x

Bike To Work Indonesia, Wadah Penggiat Sepeda di Tanah Air

Senin, 31 Oktober 2022 16:45 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
Bike To Work Indonesia (B2W) merupakan sekumpulan orang yang bersatu untuk menjadi wadah bagi penggiat olahraga sepeda di Tanah Air.

INDOSPORT.COM – Bike To Work Indonesia (B2W) merupakan sekumpulan orang yang bersatu untuk menjadi wadah bagi penggiat olahraga sepeda di Tanah Air.

Seperti yang diketahui, kecintaan terhadap aktivitas gowes saat ini semakin menjamur di tengah hiruk pikuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga

Tak hanya sekadar sarana untuk olahraga, tetapi saat ini sepeda juga dijadikan sebagai alat mobilitas serta alat transportasi.

Bermarkas di daerah Pesanggarahan, Bintaro, Jakarta Selatan, Bike To Work Indonesia sudah resmi didirikan sejak tahun 2004 silam.

Berdirinya Bike To Work Indonesia bermula dari sekelompok penggemar sepeda gunung yang memiliki semangat, gagasan, serta harapan akan terwujudnya udara bersih di perkotaan.

Baca Juga

Pada 6 Agustus 2004, Bike To Work Indonesia menggagas kampanye pertamanya dengan menunggangi sepeda bersama ke tempat kerja masing-masing anggota.

Kemudian pada 27 Agustus 2005, dilakukan Deklarasi dan Pernyataan Bersama Komunitas Bike to Work Indonesia di Balai Kota DKI Jakarta, yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal kelahiran B2W Indonesia.

Selang lima bulan tepatnya pada 27 Januari 2006, kepengurusan B2W Indonesia yang pertama resmi disahkan.

Baca Juga

Ketua Umum Bike To Work Indonesia, Fahmi, menjelaskan kepada awak INDOSPORT bahwa sejatinya B2W bukan merupakan komunitas yang mengharuskan adanya keanggotaan.

Fahmi menegaskan bahwa Bike To Work Indonesia saat ini sudah menjadi movement, yang berarti mereka mempromosikan budaya bersepeda di tengah masyarakat.

Baca Juga

“Biasanya jika ada temen-temen menggunakan sepeda untuk ke kantor atau aktivitas, maka kita sebut penggiat B2W,” jelas Fahmi kepada INDOSPORT, Minggu (30/10/22).

“Namun memang kami punya hampir lebih 100 kota perwakilan B2W di seluruh Indonesia,” ujar Fahmi.


1. Kantongi Misi Meningkatkan Jumlah Penggiat Sepeda

Bike To Work Indonesia, Wadah Pegiat Sepeda di Indonesia.

Bike To Work Indonesia memiliki misi meningkatkan jumlah pengguna sepeda untuk beraktivitas sehari-hari dan terciptanya jalur prioritas sepeda.

Selanjutnya komunitas ini bertekad mengkampanyekan penggunaan sepeda sebagai transportasi alternatif, terutama untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Baca Juga

Oleh karenanya, B2W benar-benar serius dalam memberikan animo positif ke masyarakat Indonesia soal dampak baik dari bersepeda.

Keseriusan B2W tersebut terlihat dari banyaknya event dan program-program yang digagas mereka sejak awal Bike To Work Indonesia didirikan.

Baca Juga

Beberapa event dan program yang digawanginya itu di antaranya yakni Indonesia Critical yang merupakan kegiatan gowes bersama di malam hari setiap hari Jumat di akhir bulan, Bike To School alias edukasi sepede ke sekolah, B2W Day, MasBrow Vaksinasi Keliling, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Bike To Work Indonesia juga sudah banyak menyabet sejumlah penghargaan, salah satunya yakni menerima penghargaan sebagai The Most Recommended Consumer Community pada tahun 2011.

Komunitas Sehat

Berita Terkini