x

Panggil Pemain Baru Keturunan Jerman dan Brasil ke Timnas Indonesia U-20, Ini Penjelasan STY

Sabtu, 4 Februari 2023 20:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengatakan punya alasan kuat memanggil lima pemain baru ke pemusatan latihan jelang Piala Asia U-20 2023.

Shin Tae-yong rupanya ingin lihat langsung kelebihan pemain tersebut, apakah layak memperkuat Timnas Indonesia U-20 atau tidak.

Adapun lima pemain baru yang dimaksud adalah Brandon Scheunemann (PSIS Semarang), Hugo Samir (Persis Solo), Ahmad Raia (Persik Kediri), Arkhan Kaka (Persis) dan Sulthan Zaky (PSM Makassar). 

Menariknya, dua nama pertama adalah pemain keturunan Jerman dan Brasil. Brandon merupakan anak dari pelatih Timo Scheunemann, sementara Hugo merupakan anak dari Jacksen F. Tiago.

Menurut Shin Tae-yong, lima pemain baru itu punya kemampuan yang baik, tapi dia belum pernah melihat langsung. Karenanya, juru taktik Korea Selatan itu beri kesempatan seleksi dari 1-28 Februari mendatang.

Baca Juga

"Memang sebelumnya sama sekali belum pernah dicek langsung dari mata saya, apalagi ini kita sedang ada persiapan turnamen. Jadi saya pun mau melihat kemampuan para pemain itu seperti apa secara langsung," kata Shin Tae-yong.

"Memang generasi atau seumuran seperti sekarang pasti cepat berubah juga kemampuan- mereka dan cepat meningkat juga. Paling cepat bisa dalam 3-6 bulan gitu," tambahnya.

"Jadi tetap list dalam timnas kita, selalu kita cek lagi cek lagi dan akhirnya kita panggil," imbuh Shin Tae-yong.

Baca Juga

Dari lima nama itu, Brandon Scheunemann (PSIS Semarang) dan Ahmad Raia (Persik Kediri) baru saja jalani debut di Liga 1 2022. Sedangkan
Arkhan Kaka (Persis) dan Sulthan Zaky (PSM) sebelumnya merupakan anggota Timnas U-16 dan Hugo Samir sebelumnya pernah ikut seleksi Timnas U-20 tahun lalu.

Baca Juga

1. Rencanankan Gelar Laga Uji Coba untuk Timnas U-20

Pertandingan Uji coba Timnas Indonesia U-20 vs slovakia U-20. (Foto: PSSI)

Pemusatan latihan Timnas U-20 berlangsung di Jakarta dan jadi ajang seleksi serta persiapan akhir menuju Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung
di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2022. Garuda Muda berada di grup A bersama tuan rumah, Irak, dan Suriah.

Selama pemusatan latihan, PSSI akan menjadwalkan uji coba bagi Timnas U-19, agar fisik dan mental pemain tetap terjaga. Namun, calon lawan masih belum ditentukan.

Di sisi lain, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan optimistis dengan skuad yang dipanggil oleh Shin Tae-yong. Masih ada waktu untuk membenahi kekurangan para pemain baik fisik, mental maupun taktik.

Baca Juga

"Semoga pada ajang Piala AFC U-20 2023, kami meraih prestasi terbaik. Turnamen ini juga menjadi tolak ukur persiapan Garuda Nusantara menghadapi Piala Dunia U-20 mendatang," tuntas Iriawan.

Baca Juga

Saat ini, ada beberapa pemain yang belum bergabung ke pemusatan latihan di TC untuk persiapan Piala Asia U-20 2023. Para pemain itu sebagian dari Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Sebelumnya, tim pelatih menyampaikan baru 19 pemain yang datang di hari kedua TC di Jakarta. Artinya, ada 11 pemain yang belum bergabung karena ada 30 nama yang dipanggil Shin Tae-yong.

Baca Juga
Piala Dunia U-20Bola InternasionalHugo SamirPiala Dunia U-20 2023Shin Tae-yongTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini