x

Kalah dari Guatemala, STY Puji Perkembangan Timnas U-20 dan Kritik Kinerja Wasit

Selasa, 21 Februari 2023 23:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 kalah tipis dengan skor 0-1 dari Guatemala U20 pada laga uji coba, Selasa (21/02/23) malam di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Hasil itu membuat pelatih Shin Tae-yong gusar.

Timnas U-20 kebobolan di menit ke-22 lewat aksi Jorge Abelardo. Gelandang Guatemala itu manfaatkan kesalahan Arkhan Fikri dan mencetak gol indah lewat sepakan lob jarak jauh yang mengecoh kiper Daffa Fasya.

Skuad Garuda Nusantara sebenarnya punya banyak peluang, tapi tak satupun dikonversi jadi gol. 

Guatemala sempat bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-58, tapi Indonesia tak mampu memanfaatkan keuntungan tersebut.

Usai laga, Shin Tae-yong menilai ada banyak kesalahan yang dilakukan anak asuhnya. Penyelesaian akhir yang buruk juga jadi alasan kuat Timnas U-20 tak mampu samakan kedudukan.

Baca Juga

"Untuk laga hari ini, sangat disayangkan dengan adanya kesalahan dari kita sendiri. Kami tak bisa balas gol, itu yang harus diperbaiki dari kita," katanya.

"Saya bingung kenapa wasit juga memimpin pertandingan dengan kurang baik di laga ini," imbuhnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, juru taktik asal Korea Selatan itu menjelaskan para pemain Timnas U-20 masih banyak yang demam panggung. 

Hal itu menyebabkan banyak kesalahan yang terjadi di dalam lapangan seperti kesalahan passing dan lainnya.

"Pastinya kecepatan pertandingan semakin baik, dan kami juga haus memperbaiki masalah-masalah,”

“Para pemain sudah meningkat kepercayaan dirinya, tapi ada juga yang grogi karena mereka pemain muda, jadi saya minta mereka untuk lebih percaya diri," jelasnya.

Baca Juga

1. Rapor Timnas U-20 di Turnamen Mini PSSI

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 melawan Selandia Baru pada Turnamen Mini yang digelar PSSI sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Stadion GBK, Minggu (19/02/23).

Shin Tae-yong juga menjelaskan alasan hanya memainkan Ronaldo Kwateh selama 45 menit. Lalu, ada pula Hugo Samir yang ditarik keluar secara cepat pada menit ke-74, meski baru dimainkan di awal babak kedua. 

"Untuk Ronaldo, tadi diganti karena kondisinya kurang baik, dan untuk Hugo dia memang belum beradaptasi dengan tim," jelasnya.

Dari tiga laga uji coba di turnamen mini PSSI, Timnas U-20 menelan dua kekalahan dan sekali menang. Muhammad Ferrari dkk menang 4-0 atas Fiji, lalu kalah 1-2 dari Selandia Baru dan kalah 0-1 dari Guatemala.

Uji coba lawan Fiji, Selandia Baru dan Guatemala merupakan bagian dari persiapan menuju Piala Asia U-20 2023 yang dimainkan di Uzbekistan pada 1-18 Maret mendatang.

Timnas Indonesia U-20 berada di Grup A bersama Uzbekistan, Irak dan Suriah.

Baca Juga

Pada laga perdana, skuad Garuda Nusantara akan menantang Irak pada 1 Maret di Stadion Lokomotiv Tashkent, lalu berikutnya lawan Suriah (4 Maret) dan terakhir kontra tuan rumah pada 7 Maret.

Dalam persiapan ke Piala Asia U-20, Timnas Indonesia U-20 yang sedang berlangsung di Jakarta, pelatih Shin Tae-yong memanggil 30 pemain. Namun, ada satu nama yang belum datang yakni Marselino Ferdinan.

Hasil di Piala Asia U-23 2023 akan jadi acuan Shin Tae-yong untuk membentuk skuad menuju Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, Indonesia akan jadi tuan rumah event dua tahunan tersebut.

Timnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini