x

Hasil Uji Coba Timnas Indonesia U-20 vs Fiji U-20: Sempat Adu Jotos! Garu Muda Tetap Digdaya di GBK

Jumat, 17 Februari 2023 21:37 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
4-0 menjadi skor akhir laga uji coba antara timnas Indonesia U-20 vs Fiji U-20 yang dilangsungkan pada Jumat (17/02/23) malam WIB di Gelora Bung Karno. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - 4-0 menjadi skor akhir laga uji coba antara timnas Indonesia U-20 vs Fiji U-20 yang dilangsungkan pada Jumat (17/02/23) malam WIB di Gelora Bung Karno.

Gol-gol Garuda Muda disumbangkan oleh Arkhan Fikri, Kakang Rudianto, Resa Aditya, dan juga Hokky Caraka. Seharusnya skor lebih besar bisa dicatatkan andai anak-anak didik Shin Tae-yong bisa lebih dingin di kotak penalti lawan.

Selain finishing, emosi dari pemain timnas Indonesia U-20 juga masih perlu dibina mengingat di ujung pertandingan keributan yang berujung dengan saling pukul dan kartu merah sempat terjadi karena provokasi dari pemain Fiji U-20.

Semua hal tadi bisa menjadi pertimbangan untuk persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023 yang akan dilangsungkan di tanah air tidak lama lagi.

Meski demikian tetap ada nilai plus yang bisa ditunjukkan seperti kedalaman skuad nan apik meski belum bisa dipanggilnya sejumlah pemain inti seperti Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan.

Baca Juga

Jalannya Pertandingan

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, timnas Indonesia U-20 langsung bermain dengan inisiatif untuk menekan sejak menit pertama.

Umpan dari kaki ke kaki yang memang menjadi ciri khas Merah-Putih di bawah asuhan Shin Tae-yong tampak terlihat dan hasilnya Fiji U-20 dipaksa untuk lebih banyak bertahan.

Baca Juga

Hanya saja karena pengambilan keputusan yang kurang baik akhirnya banyak peluang yang diciptakan tuan rumah hanya berujung menjadi half-chance saja.

Dominasi timnas Indonesia U-20 akhirnya baru bisa berbuah manis di menit ke-35 kala Arkhan Fikri memecah kebuntuan. Berawal dari bola terobosan yang nyaris gagal dikontol oleh Ginanjar Wahyu, umpan cutback kemudian bisa dilepaskan untuk disambar oleh sang kapten kesebelasan masuk ke dalam gawang.

Skor 1-0 untuk laga uji coba antara timnas Indonesia U-20 vs Fiji U-20 kemudian bertahan hingga turun minum.

Baca Juga

1. Babak Kedua

timnas Indonesia U-20

Memasuki paruh kedua, Resa Aditya yang masuk meggantikan Ginanjar Wahyu mendapat ruang tembak di depan kotak penalti Fiji U-20 namun kiper Aydin Ashaz Mustahin masih bisa menepisnya hingga bola menghantam mistar.

Alih-alih keluar, si kulit bundar justru jatuh mengarah ke mulut gawang sehingga kemudian Kakang Rudianto yang menyadari itu langsung berjibaku untuk memenangkan tandukan melawan stopper dan terciptalah gol kedua tuan rumah.

Setelah unggul dua gol, timnas Indonesia U-20 kembali diuntungkan dengan kartu kuning kedua yang diterima oleh gelandang Fiji U-20 yakni Thomas Dunn yang patut disesali karena kini timnya kehilangan pemain yang sudah punya caps level senior.

Pundi-pundi gol Garuda Muda kembali bertambah jelang satu jam pertandingan berjalan. Skema umpan cutback kembali menghasilkan angka usai Resa menyelesaikan sodoran assist dari Dzaky Asraf dengan tekhnik first time di dalam kotak penalti.

Di menit 70 Shin Tae-yong melakukan rotasi besar-besaran termasuk dengan memberikan jatah tampil bagi dua pemain keturunan yakni Hugo Samir dan Brandon Scheunemann. Di saat bersamaan Fiji U-20 justru harus menyaksikan kartu merah untuk kapten mereka yakni Melvin Mani karena melanggar Kakang Rudianto.

Baca Juga

Masuknya banyak pemain baru dengan kaki-kaki segar bisa membuat hujan peluang semakin banyak dilancarkan oleh timnas Indonesia U-20. Hanya saja lagi-lagi finishing yang kurang klinis membuat gol tidak kunjung bertambah.

Barulah empat menit sebelum waktu normal usai kombinasi Hugo dan Hokky Caraka bisa menghasilkan lesakan keempat Merah-Putih. Sayang skor 4-0 tidak sendirian menjadi highlight partai persahabatan ini.

Baca Juga

Jelang peluit panjang dibunyikan masing-masing kubu mendapatkan satu kartu merah. Di timnas Indonesia U-20 ada Hokky sedangkan untuk Fiji U-20 adalah pemain pengganti, Pawan Singh.

Semu bermula dari perebutan bola di depan bench antara Singh dan Frengky Missa yang berujung dengan pemukulan pada sang bek tanah air. Hokky yang coba membela rekannya ikut terkena bogem dari Singh dan sempat membalas.

Akhirnya adu mulut dan saling dorong sempat terjadi sebelum akhirnya wasit menengahi. Begitu laga usai para pemain dan ofisial kedua tim mencoba untuk mendinginkan suasana.

Baca Juga

2. Susunan Pemain Timnas Indonesia U-20 vs Fiji U-20

Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia U-20 (4-5-1): Daffa Fasya, Dony Tri Pamungkas, Kakang Rudianto, Marcell Januar, Sulthan Zaky, Zanadin Fariz, Achmad Maulana, Arkhan Fikri, Ginanjar Wahyu, Dzaky Asraf, Rabbani Tasnim

Fiji U-20 (4-4-2): Aydin Ashaz Mustahib, Fataul Raheem, Peter Ravitisai, Sailasa Ratu, Sterling Vasconcellos, Abdullah bin Aiyas, Clarence Hussain, Nabil Mohammed Begg, Thomas Dunn, Gulam Razool, Melvin Mani

Timnas IndonesiaBola InternasionalFijiBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Kakang RudiantoArkhan FikriHokky Caraka

Berita Terkini