x

Resmi! Investor Qatar Kirim Tawaran untuk Akusisi Man United, Segini Nilainya

Sabtu, 18 Februari 2023 04:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Jelang penutupan tawaran untuk akuisisi Manchester United pada Jumat (17/02/23) malam waktu setempat, investor Qatar melayangkan tawaran resmi.

INDOSPORT.COM – Jelang penutupan tawaran untuk akuisisi klub Liga InggrisManchester United, pada Jumat (17/02/23) malam waktu setempat, investor Qatar melayangkan tawaran resmi.

Dilansir dari berbagai sumber, tawaran itu datang dari Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani, seorang CEO dari bank di Qatar, yakni Qatar Islamic Bank (QIB).

Dalam rilis resmi yang dikeluarkannya, putra dari mantan Perdana Menteri Qatar tersebut menegaskan keinginannya mengakuisisi Man United secara penuh.

“Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani hari ini mengkonfirmasi pengajuan tawarannya untuk 100 persen saham Manchester United,” bunyi pernyataannya dalam rilis tersebut.

Namun penawaran yang diberikan dilaporkan masih jauh dari nilai yang diminta Keluarga Glazers, yakni sebesar 6 miliar poundsterling (Rp109 triliun).

Baca Juga

Beredar kabar bahwa tawaran yang diberikan Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani untuk mengakuisisi Manchester United adalah sekitar 5 miliar, entah dalam kurs poundsterling ataupun dalam kurs euro.

Meski berada di bawah tawaran yang ada, Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani menyatakan bahwa tawaran ini murni tanpa pinjaman.

Baca Juga

“Tawaran tersebut akan sepenuhnya bebas utang melalui Nine Two Foundation milik Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani,” lanjut pernyataan tersebut.

Selain itu, tawaran ini pun dibarengi janji manis seperti berinvestasi di tim baik pria dan wanita, tempat latihan, stadion Old Trafford, dan infastruktur lainnya.

Hadirnya tawaran ini pun mendapat sambutan dari pendukung Manchester United yang meminta Keluarga Glazers untuk menerima tawaran tersebut.

Baca Juga

1. Sekilas tentang Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani

Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak Christian Eriksen ke gawang Fulham, Senin (14/11/22) dini hari WIB REUTERS/David Klein

Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani sendiri merupakan salah satu orang yang berasal dari keluarga berpengaruh di Qatar.

Ia dikenal sebagai salah satu dari tujuh putra mantan Perdana Menteri Qatar, yakni Sheikh Hamad Bin Jassim Bin Jaber Al Thani.

Saat ini, Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani berstatus CEO Qatar Islamic Banks (QIB) yang menjadi kendaraannya untuk bisa mengakuisisi Manchester United.

Dalam pernyataan yang dikeluarkannya, Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani sendiri mengaku dirinya sebagai fans sejati Man United.

Baca Juga

Ia mengajukan penawaran resmi untuk Man United karena memiliki misi mengembalikan kejayaan klub di dalam dan luar lapangan.

“Rencana penawaran ini untuk membawa Man United kembali ke kejayaan di dalam dan luar lapangan dan berusaha menempatkan penggemar di jantung klub,” bunyi pernyataan itu.

Baca Juga

Sehingga hadirnya penawaran ini membuat pihak Qatar akan berduel dengan Sir Jim Ratcliffe yang juga telah melayangkan tawaran.

Kini usai penawaran diberikan, Keluarga Glazers pun akan membiarkan proses akuisisi diurus oleh Raine Bank yang menjadi penengah dalam proses ini.

Nantinya jika Keluarga Glazers mau menerima salah satu tawaran tersebut, proses akan berlanjut ke otoritas Liga Inggris dan UEFA untuk melakukan pendalaman dan melakukan Fit and Proper Test untuk pembeli Manchester United.

Baca Juga

Sumber: ESPN, Twitter Qatari

Manchester UnitedMalcolm GlazerAvram GlazerLiga Primer InggrisFans Man UnitedLiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini