang ditempati Anthony dan bertugas menjadi penyuplai bola, posisi ini tak akan lagi cocok dengan Greenwood.

Andai Greenwood ditaruh sebagai penyerang, maka perannya pun tak akan cocok dengan skema Ten Hag yang menbutuhkan Target Man yang tak hanya bertugas mencetak gol saja.

Sehingga Ten Hag pun harus mengubah taktik dan formasinya agar Greenwood bisa lagi masuk ke dalam Starting Line Up Man United.

Di sisi lain, keputusan untuk memutus kontrak Greenwood pun dirasa lebih bijak demi memberi ruang kepada Man United untuk mendatangkan pemain baru yang sesuai karakter pelatihnya itu.

Manchester UnitedLiga InggrisMason GreenwoodErik ten HagOne Football

Berita Terkini