x

5 Mantan Bintang Manchester United yang Perkenalkan MLS ke Mata Dunia

Sabtu, 4 Februari 2023 01:42 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
David Beckham mantan pesepakbola Timnas Inggris

INDOSPORT.COM - Manchester United ternyata punya andil besar dalam kemajuan liga sepak bola Amerika Serikat MLS. Ada 5 mantan bintang Setan Merah yang berkarir di sana, siapa saja?

Turnamen tertinggi sepak bola Amerika Serikat, yakni Major League Soccer (MLS) memang mengalami perkembangan yang signifikan. 

Baca Juga

Beberapa pemain terkenal dari Eropa, yang sudah punya nama besar, mulai rutin berdatangan untuk menambah popularitas liga Paman Sam itu. 

Dulu ketika baru saja muncul ke publik, standar sepak bola kompetisi itu sangat rendah, bahkan dikenal sebagai pelabuhan untuk pemain-pemain top yang sudah uzur. 

Namun secara perlahan, tren pemain tua ke MLS mulai pudar dengan para pemain yang belum lewat usia 30 tahun, satu per satu berdatangan. 

Baca Juga

Tidak hanya menyambut pemain-pemain top, MLS mulai melepas pemain ke Eropa seperti saat Miguel Almiron dari Atlanta United direkrut Newcastle United pada Januari 2019. 

Bahkan mantan playmaker Atlanta United itu menjadi pemain termahal dalam sejarah Major League Soccer selama digelar. 

Transfer Almiron ke Newcastle United ini menjadi salah satu bukti ada talenta-talenta sepak bola dari Amerika dan seberapa pesat kemajuan yang dicapai liga MLS. 

Baca Juga

Di balik pencapaian luar biasa MLS sekarang, ternyata Manchester United punya andil besar. Khususnya mantan bintang mereka yang hijrah ke MLS.

Bahkan sederet mantan bintang Setan Merah di bawah ini bisa dibilang memperkenalkan MLS ke mata dunia. Siapa saja mereka?


1. 5. George Best

Selebrasi George Best usai mencetak gol untuk Manchester United pertandingan Piala FA kontra Northampton Town, 7 Februari 1970.

Pertama kali bintang Manchester United yang nekat pindah ke Amerika Serikat adalah George Best. Dia dipinjamkan Setan Merah ke Stockport setelah membela Man United dari 1963-1974. 

Setelah semusim di Stockport, dia pun bergabung dengan Cork Celtic FC. Barulah pada 1976, dia hengkang permanen ke Amerika Serikat gabung dengan Los Angeles Aztecs. 

Baca Juga

Kala itu, olahraga sepak bola belum begitu populer di Amerika Serikat seperti sekarang. Kehadiran Best disebut sebagai salah satu pelopor untuk memperkenalkan sepak bola di negara Paman Sam. 

4. Tim Howard

Tim Howard tercatat dalam sejarah sepak bola sebagai pemain Amerika Serikat pertama yang gabung dengan Manchester United di musim panas 2003 silam. 

Di musim debutnya, Howard berhasil mempersembahkan gelar Piala FA sebagai kiper utama. Namun semusim setelahnya, posisinya mulai tergeser oleh Edwin van der Sar. 

Baca Juga

Sang kiper pun tidak menyerah dengan karirnya di Liga Inggris dengan gabung Everton. Dia membela The Toffees selama 10 musim sebelum memutuskan kembali ke MLS. 

Setelah itu, Howard kembali ke negara kelahirannya sendiri dengan gabung klub MLS Colorado Rapids. 

3. Wayne Rooney

Di musim panas 2018, Wayne Rooney membuat keputusan mengejutkan yakni pergi dari Liga Inggris dan gabung dengan klub MLS DC United. 

Baca Juga

Detik-detik menjelang karirnya berakhir di Liga Inggris, top skorer sepanjang masa Man United itu sudah habis. Namun, Rooney bersikeras mematahkan anggapan itu. 

Bersama DC United, striker berbadan gempal itu kembali menemukan tajinya. Dia bahkan berhasil mengangkat DC United yang tadinya ada di dasar klasemen MLS. 


2. 2. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic di LA Galaxy.

Zlatan Ibrahimovic pernah membela Manchester United di musim panas 2016 ketika sudah berusia 35 tahun. Di usia tidak lagi muda, bomber Swedia itu sukses mencetak 17 gol untuk Setan Merah. 

Namun sangat disayangkan, Ibrahimovic perlahan tersingkir dari skuat asuhan Man United. Lantas dia memutuskan pergi dan gabung dengan LA Galaxy di 2018. 

Meski usianya sudah menginjak 37 tahun kala itu, dia masih tajam dengan mencetak 26 gol dalam 30 penampilannya pada musim perdananya di MLS. 

Baca Juga

1. David Beckham

Banyak pengamat menyebut langkah David Beckham cabut dari Real Madrid ke LA Galaxy pada 2007 silam, adalah sebuah kesalahan. 

Namun, justru kehadiran superstar seperti Beckham di klub MLS asal Los Angeles itu membuat popularitas liga benar-benar melesat di mata dunia. 

Selain sosoknya yang sangat komersil dan punya banyak penggemar, kemampuannya sebagai gelandang di lapangan hijau juga di atas rata-rata.

Manchester UnitedDavid BeckhamWayne RooneyZlatan IbrahimovicGeorge BestLos Angeles GalaxyMajor League Soccer (MLS)Liga InggrisDC United

Berita Terkini